Seiring berjalannya waktu, semakin banyak masyarakat yang telah mendapatkan vaksin Covid-19. Apakah kamu sudah memperolehnya? Jika belum, yuk jangan ditunda lagi! Segera dapatkan vaksinasi, sehingga herd immunity dapat segera dicapai.

Tapi wajib diketahui bahwa ada sejumlah hal yang dapat dilakukan agar efektivitas vaksin dapat semakin maksimal. Dilansir dari Best Life – salah satu caranya, yaitu mengonsumsi jenis vitamin dan mineral tertentu yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Keduanya dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen.

Lantas, apa vitamin dan mineral yang direkomendasikan tersebut? Yaitu, Vitamin C dan Zinc yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Jika imunitas sudah optimal, maka tubuh pun dapat memiliki perlindungan yang lebih kuat di kemudian hari.

 

 

Konsumsi Suplemen Usai Vaksin, Sangat Dianjurkan

Credit Image - popsugar.com

Berdasarkan informasi yang dilansir dari CNN Indonesia, seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Gatot Soegiarto mengatakan bahwa meskipun telah menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur setelah divaksin – namun, konsumsi suplemen sebaiknya masih terus dilanjutkan.

Bukan tanpa alasan, mengonsumsi suplemen secara rutin meskipun sudah divaksinasi penting untuk memberikan perlindungan maksimal bagi tubuh. Hal tersebut pun diperlukan karena adanya faktor usia – yang bisa menurunkan imunitas tubuh. Jadi, suplemen sebagai penunjang masih tetap dibutuhkan.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi untuk memaksimalkan kinerja vaksin, yaitu jenis imunomodulator yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem kekebalan – atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuknya imun dalam jumlah cukup.

Dan, jenis vitamin maupun mineral yang tergolong dalam jenis tersebut, yaitu Vitamin C dan Zinc.

 

Vitamin C dan Zinc: Dua Nutrisi Untuk Maksimalkan Efektivitas Vaksin

Seperti diketahui, Vitamin C merupakan jenis vitamin yang dikenal sebagai peningkat daya tahan tubuh. Selain itu, masih ada fungsi lainnya yang bisa diperoleh dari Vitamin C, seperti melawan radikal bebas di tubuh, membantu produksi kolagen, hingga mempercepat proses pemulihan.

Dengan rutin mengonsumsi Vitamin C, sistem kekebalan pun menjadi lebih kuat, sehingga infeksi penyakit lebih mudah dilawan. Apalagi, jika asupan vitamin yang satu ini rutin dikonsumsi usai vaksinasi, maka tubuh pun dapat terlindungi secara maksimal.

Kemudian, ada pula Zinc yang direkomendasikan dikonsumsi, baik sebelum maupun sesudah vaksin Covid-19. Mineral yang satu ini dapat menjadikan sistem imun lebih kuat. Bahkan, Zinc pun dapat memecah protein dalam virus atau bakteri, sehingga penyebaran virus dapat berkurang.

 

Jadi, Apa Suplemen yang Direkomendasikan?

Credit Image - alodokter.com

Untuk memperoleh asupan vitamin dan mineral tersebut, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra bagi tubuh, terutama bagi yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Untuk memperoleh asupan Zinc, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Sejumlah kandungan dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan kinerja kekebalan tubuh dalam melawan virus, sekaligus tetap mempertahankan stamina, sehingga tubuh tidak mudah lelah!

 

Protokol Kesehatan Juga Masih Harus Diterapkan Ya!

Tidak hanya mengonsumsi suplemen Vitamin C dan Zinc saja, namun setelah vaksinasi sangat dianjurkan untuk tetap menjalani protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker – dapat gunakan masker ganda, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas – hindari bepergian jika bukan untuk urusan mendesak, dan menghindari kerumunan.

Perlu diketahui bahwa mendapat vaksin – bukan berarti bebas dari ancaman penularan virus corona. Hanya saja, dengan mendapat vaksinasi risiko mengalami gejala berat, hingga harus dirawat di ICU — atau risiko kematian pun sangat dapat diminimalisir.

 

Jadi, jika kamu sudah mendapatkan vaksinasi, pastikan tetap rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C dan Zinc – serta menerapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk memaksimalkan perlindungan terhadap tubuh!

 

 

Featured Image - passionfamilydental.com.au

Source - kesehatan.kontan.co.id