5 Tips Menerapkan Mindfulness Dalam Kehidupan, Dicoba, Yuk!

5 Tips Menerapkan Mindfulness Dalam Kehidupan, Dicoba, Yuk!

font size A Ǎ

Di zaman sekarang, tak sedikit individu yang merasa stres, bahkan cemas akibat tingginya tekanan dalam hidup, termasuk dalam urusan pekerjaan. Untuk itu, jangan heran kalau banyak pula yang mulai tertarik mempelajari metode mindfulness guna meredakan perasaan tersebut, ya.

Mindfulness merupakan langkah tepat melatih dirimu untuk memusatkan perhatian terhadap hal yang terjadi saat ini – dengan melibatkan kesadaran dan ketidakberpihakan. Penerapan metode tersebut pun bertujuan untuk menenangkan pikiran.

Nah, dengan berlatih metode ini kamu juga bisa menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan, sekaligus mampu mengelolanya melalui cara yang lebih positif. Kalau sudah begini, tentu saja stres dan cemas bakal berkurang, kan?

Untukmu yang ingin menerapkan metode mindfulness, berikut ini 5 caranya yang dapat dilakukan. Yuk, simak selengkapnya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Mulai Dengan Tujuan

5 Tips Menerapkan Mindfulness Dalam Kehidupan, Dicoba, Yuk!

Credit Image - forbes.com

Langkah pertama, buatlah suatu tujuan yang bisa mengubah harimu, memengaruhi kata-kata, tindakan, serta respons yang kamu lakukan – terutama di masa-masa sulit. Dalam hal ini, mindfulness akan membantumu menjadi seseorang yang lebih hati-hati dan sadar.

Mengingat bahwa alam bawah sadar bertanggung jawab atas sebagian besar pengambilan keputusan dan perilaku, praktik ini dapat membantu menyelaraskan pemikiran bawah sadar kamu dengan dorongan emosional.

 

#2 – Menikmati Prosesnya, Termasuk Ketika Makan

Metode yang satu ini juga penting diterapkan dalam berbagai kegiatan, termasuk saat makan, lho.  Menerapkan mindfulness pada saat makan akan mengubah pengalaman makan menjadi jauh lebih menyenangkan. Ketika kamu mengarahkan fokus seluruhnya kepada tubuh – dan alasan mengapa perlu makan, maka dirimu bisa menghilangkan semua perasaan lapar yang tengah dialami.

Penerapan mindfulness ketika makan juga bisa dilakukan dengan bernapas sebelumnya, mendengar kebutuhan tubuh, makan sesuai yang dibutuhkan, tidak buru-buru, serta mengonsumsi makanan yang disukai.

Selain itu, hindari pula distraksi lainnya, seperti menonton TV atau main game, saat sedang makan agar kamu bisa fokus terhadap makanan.

 

#3 – Memberikan Keseimbangan pada Otak

5 Tips Menerapkan Mindfulness Dalam Kehidupan, Dicoba, Yuk!

Credit Image - womansday.com

Terkadang, metode mindfulness membuat otak bekerja dengan sangat keras. Hal tersebut tentu kurang baik apabila dilakukan secara terus-menerus, ya. Untuk itu, pastikan tetap memberikan jeda pada otak agar memperoleh keseimbangan.

Meski tidak mudah, ada beberapa cara untuk memulainya, seperti jalani apa yang diinginkan, perbarui motivasi kamu, dan buatlah pengingat harian. Setiap tindakan yang dilakukan secara sengaja dengan mindfulness, secara langsung akan memperkuat otak.

 

#4 – Melatih Pikiran dan Otot

Selanjutnya, dalam penerapan mindfulness pastikan kamu juga melatih pikiran serta otot, ya. Seperti, ketika bersepeda, mengangkat beban, serta latihan di atas treadmill, tentu saja membutuhkan keseimbangan antara kedua hal tersebut, kan?

Bahkan, masing-masing kegiatan tersebut bisa melatih mindfulness, lho. Apa pun aktivitas fisiknya, kamu diharuskan untuk bergerak dan bernapas dengan cara yang tidak hanya membuat darah mengalir dengan lancar dan menguatkan setiap sel di tubuh, tetapi juga menyeimbangkan tubuh, pikiran, serta sistem saraf.

 

#5 – Bersikap Tenang

5 Tips Menerapkan Mindfulness Dalam Kehidupan, Dicoba, Yuk!

Credit Image - sehatq.com

Ketika menerapkan mindfulness kamu juga perlu tetap tenang – dan mampu mengendalikan diri. Ini termasuk ketika mengemudi. Lalu lintas yang padat kerap membuatmu marah, serta meningkatkan stres. Setuju, kan?

Nah, alih-alih emosi, ada baiknya kamu memanfaatkan momen kemacetan lalu lintas untuk membangun mindfulness, meningkatkan rasa empati terhadap orang lain, dan juga mengembalikan keseimbangan serta perspektif.

Menerapkan praktik yang satu ini memang penting. Tak hanya buat kesehatan mental, namun mindfulness bermanfaat bagi kesehatan fisik. Kalau stres dan cemas dapat dikelola dengan baik, tentu saja tingkat kebugaran tubuh tidak akan terganggu, ya.

Selain dengan menerapkan praktik mindfulness, kamu juga diharapkan menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan rutin memperoleh asupan vitamin harian.

Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima cara menerapkan praktik mindfulness. Selamat mencoba!

 


Featured Image – elevatecounseling.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!