Selama pandemi Covid-19 melanda, hampir sebagian besar orang merasakan kesulitan. Tidak jarang juga, kesulitan ini berdampak buruk pada kehidupan yang dijalani dan juga menganggu kesehatanmu.

Beberapa orang ternyata selama pandemi ini mengalami kesulitan tidur – yang disebut dengan coronasomnia. Coronasomnia terjadi karena isolasi yang dilakukan di rumah dan aktivitas yang hanya dikerjakan di rumah.

Meskipun coronasomnia merupakan bukan diagnosis penyakit atau efek yang disebabkan oleh virus corona itu sendiri, namun jika kamu mengalami hal ini – ada baiknya kamu mencoba mengatasi permasalahan ini dengan 5 cara ini. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Menciptakan Ritme pada Aktivitas Sehari-hari

Credit Image - health.detik.com

Aktivitas dan kerja yang dilakukan di rumah ternyata dapat membuat tubuh kehilangan irama sirkadian – yaitu sistem internal tubuh yang mengatur siklus tidur hingga pencernaan dalam tubuh sendiri.

Aktivitas yang dilakukan di rumah secara terus menerus dengan pencahayaan yang sama dan juga aktivitas yang sama akan dapat membuat irama sirkadian kacau. Yang perlu diingat – irama sirkadian tubuh sangat peka terhadap cahaya. Jadi, jika berada di lingkungan yang sama secara terus-menerus, otak sulit untuk membedakan lingkungan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menciptakan kebiasaan untuk mengatur kegiatanmu. Seperti melakukan kebiasaan yang sama sehari-hari secara berulang. Hal tersebut bisa dimulai dengan membuat jadwal bangun, kerja, melakukan pekerjaan rumah, dan dilanjut dengan beristirahat dengan waktu yang tepat. Dengan cara ini, irama sirkadian akan terbentuk secara mudah.

 

Gunakan Pakaian Sesuai Aktivitas

Kerja di rumah seringkali membuatmu terkesan tidak peduli atau mungkin acuh dengan pakaian yang digunakan. Kondisi ini bisa membuatmu juga sulit tidur, loh!

Salah satu cara untuk mengataasi coronasomnia adalah dengan menggunakan pakaian yang berbeda di setiap aktivitas yang dilakukan. Kamu bisa mengenakan baju kerja disaat bekerja dan menggunakan pakaian rumah saat sedang santai.

Hal ini juga berlaku ketika mau tidur – yaitu gunakanlah pakaian yang nyaman agar memuatmu lebih santai dan juga memudahkan tidur di malam hari.

 

Mengatur Ruangan Kerja

Credit Image - linovhr.com

Pandemi Covid-19 ini akan membuatmu lebih banyak berada di dalamnya, sampai kamu pun harus bekerja dari rumah. Meskipun di rumah, ada baiknya untuk kamu menghindari bekerja dari tempat tidur – karena hal ini akan mengganggu tidurmu.

Hal ini terjadi karena tubuh sudah merasa bahwa tempat tidur merupakan tempat yang digunakan untuk beristirahat dan tidur. Jika kamu bekerja di atas tempat tidur, nantinya akan kesulitan beristirahat dan bekerja menjadi tidak produktif. Maka dari itu, hindari kebiasaan ini ya!

 

Mengatur Pencahayaan dalam Ruangan

Untuk tetap merasa sehat dan juga bugar, ada baiknya cahaya yang terdapat dalam ruangan tersirkulasi dengan baik. Selain karena matahari baik untuk kesehatan, hal ini juga dilakukan agar tubuh bisa membedakan siang dan malam – meskipun hanya dari pencahayaan ruangan.

Di siang hari atau saat bekerja, upayakan pencahayaan alami dapat masuk ke dalam ruangan dengan baik. Kamu bisa melakukannya dengan membuka jendela. Bisa juga untuk meluangkan waktu untuk berjemur.

Kemudian untuk waktu di mana akan beristirahat dan tidur, ada baiknya untuk meredupkan ruangan yang digunakan untuk tidur agar menstimulasi tubuh lebih cepat untuk terpejam.

 

Mengontrol Berita yang Dikonsumsi

Credit Image - autoevolution.com

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi coronasomnia adalah menghindari asupan-asupan berita negatif terkait Covid-19 ataupun berita negatif serupa yang akan membuatmu menjadi down.

Hal ini dilakukan karena otak merespons hal-hal negatif lebih baik daripada yang positif sehingga lebih mudah bagi otak untuk menyerap berita negatif yang didapatkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan relaksasi untuk menenangkan pikiran dari berita-berita negatif.

Relaksasi akan membuatmu menjadi lebih rileks dan terlepas dari pikiran yang muncul karena berita negatif yang dikonsumsi. Untuk merelaksasi, kamu bisa melakukan yoga, membaca, atau hal-hal lain yang membuatmu lebih rileks.

 

Pastinya banyak di antara Enervoners yang juga mengalami coronasomnia ini. Agar tidak berkelanjutan dan berpengaruh pada kesehatan dan juga imunitas, pastikan kamu mengatasinya dengan baik lewat 5 cara di atas ya!
 

 

Featured Image - ngovee.com

Source - cnnindonesia.com