Ketika mendapatkan sebuah tugas dalam pekerjaan, apakah kamu cenderung langsung mengerjakannya atau melihat peluang untuk mengerjakannya kemudian hari alias menundanya? Kalau kamu cenderung untuk mengerjakannya dengan menunda, harus kamu sadari kalau hal tersebut adalah kebiasaan yang sangat buruk.

Menunda pekerjaan atau yang biasa disebut dengan prokrastinasi ini akan membuat kamu rugi, tidak cuma diri sendiri, loh – tapi juga orang lain, dalam hal ini mungkin teman kerjamu. Sekali melakukan prokrastinasi, kamu cenderung melakukannya berulang kali.

Tentunya kamu tidak ingin hal ini menjadi kebiasaan buruk yang melekat dalam diri, dong? Untuk itu, lebih baik mengenali terlebih dahulu kebiasaan sehari-hari yang membuatmu menjadi seorang prokrastinator. Yuk, kenali 6 kebiasaan tersebut di bawah ini!

 

 

#1 – Kebiasaan Meremehkan Pekerjaan

Credit Image - m.diadona.id

Salah satu hal yang bisa membuat prokrastinasi adalah mellihat pekerjaan yang diberikan sebagai hal yang kecil – atau tidak menganggap pekerjaan tersebut berat. Dengan prokrastinasi, kamu akan semakin memakan waktu yang lama untuk mengerjakannya.

Ketika menganggapnya kecil mungkin kamu merasa mudah untuk mengerjakannya, namun dari kecil tersebut bisa bertumpuk menjadi besar, loh. Untuk itu, kamu bisa membaginya ke dalam beberapa waktu agar lebih ringan. Kamu bisa membagi waktu agar pekerjaan kecil tersebut tidak menjadi besar, dengan tidak menjadi seorang prokrastinator.

 

#2 – Pribadi Disiplin, Namun Bukan Perfeksionis

Jika sudah berusaha untuk tidak prokrastinasi dengan mengerjakannya semaksimal mungkin dari jauh hari sebelumnya, namun saat di saat pekerjaanmu seharusnya sudah tuntas tapi masih juga belum selesai, sepertinya kamu terlalu banyak mempertimbangkan pekerjaanmu.

Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang yang perfeksionis – sehingga semua pekerjaannya ingin dilihat sempurna mungkin. Dengan menjadi perfeksionis, kamu tidak memudahkan pekerjaan yang dikerjakan – meskipun tidak menundanya. Maka dari itu, penting untukmu menjadi orang yang disiplin.

 

#3 – Memiliki Kontrol atas Diri Sendiri

Credit Image - glints.com

Salah satu hal yang seringkali menjadi pendorong untuk prokrastinasi adalah dengan bermain sosial media. Meskipun terkesan simpel, hal-hal kecil seperti ini bisa mengganggu konsentrasimu, loh!

Awalnya mungkin kamu merasa hanya lima menit, namun ketika bersosial media tidak akan terasa waktu berlalu hingga akhirnya 1 jam berlalu sia-sia. Penting untukmu memiliki kontrol atas diri dengan mengesampingkan dulu membuka sosial media dan kerjakan pekerjaanmu hingga selesai, baru membuka sosial media kembali.

 

#4 – Lalai Mengelola Waktu

Ketika mendapatkan tugas yang harus dikerjakan, kamu seringkali mencari celah untuk menundanya hingga waktu yang ditentukan. Pemikiran di mana kamu merasa masih bisa mengerjakannya di keesokan harinya ini membuatmu lalai dan waktu yang dimiliki terbuang sia-sia.

Memiliki pola pikir seperti ini akan membuatmu stuck dan waktu terbuang sia-sia karena merasa masih punya banyak waktu. Kenyataannya, waktu terus berjalan. Coba bikin deadline pada diri sendiri dan self-reward ketika sudah berhasil mengerjakan deadline tersebut.

 

#5 – Kurang Motivasi

Credit Image - sehatq.com

Kurangnya motivasi dalam bekerja memang menjadi hal yang mendorong untuk prokrastinasi. Karena dengan kurangnya motivasi kamu bisa menjadi pemalas juga, loh!

Malas memang jadi penyakit dalam diri yang harus dihilangkan, karena dengan malas kamu jadi meremehkan semua hal yang harusnya dikerjakan. Yang harus diingat, memanjakan diri memang penting, tapi jangan sampai keterusan, ya!

 

#6 – Bingung untuk Memulai, Hingga Terbengkalai

Satu hal terakhir yang bikin kamu prokrastinasi adalah kamu bingung untuk memulai pekerjaan. Entah karena kurang mengerti, merasa terbebani karena banyaknya yang harus dikerjakan, dan lain-lainnya.

Jika hal ini terjadi, ada baiknya kamu menenangkan diri terlebih dahulu dan memikirkan pos-pos yang harus dikerjakan secara terpisah. Bila perlu, kamu bisa meminta bantuan kepada rekan kerjamu untuk membantu memecahkan masalah yang kamu hadapi ini.

Meskipun prokrastinasi bukan hal yang baik, namun menjadi workaholic juga bukan hal yang baik loh, enervoners. Agar menjadi produktif, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon Active. Karena multivitamin yang satu ini dapat menjadi pilihan tepat untuk menemanimu untuk tetap semangat.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, serta Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan Vitamin B Kompleks juga dapat membantu optimalkan proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi dengan lebih tahan lama. Manfaat yang dimiliki Enervon Active ini bisa membuatmu tetap produktif dan juga sehat selama bekerja, loh!

Itulah 6 kebiasaan buruk yang harus kamu hindari agar tidak prokrastinasi secara terus menerus. Pastikan kamu menghindarinya ya, enervoners!

 

 

Featured Image - news.ubc.ca