Menjaga kebersihan diri serta benda-benda di sekitar penting dilakukan. Pasalnya, bisa saja ada kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tubuh – atau kegiatan bersih-bersih.

Tapi ingat, mau tidak mau, membersihkan benda-benda di sekitarmu setiap harinya sangat disarankan dilakukan, lho. Apalagi, benda tersebut termasuk yang sering kamu sentuh. Jika tidak dibersihkan, dikhawatirkan ini bisa membuat patogen berbahaya semakin menumpuk, hingga merugikan kesehatan.

Lantas, apa saja sih benda-benda yang wajib dibersihkan secara rutin, kalau memungkinkan dibersihkan setiap hari? Berikut ini 5 di antaranya.

 

 

#1 – Botol Air Minum

Credit Image - food.detik.com

Memang upaya mengurangi limbah plastik dengan membawa botol air sendiri merupakan langkah yang baik. Meski demikian, hal ini justru bisa menjadi bumerang buatmu sendiri kalau botol tersebut tidak dibersihkan setiap harinya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Civil and Environmental Engineering pada 2017 menyebutkan bahwa jumlah rata-rata bakteri dalam botol air minum reusable orang dewasa adalah sekitar 75 ribu bakteri per mililiter. Jika botol minum tidak rajin dicuci, angka tersebut dapat mencapai dua juta per mililiter dalam satu hari.

Jadi, jaga kebersihan botol dengan mengosongkan botol air di setiap penghujung hari dan mencucinya dengan sabun cuci piring antibakteri dan air panas. Atau, jika kamu ingin mengurangi pertumbuhan bakteri, beralihlah ke botol tembaga yang memiliki efek antimikroba alami.

 

#2 – Handphone

Tak bisa dihindari, setiap harinya kamu sering menyentuh dan menempelkan handphone ke wajah hingga ratusan kali. Setuju, kan?

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Microbiology tahun 2017 menyebutkan bahwa para peserta memiliki enam jenis pertumbuhan bakteri yang berbeda di  handphone mereka. Jenis yang paling umum adalah Acinetobacter baumannii, sumber utama infeksi di rumah sakit, dan Staphylococcus aureus yang resisten antibiotik.

Karena alasan tersebutlah handphone menjadi salah satu benda wajib dibersihkan setiap harinya. Tak perlu khawatir, membersihkan barang elektronik yang satu ini pun tidak sulit, lho. Kamu cukup menyekanya dengan kain yang dibasahi dengan alkohol dapat dengan cepat membunuh banyak bakteri yang tidak diinginkan.

 

#3 – Gagang Pintu

Credit Image - kompas.com

Gagang pintu adalah benda yang sudah pasti sering sentuh setiap harinya. Jadi, tidak heran jika permukaan benda tersebut mengandung banyak kuman.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Continental Journal of Medical Research pada tahun 2012, di antara 180 gagang pintu dan kenop yang diseka oleh para peneliti, sekitar 87 persen memiliki kontaminasi bakteri. Sebanyak 30 persen terbukti positif mengandung Staphylococcus aureus, 16 persen dites positif untuk E. coli, dan 26 persen terkontaminasi dengan Klebsiella pneumoniae, bakteri yang terkait dengan perkembangan pneumonia dan bronkitis.

Nah, untuk menghindari risiko berbahaya dari paparan bakteri tersebut, usahakan untuk membersihkan gagang pintu dengan kain yang diberi cairan anti-bakteri. Cara ini mudah – dan tak memakan banyak waktu, kok!

 

#4 – Piring

Untuk menjaga kebersihan seluruh rumah, hindari membiarkan piring kotor di wastafel dalam waktu yang lama, apalagi sampai berhari-hari. Mengapa demikian?

Pasalnya, kombinasi partikel makanan dan air di wastafel menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Faktanya, National Science Foundation menemukan bahwa wastafel dapur memiliki konsentrasi bakteri tertinggi kedua di seluruh rumah.

Kalau memungkinkan, cuci piring dengan sabun dan air segera setelah digunakan. Kemudian, keringkan dan simpan piring di tempat yang kering dan bersih. Lalu, pastikan untuk menyeka wastafel dengan pembersih anti-bakteri – atau campuran pemutih dan air.

 

#5 – Handuk Piring dan Tangan

Credit Image - idntimes.com

Handuk piring mungkin tidak terlihat kotor mengingat benda ini digunakan untuk mengelap piring yang sudah dicuci. Namun, handuk piring dinyatakan sebagai tempat paling terkontaminasi di dapur dalam studi yang didanai oleh United States Department of Agriculture.

Hal serupa juga berlaku bagi handuk kecil yang sering digunakan untuk mengelap tangan. Benda yang satu ini menjadi lebih cepat kotor karena digunakan lebih dari sekali per hari dan sering digunakan oleh oleh beberapa orang dalam keluarga. Terlebih, kebanyakan orang tidak mencuci tangan mereka dengan cukup bersih. Karena alasan ini, handuk tangan harus diganti setiap hari.

 

Gimana? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai benda yang wajib dibersihkan setiap harinya, kan? Nah, mulai sekarang, jangan malas lagi untuk menjaga kebersihannya, ya. Sebab, ini juga menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas kesehatan dengan mencegah berkembangnya bakteri!

 

 

Featured Image – medcom.id

Source – idntimes.com