Saat ini, ada berbagai sesak napas yang dapat terjadi pada pasien yang mengalami kondisi lebih parah.

Namun, masih ada indikasi lainnya yang juga cukup sering dirasakan, yakni tenggorokan gatal. Memang, kondisi yang satu ini tak hanya menjadi gejala Covid-19 saja – namun, bisa juga disebabkan dengan berbagai hal lainnya, seperti usai mengonsumsi makanan tertentu, terpapar debu, atau mengalami dehidrasi.

Meski bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya, tetapi kamu harus waspada ketika mengalami tenggorokan gatal. Lantas, apa sih perbedaan tenggorokan gatal biasa – dengan diakibatkan oleh virus corona?

Yuk, kita lanjut bahas di bawah ini ya, Enervoners!

 

 

Gejala Umum Covid-19 yang Sering Dialami

Credit Image - hot.liputan6.com

Sebelum memasuki ulasan mengenai perbedaan penyebab sakit tenggorokan biasa dengan Covid-19 – ada baiknya kamu mengenal kembali sejumlah tanda-tanda infeksi virus corona yang umum dialami, nih. Dikutip dari Kompas, gejala infeksi virus dapat muncul pada periode inkubasi, yaitu sekitar 2 sampai 14 hari usai terpapar.

Ada pun sejumlah gejala yang mungkin dialami, seperti:

  • Batuk yang cukup mengganggu, seolah berasal dari sesuatu yang jauh di dalam dada. Umumnya, pasien mengalami batuk kering.
  • Napas pendek, dialami oleh pasien yang sudah mengalami gejala berat. Gejala sesak napas bisa muncul tanpa adanya batuk.
  • Demam, namun suhu tubuh sering naik di sore menjelang malam hari. Ini merupakan cara umum virus menghasilkan demam.
  • Menggigil, terasa sakit, dan demam di malam hari.
  • Merasa lelah ekstrem, bahkan bisa berlanjut lama sampai virus hilang. Dalam sejumlah laporan, pasien menyebutkan masih merasa kelelahan dan kurang energi setelah dinyatakan negatif.
  • Kehilangan bau dan rasa – atau disebut juga anosmia. Kondisi ini biasanya dapat mengakibatkan pasien tidak napsu makan.

 

Perbedaan Tenggorokan Gatal Biasa VS Covid-19

Credit Image - halodoc.com

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan bahwa sakit tenggorokan, termasuk keluhan tenggorokan gatal merupakan kondisi yang cukup sering dialami oleh pasien Covid-19.

Meski demikian, perlu ditekankan kalau tidak semua keluhan tenggorokan gatal tersebut menandai adanya infeksi virus corona. umumnya, sakit tenggorokan yang disertai dengan rasa sakit, kering, dan gatal di bagian tenggorokan dapat dipicu dengan berbagai kondisi medis, termasuk disebabkan akibat infeksi, hingga faktor lingkungan.

Sementara itu, penyebab tenggorokan gatal akibat Covid-19 perlu dilkihat dari beberapa gejala lainnya yang lebih umum, yaitu demam, batuk, anosmia, atau merasakan kelelahan berlebihan. Namun, jika hanya mengeluhkan tenggorokan gatal saja – ada kemungkiknan hanya mengidap radang tenggorokan biasa.

Sakit tenggorokan yang dialami pasien Covid-19 terjadi ketika virus mulai memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan, kondisi tersebut dapat menyebabkan pembengkakan di daerah tenggorokan pasien.

Jadi, untuk memastikan apakah kamu terinfeksi virus corona atau tidak – cara terbaiknya, yaitu dengan menjalani tes lebih lanjut. Sebab, Covid-19 tidak bisa langsung didiagnosis dengan hanya mengeluhkan salah satu gejala saja, termasuk tenggorokan gatal.

 

Bagaimana Cara Meringankan Sakit Tenggorokan Akibat Corona?

Credit Image - brightside.me

Bagi pasien Covid-19 yang mengalami sakit tenggorokan, termasuk tenggorokan gatal – ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membantu meringankan gejala tersebut, lho. Berikut ini caranya:

  • Minum banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Kamu dapat konsumsi air hangat atau kuah kaldu – yang bisa membantu meredakan iritasi, serta tenggorokan gatal.
  • Cobalah berkumur dengan larutan air garam untuk mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan.
  • Gunakan pelega tenggorokan untuk membantu menjaga kelembapan tenggorokan dengan merangsang produksi air liur.
  • Istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh dapat melawan virus dengan optimal.

 

Yuk, Tetap Lakukan Langkah Pencegahan Untuk Hindari Penularan!

Credit Image - inet.detik.com

Selama pandemi Covid-19, seluruh masyarakat semakin gencar untuk melakukan langkah pencegahan, sehingga tetap terlindung dari infeksi virus corona. Dalam hal ini, menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin memang penting, lho.

Pastikan sudah memakai masker ketika bepergian, menerapkan jaga jarak, prokes pun masih harus dijalani meskipun kamu sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, ya!

Selain itu, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya.

 

Jadi, itulah ulasan mengenai perbedaan tenggorokan gatal biasa dengan Covid-19. Jadi, jika kamu mengeluhkan kondisi tersebut, cobalah untuk perhatikan kembali – apakah ada gejala virus corona lainnya yang dialami!

 

 

Featured Image - klikdokter.com