Tak bisa dipungkiri, tanggal 17 Agustus merupakan hari yang istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia. Ya, pada hari ini, Indonesia merayakan ulang tahunnya ke-76. Namun, pandemi Covid-19 masih berlangsung, sehingga masyarakat diminta untuk merayakan hari kemerdekaan di rumah saja.

Tentunya, bukan tanpa alasan, merayakan hari kemerdekaan di rumah dapat mengurangi menjaga kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan cara tepat untuk bantu Indonesia merdeka dari belenggu pandemi Covid-19. Tak hanya itu, hal tersebut penting dilakukan guna menghindarimu dari berbagai macam ancaman penyakit, termasuk virus corona.

Lantas, hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan agar tetap maksimal, sehingga dapat segera merdeka dari pandemi? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Rutin Cuci Tangan Dengan Air dan Sabun

Credit Image - themomsco.com

Hal yang penting dalam menjaga kesehatan selama pandemi, yaitu rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Langkah ini pun juga termasuk dalam protokol kesehatan 5M yang sangat dianjurkan, sebab cuci tangan dapat membantu membunuh kuman, virus, dan bakteri yang menempel pada tangan.

Berdasarkan panduan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, cuci tangan secara rutin merupakan cara terbaik untuk membersihkan kuman pada tangan, terhindar dari penyakit, serta mencegah kuman di tangan diri sendiri – sehingga tidak menyebar ke orang lain.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, pastikan kamu menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen, ya.

 

Tetap Gunakan Masker Ketika Bepergian

Menjaga kesehatan selama pandemi juga meliputi penggunaan masker ketika bepergian. Ya, masker dapat membantu menghalau virus masuk ke dalam tubuh melalui wajah, terutama bagian hidung dan mulut. Saat ini, kamu dianjurkan untuk memakai masker ganda – yang terdiri dari masker medis di lapisan dalam, dan masker kain di bagian luarnya, ya.

Masker terbukti efektif untuk mencegah percikan air liur atau droplets yang menyebar di udara, dan masuk ke saluran pernapasan. Tak hanya dapat melindungi dirimu, namun pemakaian masker dapat melindungi kesehatan orang lain di sekitar – ketika kamu sedang terserang suatu penyakit.

 

Menerapkan Jaga Jarak Juga Tak Kalah Penting

Credit Image - venuemagz.com

Memang, selama pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. Namun, bagi yang terpaksa harus bepergian – pastikan sudah menerapkan jaga jarak fisik dengan orang lain, setidaknya sejauh dua meter, nih. Perilaku ini dapat membantu menjaga kesehatan diri sendiri, serta orang yang ada di sekitarmu, lho.

Menurut sebuah studi dari British Medical Journal, dinyatakan bahwa jaga jarak fisik merupakan satu dari sekian banyak langkah mencegah penyebaran virus penyakit – yang efektif jika dilakukan secara disiplin. Jadi, selama pandemi, cobalah menghindari tempat-tempat yang ramai!

 

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Tak bisa dipungkiri, menjaga kesehatan tubuh sudah pasti meliputi asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tak heran kalau banyak yang menyebut bahwa “apa yang kamu makan dan minum – menjadi penentu kesehatan tubuh”.

Dalam penerapannya, pastikan kamu banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang dapat bantu memenuhi kebutuhan gizi harianmu. Selain itu, perhatikan juga cara mengolah, serta memasak makanan – untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri yang bisa menjadi potensi keracunan.

Sayur dan buah merupakan dua sumber serat terbaik yang bisa diperoleh. Selain itu, kedua jenis makanan tersebut juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Serat dengan kualitas yang baik akan menjadikan pencernaan lebih sehat – hal ini pun berpengaruh pada sistem imunitas, lho. Dilansir dari Kompas, sebuah penelitian menyebutkan bahwa 70 persen sel imun terdapat di sistem pencernaan.

 

Ingat, Stay Positive Ya!

Credit Image - berkeluarga.id

Yang juga wajib diketahui, yaitu pola pikir dapat memengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Selama masa wabah penyakit – yang tentunya tidak pasti dan banyak kesulitan, kamu perlu tetap berpikir positif, sehingga pengelolaan stres bisa berjalan dengan baik.

Jika kamu bisa mempertahankan pikiran yang positif, maka hal tersebut akan mendatangkan banyak manfaat kesehatan – seperti, tidak mudah sakit, usia harapan hidup lebih panjang, tingkat depresi lebih rendah, mampu berpikir kreatif, serta meningkatkan kemampuan memori, dan memiliki daya konsentrasi yang tinggi.

 

Lengkapi Hidup Sehat Dengan Konsumsi Multivitamin Lengkap

Agar kesehatan tubuh semakin terjaga, selama pandemi Covid-19, kamu sangat dianjurkan untuk melengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, lho. Tentunya, hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah sakit dan tetap berenergi, ya.

Pastikan multivitamin pilihanmu sudah memiliki sejumlah kandungan baik, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks, maupun mineral berupa Zinc. Lantas, multivitamin apa yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan mengonsumsi suplemen dari Enervon secara rutin, nih.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Untuk yang memiliki masalah lambung sensitif, kamu direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mendapatkan sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu makin berenergi – dan pastinya produktif sepanjang hari, lho.

Jadi, tak perlu bersedih kalau tahun ini kamu harus merayakan hari kemederkaan di rumah saja, ya. Selain dengan menjaga kesehatan, kamu masih bisa mengikuti berbagai hal menarik lainnya, termasuk ikut Giveaway Spesial Hari Kemerdekaan dari Enervon.

Caranya mudah lho, kamu hanya perlu membuat kreasi dari kemasan produk Enervon-C apa saja. Kemudian, unggah di Instagram Story dengan hashtag #JagaDiriUntukNegeri, dan mention Instagram @Enervon.Id – serta tiga orang temanmu.

Dari giveaway ini, kamu berkesempatan untuk mendapat hadiah menarik, seperti Nintendo Switch, Smart TV, Logam Mulia, Ringlight & Tripod, serta Shopee Pay untuk 5 orang pemenang. Periode giveaway ini berlaku sampai tanggal 22 Agustus mendatang, lho. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ikutan, ya!

 

Wah, itulah deretan cara menjaga kesehatan yang bisa membantu Indonesia lekas terlepas dari pandemi Covid-19. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image - mnews.co.id