5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh, Bisa Bantu Cegah Corona, Lho

5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh, Bisa Bantu Cegah Corona, Lho

font size A Ǎ

Dibandingkan dengan sebelumnya, selama masa pandemi Covid-19, pasti lebih banyak orang yang menjaga kesehatan tubuhnya. Apakah kamu setuju? Tak bisa dipungkiri, imunitas yang kuat memang dapat menghindarimu terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Salah satunya, yakni dengan mengonsumsi makanan penambah imun tubuh. Mendapat asupan gizi lengkap merupakan hal penting dalam mempertahankan kekebalan tubuh, sekaligus membantu fungsi tubuh bisa berjalan dengan optimal.

Nah, setidaknya ada 5 jenis makanan penambah imun tubuh yang paling direkomendasikan, nih. Tapi, pastikan kamu tetap mengonsumsi suplemen multivitamin – untuk memaksimalkan perlindungan tubuh, ya.

Sudah penasaran, apa saja sejumlah jenis makanan penambah imun yang dimaksud? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Yogurt

5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh, Bisa Bantu Cegah Corona, Lho

Credit Image - halosehat.com

Makanan penambah imun tubuh pertama yang bisa kamu konsumsi secara rutin, yaitu yogurt. Memang, selama pandemi Covid-19, disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun – atau bisa juga memakai hand sanitizer agar kuman tidak menempel, bahkan masuk ke ke dalam tubuh. Meski demikian, tak semua bakteri bersifat buruk, lho.

Kandungan bakteri baik dalam yogurt justru bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yogurt merupakan makanan penambah imun tubuh yang kaya akan probiotik alami – kandungan tersebut berperan dalam pembentukan bakteri baik dalam tubuh.

Agar lebih sehat, pastikan memilih yogurt tanpa rasa, dan juga rendah gula, ya. Dan, untuk memperkaya cita rasanya, bisa tambahkan buah-buahan yang juga kaya akan vitamin dan mineral – yang bisa menunjang daya tahan tubuhmu.

 

#2 – Remah-Rempahan

Berikutnya, ada pula jenis rempah-rempahan yang dapat dijadikan sebagai makanan penambah imun tubuh. Seperti, kunyit yang dikenal akan kandungan sifat antioksidan – dan perannya sebagai anti-inflamasi. Kunyit sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu mengurangi peradangan, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. 

Kurkumin, senyawa yang memberi warna khas pada kunyit merupakan agen yang baik untuk membantu penyembuhan luka dan infeksi. Selain itu, senyawa ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan otot – biasanya terjadi akibat berolahraga.

Lalu, ada pula bahan masakan lainnya, yaitu bawang putih. Tidak hanya bisa membuat makanan menjadi lezat saja, namun makanan penambah imun tubuh ini juga termasuk makanan anti-virus alami – dan bisa memberikan perlindungan dari flu musiman.

Konsentrasi tinggi akan senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin, juga membuat bawang putih bisa membantu menambah kekebalan tubuh. Agar manfaatnya lebih terasa, jangan lupa, rutinlah memasukan bawang putih ke dalam masakanmu, ya!

 

#3 – Buah-Buahan Asam

5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh, Bisa Bantu Cegah Corona, Lho

Credit Image - klikdokter.com

Selama pandemi, pastinya kamu sering disarankan untuk rutin mengonsumsi vitamin C. Benar, kan? Vitamin tersebut memang dikenal sebagai penambah imun tubuh, serta membantu proses pemulihan ketika sedang sakit. Untuk mendapatkan asupannya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan asam, lho.

Makanan penambah imun tubuh yang satu ini bisa ditemukan dalam hampir semua buah-buahan asam, mulai dari jeruk, jeruk nipis, lemon, dan grapefruit. Meski demikian, karena tubuh tidak bisa memproduksi – atau menyimpan vitamin C dalam waktu lama, maka dari itu kamu perlu rutin mendapat asupannya setiap hari.

Jadi, pastikan kamu rutin mengonsumsi makanan penambah imun tubuh ini, ya!

 

#4 – Biji Bunga Matahari

Tahukah kamu bahwa biji bunga matahari juga termasuk sebagai makanan penambah imun tubuh? Ya, biji bunga matahari merupakan makanan yang kaya nutrisi, seperti fosfor, magnesium, vitamin B6, dan juga vitamin E.

Sejumlah kandungan tersebut, terutama vitamin E dapat mengatur – sekaligus memelihara fungsi sistem kekebalan. Selain itu, vitamin ini juga dikenal sebagai antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas.

Makanan penambah imun tubuh yang satu ini juga mengandung tinggi selenium. Dilansir dari Halodoc, berbagai penelitian menyebutkan bahwa nutrisi tersebut dapat membantu melawan infeksi virus, salah satunya flu babi – H1N1.

 

#5 – Kerang

5 Jenis Makanan Penambah Imun Tubuh, Bisa Bantu Cegah Corona, Lho

Credit Image - food.detik.com

Mungkin, masih jarang yang mengetahui bahwa kerang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Namun nyatanya, beberapa jenis kerang mengandung zinc, lho. Mineral yang satu ini dikenal sebagai perannya dalam membantu sel kekebalan agar bisa berfungsi dengan baik.

Ada pun beberapa jenis kerang yang bisa dijadikan sebagai makanan penambah imun tubuh, yaitu tiram, kepiting, kerang, dan lobster. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kandungan zinc dalam sumber makanan lainnya, mulai dari kacang mete, sampai buncis.

Nah, mengonsumsi sejumlah makanan penambah imun tubuh di atas memang penting, sehingga kesehatan tubuh semakin terjaga. Tapi, agar kekebalan semakin maksimal, kamu juga direkomendasikan meminum multivitamin dengan kandungan lengkap.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Wah, sekarang kamu sudah mengetahui kelima jenis makanan penambah imun yang bisa dikonsumsi secara rutin, ya. Tunggu apa lagi? Sudah waktunya kamu rajin mengonsumsi deretan makanan di atas – dan maksimalkan dengan asupan multivitamin dari Enervon biar daya tahan tubuh tetap terjaga!

 

 

Featured Image - modernhoney.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!