Kegiatan berolahraga merupakan salah satu aktivitas yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi Covid-19. Meski demikian, banyak hal yang bisa memengaruhi seseorang untuk bergerak, misalnya terlalu lama di rumah – menyebabkan kamu lebih malas berolahraga.

Atau, ada sebagian orang yang merasa masih enjoy ketika berolahraga di rumah, namun sebagian lainnya justru lebih senang berolahraga di luar ruangan. Pastinya hal ini pun dapat memengaruhi kebiasaan bergerakmu ya.

Perlu diketahui nih, terlalu malas berolahraga tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, lho. Bahkan, ini dapat melemahkan sistem kekebalan – yang punya peran penting dalam menghindarimu dari berbagai macam penyakit.

Jadi, apa yang harus dilakukan kalau lagi malas berolahraga di rumah? Berikut ini 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan niat. Yuk, baca sampai habis ya!

 

 

Cobalah Scrolling Akun Media Sosial Influencer Olahraga

Credit Image - tribunnews.com

Dilansir dari Today.com, kamu dapat berlama-lama untuk melihat sosial media – misalnya, untuk mencari inspirasi, sehingga memiliki niat berolahraga. Jadi, cobalah untuk melihat akun-akun olahraga atau influencer yang gemar berolahraga. 

Seorang trainer dan pemilik Ballet Muscle di New York, Peter Cirolia punya trik yang cukup unik. Ia mencari akun influencer – atau seseorang yang memiliki postur tubuh yang bagus. Kemudian, dirinya akan berdiri di depan cermin, membandingkan tubuhnya dengan tubuh yang ada di sosial media itu, Dengan begitu, ia jadi punya alasan untuk bergerak. 

 

Mulailah Dengan Berganti Pakaian

Untuk kamu yang masih sering merasa malas melakukan olahraga – meskipun di rumah saja, maka kamu bisa mencoba trik yang satu ini, lho. Mulailah dengan berganti pakaian terlebih dahulu. Tenang, pelan-pelan tetapi pasti ya.

Saat sudah mengenakan kostum yang tepat, kamu akan lebih memiliki semangat – kemudian, akhirnya mulai berolahraga. Sekali kamu sudah memulai, kamu akan langsung melupakan kemalasan yang menahanmu sedari tadi. 

 

Pastikan Ada Hal yang Menyenangkan Usai Berolahraga

Credit Image - klikdokter.com

Tidak hanya anak-anak – terkadang, orang dewasa pun perlu mendapat pancingan untuk melakukan sesuatu. Saat sedang malas, tak ada salahnya untuk memancing diri sendiri dengan hal yang menarik atau menyenangkan, lho.

Kamu bisa melakukan hal yang memang sudah ingin dilakukan sejak kemarin, atau makan serta minum menu yang sedang diidam-idamkan. Dengan begitu, kamu punya semangat untuk memulai dan menyelesaikan aktivitas fisik.

 

Mencoba Jenis Olahraga Baru

Mungkin, salah satu alasan mengapa kamu merasa malas berolahraga, yaitu karena sudah bosan dengan gerakan yang tengah dilakukan – atau bisa saja kamu sudah terlalu lama melakukan gerakan tersebut, sehingga rasa jenuh pun muncul. Untuk itu, kamu bisa mencoba sesuatu hal yang baru.

Misalnya, jika selama ini selalu melakukan cardio workout – kini, kamu bisa mencoba mengikuti kelas yoga, pilates, dan sejenisnya. Bahkan jika sedang bosan sekali, kamu bisa memenuhi 10 ribu langkah sehari dengan video yang banyak tersedia di Youtube. 

 

Ingat Hal yang Sudah Tercapai

Credit Image - hackensackmeridianhealth.org

Merasakan malas olahraga memang wajar saja – asalkan hal ini dialami sesekali waktu, bukannya terus menerus. Misalnya, hari ini kamu boleh malas bergerak. Tetapi, untuk menghilangkan rasa malas tersebut, kamu dapat mengingat kembali hal apa saja yang sudah dilakukan, termasuk tujuan yang sudah dicapai.

Misalnya, sudah berapa lama kamu telah rutin dan rajin melakukan kegiatan workout? Atau, sudah berapa banyak perubahan yang telah kamu rasakan? Dari sini, perlahan keinginan untuk bergerak pun akan muncul. 

 

Wah, itulah kelima tips mengumpulkan niat untuk berolahraga selama di rumah saja. Memang sih, melawan rasa malas itu sulit dilakukan, tapi jangan pantang menyerah ya! Sebab, rutin berolahraga bisa memberikan dampak baik, termasuk untuk kesehatan tubuhmu, lho.

 

 

Featured Image - kartuvipqq.home.blog