Memiliki tubuh sehat dan terjaga tentunya menjadi impian setiap orang. Untuk mewujudkannya, sudah pasti dibutuhkan konsistensi dalam melakukan berbagai kebiasaan sehat. Selain membuat tubuh menjadi bugar, menjaga kesehatan sejak dini – juga termasuk investasi di masa depan, lho.

Tak bisa dipungkiri, investasi yang satu ini bukanlah berupa harga yang bisa dihitung jumlahnya. Jadi, tak heran kalau banyak yang menyebut bahwa kesehatan itu “mahal” harganya. Dengan menjaga tubuh sehat, maka risiko terkena berbagai macam penyakit, baik yang menular maupun tidak pun dapat diminimalisir.

Salah satu cara paling mendasar yang sering diterapkan banyak orang untuk mewujudkan tubuh sehat, yaitu mengatur pola makan sehari-hari. Namun, lebih dari ini – masih ada sejumlah cara lainnya yang dapat kamu terapkan.

Apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Tubuh Sehat Bisa Diperoleh Dengan Menjaga Kebersihan

Credit Image - antaranews.com

Hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Meskipun terdengar sepele, tapi hal yang satu ini – dapat menghindarimu dari sejumlah jenis virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit.

Memang, punya tempat tinggal yang bersih dan sehat merupakan keinginan banyak orang, sayangnya masih banyak orang yang justru tinggal di lingkungan yang belum memenuhi standar kesehatan, nih. Dengan demikian, tak jarang penghuninya sering terkena berbagai penyakit, seperti diare, DBD, atau thypus.

Mulai sekarang, cobalah biasakan diri untuk membersihkan tempat tinggal, setidaknya dua kali dalam seminggu. Cara ini ampuh untuk menjaga tubuh sehat – yang merupakan investasi di masa tua!

 

Jangan Lupa, Kendalikan Stres Ya

Menjaga tubuh sehat, berarti juga harus memperhatikan kondisi mental, lho. Misalnya, mengendalikan stres – yang jika dialami secara terus menerus dapat melemahkan imunitas tubuh, sehingga kamu lebih mudah terserang penyakit.

Di masa pandemi, imunitas merupakan hal penting yang harus dijaga – sebab, kekebalan menjadi senjata utama tubuh yang dapat menghalau berbagai macam virus atau bakteri yang menyerang. Jadi, bisa dikatakan, mengatur stres termasuk cara dalam mempertahankan tubuh sehat.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir stres, seperti melakukan meditasi, berolahraga rutin, cerita dengan orang terdekat ketika punya masalah, dan melakukan berbagai aktivitas positif lainnya.

 

Biasakan Pula Untuk Bangun di Pagi Hari

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Membiasakan bangun tidur lebih cepat juga berpengaruh dalam menjaga tubuh sehat, lho. Dengan membiasakan bangun pagi, hal ini akan memberi dampak positif bagi kesehatan diri. Tapi sayangnya, masih banyak yang menyepelekan manfaat bangun di pagi hari, nih!

Bangun tidur lebih awal dapat membuatmu memiliki waktu lebih banyak, misalnya berolahraga terlebih dahulu sebelum mulai beraktivitas. Dengan berolahraga pun kamu dapat menjaga sirkulasi darah tetap lancar – sehingga, tubuh akan bugar dalam menjalani rutinitas.

 

Rutin Mengonsumsi Buah-Buahan Juga Penting, Lho

Berdasarkan riset dalam bidang kesehatan, sebagian besar penyakit yang diderita oleh seseorang berasal dari ususnya – atau dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan menerapkan pola makan sehat, seperti banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, maka tubuh sehat hingga tua nanti dapat dimiliki!

Terbiasa mengonsumsi hidangan kurang sehat – terutama yang kurang nutrisi, dapat berdampak pada sistem pencernaan, dan lebih buruk lagi, hal ini dapat memicu penyakit jantung, atau yang berkaitan dengan peredaran darah.

Adapun berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan ketika minim mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk buah dan sayuran, yaitu stroke, penyakit jantung koroner, diabetes, tekanan darah tinggi, sembelit, hingga kanker.

 

Hindari Makanan Kurang Sehat, yang Bisa Berpengaruh Pada Jantung

Credit Image - jovee.id

Seperti diketahui, jantung berfungsi untuk memompa darah, oksigen, dan nutrisi untuk diedarkan ke seluruh tubuh – demi mencukupi kebutuhan organ-organ, sehingga dapat menjalani fungsinya secara maksimal.

Salah satu faktor yang memicu penyakit jantung selain kelainan jantung bawaan adalah pola hidup dan pola makan yang kurang sehat. Seperti, sering memakan makanan cepat saji tinggi lemak jenuh, serta olahan tinggi kalori dan garam – dapat menyebabkan penimbunan lemak, yang lambat laun akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

 

Rutin Berolahraga Dapat Mempertahankan Tubuh Sehat

Bagian terpenting, yang juga paling sering disarankan banyak orang, yaitu rutin berolahraga. Cara yang satu ini memang ampuh dalam mempertahankan tubuh sehat, lho. Jika kamu mencari tips menjaga tubuh sehat – maka, olahraga pun menjadi salah satu cara yang dianjurkan.

Tak peroleh berolahraga berat, apalagi jika kamu belum terbiasa, atau tidak memiliki waktu yang luang. Kamu dapat memulainya dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki, lari, maupun bersepeda. Cukup 30 menit per hari – dan, tubuh sehat di masa nanti pun dapat dimiliki!

 

Lengkapi Dengan Mengonsumsi Vitamin

Credit Image - honestdocs.id

Sepertinya, menjaga tubuh sehat kurang lengkap jika tidak rutin mengonsumsi vitamin ya. Kandungan yang satu ini memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama Vitamin C dan Vitamin B Kompleks.

Vitamin pun bisa diperoleh dari sumber makanan, atau dianjurkan pula dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Lantas, suplemen apa sih yang direkomendasikan?

Kamu dapat minum Enervon-C dua kali sehari secara rutin ya. Multivitamin andalanmu ini mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Rutin mengonsumsi Enervon-C dalam jangka panjang, dapat menjaga sistem imunitas tetap kuat. Selain itu, Vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Serta membantu maksimalkan proses penyerapan Zinc – mineral penting yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Nantinya, Zinc akan disimpan dalam bentuk yang lebih mudah diserap untuk tubuh.

Bahkan, rutin mengonsumsi Enervon-C dalam jangka panjang juga dapat menjaga metabolisme tubuh tetap baik, yang berfungsi untuk mengganti sel tubuh yang rusak, membantu pertumbuhan jaringan tubuh, hingga membantu mengubah makanan menjadi energi. Nah, manfaat ini berkaitan dengan kandungan Vitamin B Kompleks di dalam Enervon-C ya.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara tepat menjaga tubuh sehat – yang merupakan investasi di masa tua. Jadi, apakah kamu sudah rutin melakukan sejumlah tips tersebut?

 

 

Featured Image - beritadiy.pikiran-rakyat.com