Tak bisa dipungkiri, menjaga kesehatan tubuh tentu juga meliputi urusan gaya hidup, yang termasuk makanan rendah kalori juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, lho.

Di kondisi seperti ini, menjaga imunitas tetap kuat merupakan hal penting. Ya, diketahui, kekebalan dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19 yang tengah mengalami kasus lonjakan.

Tak hanya mengonsumsi makanan rendah kalori yang juga dapat menjaga daya tahan tubuh saja, tapi pastikan kamu mengimbanginya dengan kebiasaan sehat lain, seperti rutin berolahraga, mendapat istirahat yang cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Dilansir dari Liputan 6 – berikut ini sejumlah makanan rendah kalori yang juga baik untuk menjaga imunitas tubuh. Apa saja?

Yuk, simak ulasan lengkapnya sampai habis!

 

 

Wortel yang Kaya Akan Nutrisi Penting

Credit Image - foodandnutrition.org

Makanan rendah kalori pertama yang bisa kamu konsumsi – dan tentunya baik untuk menjaga daya tahan tubuh, yaitu wortel. Sayuran yang satu ini merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik, lho.

Bahkan, tak hanya dapat memperkuat daya tahan tubuh, wortel juga dapat menurunkan risiko kanker. Ini berkat kandungan beta-karoten – antioksidan yang akan diubah tubuh menjadi Vitamin A, dan mampu menjaga kesehatan mata, serta berperan penting dalam kesehatan, termasuk mempertahankan kesehatan jantung.

 

Buah Bit yang Rendah Kalori, Namun Tinggi Vitamin

Berikutnya ada pula buah bit yang kaya akan nutrisi, namun rendah kalori dan lemak – sehingga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan. Buah bit kaya akan vitamin dan mineral, seperti Vitamin C, Vitamin B6, Zinc, Kalium, Magnesium, dan Folat – yang dapat membantu menjaga imunitas.

Makanan rendah kalori yang satu ini juga dapat menjaga tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, serta mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya. Buah bit memang cocok membantu menurunkan berat badan – sebab, kaya akan kandungan air.

 

Kale, Sayuran Kaya Vitamin C

Credit Image - masakapahariini.com

Dikenal sebagai superfood – dan, makanan rendah kalori, kale merupakan salah satu sumber vitamin yang kaya akan Vitamin C. Seperti diketahui, Vitamin C penting untuk mempertahankan daya tahan tubuh, sekaligus bisa mempercepat proses penyembuhan ketika sakit.

Selain Vitamin C, kale pun mengandung antioksidan yang tinggi – seperti, quercetin dan kaempferol yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, termasuk menangkal radikal bebas. Lalu, kandungan Kalium dalam kale pun bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

 

Kembang Kol dan Brokoli Juga Kaya Akan Nutrisi

Terakhir, makanan rendah kalori lainnya yang juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena, keduanya kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan – termasuk Vitamin C. Jadi, kembang kol dan brokoli bisa bantu melindungimu dari berbagai macam penyakit, lho.

Kedua sayuran tersebut tinggi Vitamin C, yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Makanan rendah kalori ini juga merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, nutrisi penting dalam pengendalian gula darah, pencernaan, dan kesehatan jantung.

 

Optimalkan Imunitas, Konsumsi Pula Multivitamin!

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Nah, selain mengonsumsi sejumlah makanan rendah kalori di atas – untuk memaksimalkan daya tahan tubuh, disarankan untuk rutin mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap. Lantas, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Dan tentunya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai makanan rendah kalori yang juga dapat membantu menjaga imunitas. Jadi, sudahkah kamu rutin mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas?

 

 

Featured Image - themom100.com