Penting! 5 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Wabah Penyakit

Penting! 5 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Wabah Penyakit

font size A Ǎ

Tak boleh dianggap remeh, menjaga kesehatan tubuh selama masa wabah penyakit memang menjadi hal terpenting yang perlu diperhatikan. Seperti diketahui, saat ini pandemi Covid-19 masih terus berlangsung – untuk meminimalisir risiko infeksi, ada baiknya kamu tetap mempertahankan kekebalan tubuh ya!

Menjaga kesehatan – sehingga sistem pertahanan tubuh tetap kuat selama masa wabah penyakit dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Salah satunya, yaitu menerapkan pola makan bergizi seimbang – seperti memilih asupan makanan yang sehat.

Tidak hanya itu, menerapkan protokol kesehatan juga penting dipatuhi selama masa wabah penyakit, lho. Memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak, serta mengurangi mobilitas juga dapat membantu menurunkan risiko infeksi virus.

Lebih lanjut mengenai tips lainnya yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kekebalan selaama pandemi, berikut ini 5 langkah mudahnya.

Yuk, simak sampai habis!

 

 

Konsumsi Cukup Buah dan Sayur

Penting! 5 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Wabah Penyakit

Credit Image - klikdokter.com

Untuk menjaga kesehatan selama masa wabah penyakit, tentunya kamu harus menjaga kesehatan pencernaan, seperti dengan memenuhi kebutuhan serat – yang bisa diperoleh dari asupan buah dan sayur setiap harinya.

Kedua jenis makanan tersebut merupakan kunci dasar kesehatan, sebab buah dan sayur dapat memberikan serat serta nutrisi yang diperlukan tubuh. Serat dengan kualitas yang baik akan menjadikan pencernaan lebih sehat – hal ini pun berpengaruh pada sistem imunitas, lho. Dilansir dari Kompas, sebuah penelitian menyebutkan bahwa 70 persen sel imun terdapat di sistem pencernaan.

 

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Apakah kamu sudah rutin melakukan kegiatan yang satu ini? Sayangnya, sebagian besar orang masih menjadikan aktivitas olahraga – sebagai kegiatan selingan yang belum dijalani secara rutin dan konsisten. Padahal, olahraga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di masa wabah penyakit seperti ini, lho.

Untuk itu, cobalah rutin berolahraga, setidaknya 3 sampai 5 kali setiap minggunya. Tak perlu yang terlalu berat kok, cukup pilih jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang yang kamu sukai. Lalu, lakukan olahraga dengan durasi minimal 30 menit di setiap sesinya ya.

 

Tetap Berpikir Positif

Penting! 5 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Wabah Penyakit

Credit Image - teraju.id

Yang juga wajib diketahui, yaitu pola pikir dapat memengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Selama masa wabah penyakit – yang tentunya tidak pasti dan banyak kesulitan, kamu perlu tetap berpikir positif, sehingga pengelolaan stres bisa berjalan dengan baik.

Jika kamu bisa mempertahankan pikiran yang positif, maka hal tersebut akan mendatangkan banyak manfaat kesehatan – seperti, tidak mudah sakit, usia harapan hidup lebih panjang, tingkat depresi lebih rendah, mampu berpikir kreatif, serta meningkatkan kemampuan memori, dan memiliki daya konsentrasi yang tinggi.

 

Cukupi Waktu Tidur

Banyak orang yang masih menyepelekan kebutuhan tidur, apakah kamu juga termasuk? Tak boleh dianggap remeh lho, memenuhi kebutuhan tidur punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kemampuan ingatan, dan mengendalikan napsu makan.

Bagi orang dewasa, tidur selama 7 sampai 8 jam sangat dianjurkan. Namun, perhatikan juga kualitas tidurmu dengan menyetel suhu pendingin yang tidak berlebihan, dan mematikan lampu untuk menciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman.
 

Optimalkan Kesehatan Tubuh Dengan Penuhi Kebutuhan Vitamin

Penting! 5 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh di Tengah Wabah Penyakit

Credit Image - healthifyme.com

Tak bisa dipungkiri, memenuhi kebutuhan vitamin memang penting dilakukan, termasuk di masa wabah penyakit. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan Vitamin C.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh, serta dapat membantu proses pemulihan ketika sakit. Sayangnya, vitamin yang satu ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga imunitas.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan Vitamin C sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

 

Nah, itulah kelima tips sederhana yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu selama masa wabah penyakit, seperti pandemi Covid-19. Jadi, apakah kamu sudah menerapkan sejumlah cara di atas?

 

 

Featured Image - blog.nasm.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!