Pandemi yang tidak kunjung berhenti ini membuat sebagian orang merasakan tekanan yang tidak disangka akan datang. Alhasil, tekanan tersebut dapat membuat seseorang merasa stres dan merasakan cemas berlebih – atau yang biasa disebut dengan anxiety. Pandemi memang tidak bisa dihindari, tapi stres dan cemas bisa diredam, loh!

Kamu bisa melakukan meditasi untuk membuat diri menjadi lebih tenang dan juga mengurangi kecemasan. Meditasi memang identik dengan gerakan duduk dengan punggung yang lurus serta mendengarkan musik untuk menenangkan diri, tapi ternyata meditasi tidak sebatas itu – ada beragam jenis meditasi yang bisa kamu coba, salah satunya meditasi pernapasan.

Kalau dipikir memang cukup unik, dengan mengatur pernapasan kamu jadi lebih bisa menenangkan diri dan meredam stres. Selain meredam stres, ada berbagai macam manfaat dari meditasi pernapasan yang akan kamu dapatkan, Loh! Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Dapat Meregulasi Emosi

Credit Image - klikdokter.com

Aktivitas yang dilakukan di rumah selama pandemi memang tidak sebanyak yang dilakukan sebelum pandemi berlangsung, namun aktivitas ini juga dapat memicu kelelahan berkepanjangan yang membuat mood buruk serta emosi yang tidak stabil.

Agar hal tersebut tidak berkepanjangan, kamu bisa melakukan meditasi pernapasan. Teknik mengatur pernapasan ini dilakukan dengan mengatur napas yang dapat membantu tubuh untuk melepaskan beban dan pikiran.

Untuk meditasi pernapasan sendiri – kamu bisa melakukannya dengan duduk sambil menutup mata, dan menaruh tangan di paha. Dimulai dengan tarikan napas, tahan, lalu hembuskan. Lakukan ini selama 3-5 menit setiap harinya, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan tidak mudah tersulut emosi.

 

Bisa Melancarkan Pencernaan Kamu, Loh!

Tidak bisa dipungkiri kalo meditasi memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain menyegarkan, ternyata organ tubuh bagian dalam juga ikut merasakan manfaat dari meditasi, loh!

Salah satu manfaat yang dirasakan jika kamu melakukan meditasi adalah pencernaan menjadi lebih lancar. Karena meditasi akan membuat kinerja penyerapan makanan bisa lebih optimal, dari kinerja yang lebih optimal ini maka akan membuat kondisi perut lebih tenang dan merasa nyaman – pastinya hal ini juga yang membuat tubuh lebih tenang juga, ya.

 

Meningkatkan Konsentrasi

Credit Image - dream.co.id

Ketika meditasi, pastinya kamu di ajak untuk terus berkonsentrasi secara penuh. Hal ini dilakukan agar kamu menjadi lebih fokus dengan meditasimu. Hal ini akan membantu kamu yang sering kehilangan fokus dan sulit untuk berkonsentrasi.

Hal ini terjadi karena ketika melakukan meditasi – khususnya meditasi pernapasan, kamu akan terfokus pada teknik napas yang diambil tanpa ada distraksi sedikitpun. Sehingga jika kamu melakukan ini selama 3-5 menit setiap harinya, secara tidak langsung daya ingat kamu akan meningkat serta durasi fokus saat beraktivitas juga lebih panjang.

 

Memperbaiki Kualitas Tidur

Apakah kamu adalah pribadi yang mudah terlelap? Jangan bahagia dulu, mudah terlelap tidak berarti kamu punya kualitas tidur yang baik, loh!

Kualitas tidur yang baik merupakan tidur di jam yang cukup. Kalau kamu mudah terlelap tapi masih terbangun di tengah malam dan membuat mood kamu buruk di keesokan harinya, artinya kualitas tidurmu masih kurang baik.

Untuk itu, meditasi pernapasan penting dilakukan agar memperbaiki kualitas tidurmu. Karena meditasi pernapasan juga akan melatih otak untuk beristirahat dan membuatnya lebih tenang. Hal itulah yang membuat kualitas tidurmu di malam hari jadi lebih baik – pastinya bikin mood kamu lebih baik juga ketika bangun di keesokan harinya.

 

Menjadi Pribadi yang Lebih Tenang

Credit Image - tugujatim.id

Setelah membaca di atas tentang manfaat meditasi pernapasan bagi tubuh, ternyata ada manfaat yang dapat terlihat secara signifikan – yaitu kamu akan menjadi pribadi yang lebih tenang. Karena meditasi akan membuat kamu terlihat lebih tenang dan juga segar.

Ketika kamu menjadi pribadi yang tenang, secara tidak langsung kamu akan menjadi lebih penyabar, pemaaf, dan juga bijaksana. Hal ini juga berkaitan dengan cara kerja otak yang lebih rasional – sehingga kamu akan mampu berpikir dengan jernih di setiap aktivitas yang dilakukan.

 

Itulah dia manfaat dari meditasi pernapasan yang bisa kamu lakukan, banyak banget, bukan? Sebelum bingung dan terlanjur stres, lebih baik lakukan ini secara berkala, ya!

 

 

Featured Image - kumparan.com

Source - cnnindonesia.com