6 Tips Atasi Rasa Tidak Enak Badan Akibat Demam

6 Tips Atasi Rasa Tidak Enak Badan Akibat Demam

font size A Ǎ

Saat demam menyerang, rasa tidak enak badan pun kerap menghampiri. Kalau sudah begini, beragam aktivitas menjadi sulit dilakukan, bahkan mau tidur – atau makan juga susah. Apakah kamu setuju? Padahal, ketika demam kamu hanya butuh waktu istirahat yang cukup, serta asupan gizi untuk melawan penyakit penyebab kondisi tersebut.

Kalau sedang demam, bukan berarti kamu harus segera ke dokter, kok. Biasanya, kamu baru perlu memeriksakan kondisi ketika suhu tubuh sudah mencapai 40 derajat Celcius – atau bahkan lebih. Sebaiknya, kamu juga menghubungi petugas kesehatan ketika mengalami kejang, susah bernapas, atau nyeri tak tertahankan.

Terlepas dari gejala buruk demam tersebut, agar kondisi tidak enak badan bisa segera diatasi, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan. Apa saja?

Berikut ini ulasannya.

 

 

Perbanyak Minum Air

6 Tips Atasi Rasa Tidak Enak Badan Akibat Demam

Credit Image - hype.grid.id

Ketika sedang tidak enak badan akibat demam, cobalah perbanyak minum air putih untuk membantu mengendalikan suhu tubuh agar tidak terlalu panas. Pasalnya, mendapatkan asupan cairan yang cukup baik untuk kesehatan, serta menghindari dehidrasi ketika sedang sakit.

Selain itu, banyak minum air bisa membuang berbagai kuman, bakteri, dan racun dari dalam tubuh. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh kamu pun dapat bekerja lebih keras dan fokus untuk melawan bakteri atau virus penyebab demam.

 

Gunakan Baju yang Tipis

Banyak yang beranggapan bahwa begitu merasa tidak enak badan, maka harus segera menggunakan baju hangat, serta meringkuk di balik selimut tebal. Apakah kamu termasuk? Padahal, cara tersebut salah, lho. Menggunakan pakaian – dan selimut terlalu tebal justru akan memerangkap udara panas di dalam tubuh sehingga demam tak kunjung turun.

Jadi, sebaiknya pakai baju dan selimut yang tipis dan mampu menyerap keringat. Jangan lupa atur suhu kamar supaya cukup nyaman, tak terlalu dingin. Kalau kamu menggigil, langsung minum air hangat. Jangan malah menyelimuti atau membungkus diri dengan kain tebal, ya!

 

Mandi Air Hangat

6 Tips Atasi Rasa Tidak Enak Badan Akibat Demam

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Ketika sedang demam, apalagi kalau suhu tubuh sudah cukup tinggi, mungkin saja hal ini menyebabkan kamu mudah berkeringat. Tak dapat dipungkiri, kondisi tersebut pasti membuat makin tidak enak badan – serta kurang nyaman, ya.

Untuk itu, kamu dapat menhatasinya dengan mandi air hangat, atau air suam-suam kuku. Meski demikian, pastikan suhu airnya tidak terlalu panas atau dingin. Selain itu, tips yang satu ini bisa membantu meredakan nyeri otot ketika demam menyerang, lho.

 

Lebih Banyak Istirahat

Kamu pasti tahu orang yang sedang tidak enak badan, termasuk akibat demam harus banyak beristirahat. Karena, ketika kamu tidur, tubuh akan memproduksi sel-sel darah putih. Lalu, apa hubungannya dengan proses pemulihan?

Sel-sel darah putih tersebut sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh guna melawan virus atau bakteri penyebab demam. Kalau kamu sulit terlelap ketika demam, cobalah redupkan lampu kamar, atau terapkan teknik pernapasan agar terasa lebih rileks.

 

Kompres Hangat

6 Tips Atasi Rasa Tidak Enak Badan Akibat Demam

Credit Image - sehatq.com

Kompres dingin jadi pilihan banyak orang untuk menurunkan demam, padahal cara ini salah besar. Kompres dingin justru akan membuat badan menggigil dan semakin panas. Pasalnya, suhu tubuh jadi panas supaya bisa menyerang bakteri atau virus penyebab penyakit. Bila dilawan dengan kompres dingin, tubuh melihat adanya ancaman sehingga otak akan semakin meningkatkan suhu tubuh.

Jadi, kalau kamu memang ingin dikompres saat tidak enak badan, pakai kompres hangat saja. Menaruh kompres hangat di dahi lebih efektif untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi pusing atau sakit kepala.

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Dalam mengatasi rasa tidak enak badan akibat demam, tentu saja tidak terlepas dari asupan vitamin dan mineral – yang dapat membantu meningkatkan kekebalan, sehingga penyakit bisa dilawan dengan maksimal. Hal ini berkaitan erat dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks, lho.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana? Sejumlah cara mengatasi rasa tidak enak badan akibat demam di atas cukup mudah dilakukan, ya? Nah, kalau kamu sedang mengalaminya, yuk coba kiat-kiat tersebut agar lekas pulih!

 

 

Featured Image – inews.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!