Setelah mendapatkan vaksinasi, masyarakat memang masih sangat dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan 5M, meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Ingat, bahwa vaksin belum tentu membuatmu kebal 100 persen dari Covid-19, lho. Hanya saja, dengan mendapat vaksinasi – risiko terinfeksi sangat dapat diminimalisir, serta jika terinfeksi pun tidak berisiko alami gejala berat, atau bahkan sampai harus dirawat di rumah sakit.

Agar vaksinasi dapat bekerja secara optimal, maka kamu mesti mengimbanginya dengan mengonsumsi sejumlah makanan tertentu – yang sebaiknya rutin dikonsumsi usai vaksin. Lantas apa saja sih makanan tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Aneka Buah dan Sayur Untuk Perkuat Imun Tubuh

Credit Image - eatthis.com

Yang pertama, kamu sangat direkomendasikan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan nutrisi – untuk bantu memperkuat sistem imun tubuh, sekaligus memungkinan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.

Asupan buah dan sayur, apalagi yang kaya akan vitamin C mampu membantu produktivitas sel darah putih, yang juga berperan penting dalam menjaga kekebalan. Kemudian, kamu juga dapat konsumsi sumber makanan kaya akan antioksidan untuk melindungi diri dari radikal bebas.

Jika tak ditangkal, maka radikal bebas akan merusak DNA dan protein di dalam sel lalu berujung pada stres oksidatif. Kalau sudah begitu, risiko terserang penyakit akan tinggi.

 

Kacang-Kacangan yang Kaya Vitamin dan Mineral

Selanjutnya, kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi setelah vaksinasi, sebab ini merupakan sumber vitamin dan mineral baik yang mampu mendukung sistem kekebalan tubuh. Bahkan, kacang-kacangan juga dapat memelihara kesehatan jantung, lho.

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2016 melaporkan, orang yang mengonsumsi kacang secukupnya secara rutin cenderung jarang mengalami inflamasi – atau peradangan. Adapun kacang sehat yang direkomendasikan, yaitu almond, kenari, pecan, mete, dan pistachio.

 

Ikan Berlemak Sehat Juga Dianjurkan

Credit Image - insanelygoodrecipes.com

Setelah vaksinasi kamu pun sebaiknya mengonsumsi ikan berlemak sehat, seperti salmon dan tuna. Kedua jenis ikan tersebut dikenal kaya akan Omega-3 – yaitu, lemak sehat yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Omega-3 pun dapat membantu mengurangi peradangan tubuh, yang juga dapat menurunkan tekanan darah, serta menghindari terjadinya penyumbatan arteri. Bonusnya, ikan kaya akan Omega-3 dapat membantu mengelola penyakit autoimun, seperti lupus dan rheumatoid arthritis.

 

Sup Ayam Untuk Memperkuat Antibodi

Makanan sehat lainnya yang bisa disantap setelah menerima vaksin Covid-19, yaitu sup ayam. Hidangan lezat yang satu ini kaya akan kandungan protein tinggi – yang membantu menguatkan antibodi, sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bahan pelengkap di dalam sup ayam yaitu wortel, bawang, dan seledri membantu memasok mineral seperti kalium dan zat besi, serta sumber beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan. Dan, kaldu di dalam sup ayam juga mampu menghidrasi dan melegakan saluran pernapasan.

 

Tiram yang Kaya Akan Zinc

Credit Image - qraved.com

Dan, terakhir ada pula tiram – sumber makanan yang dapat kamu konsumsi setelah mendapat vaksin Covid-19. Tak hanya kaya akan vitamin, tiram juga mengandung Zinc yang merupakan mineral penghilang patogen dari dalam tubuh.

Selain itu, Zinc juga berperan penting dalam melawan infeksi virus, lho. Tak heran kalau pasien Covid-19 dianjurkan untuk mengonsumsi mineral yang satu ini. Dan, tiram pun menjadi makanan yang baik dikonsumsi ketika kamu membutuhkan gizi ekstra.

 

Ingat, Konsumsi Suplemen Usai Vaksin Juga Masih Diperlukan!

Dilansir dari CNN Indonesia – berdasarkan informasi dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Gatot Soegiarto mengatakan bahwa meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan telah divaksin, konsumsi suplemen sebaiknya masih terus dilanjutkan. Dengan demikian, perlindungan optimal pun bisa didapatkan tubuh.

Hal ini juga diperlukan karena adanya faktor usia yang bisa menurunkan sistem imun tubuh. Jadi, organ tubuh tetap membutuhkan suplemen sebagai penunjang kekebalan tubuh.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, termasuk setelah mendapat vaksin Covid-19, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk itu, direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, bisa juga minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Itulah kelima sumber makanan yang sebaiknya dikonsumsi habis vaksinasi. Yuk, usai vaksin – konsumsi sejumlah makanan di atas, dan jangan lupa lengkapi dengan rutin minum multivitamin!

 

 

Featured Image - jekafe.com

Source - klikdokter.com