Ingin Capai Financial Freedom? Yuk, Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Capai Financial Freedom? Yuk, Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, keuangan merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan. Hal yang satu ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan, saking pentingnya, tak sedikit pulang yang menanggap kalau keuangan yang baik akan menghasilkan kehidupan yang baik pula.

Sebenarnya, anggapan tersebut cukup benar, melihat dari kondisi sekarang ini – di mana hampir semua aspek kehidupan membutuhkan uang agar dapat dipenuhi. Dari hal tersebut, tidak heran kalau banyak individu yang ingin segera mencapai financial freedom

Financial freedom sendiri adalah kondisi di mana seseorang bisa bebas secara finansial, dalam artian ia sudah memiliki keuangan yang mencukupi segala kebutuhan untuk hidup tanpa harus bekerja sangat keras – ataupun aktif. Kekayaan ini pun bisa memenuhi kebutuhan mendasar, seperti makan, sampai membeli pakaian.

Lantas, bagaimana sih cara yang bisa dilakukan untuk mencapai financial freedom? Berikut 5 tipsnya. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

#1 – Pahami Kondisi Keuangan

Ingin Capai Financial Freedom? Yuk, Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

Credit Image - blog.tribunjualbeli.com

Sebenarnya, tidak penting berapa umur kamu sekarang dan berapa penghasilan yang bisa didapatkan dalam sebulan. Financial freedom tidak diukur dari berapa besar pendapatan, kok. Melainkan, apakah pendapatan tersebut bisa menutupi segala kebutuhan.

Pahamilah kondisi keuangan sekarang ini, seperti dari berapa pengeluaran – dan berapa pendapatan. Lalu, apakah kamu sudah mampu melunasi semua pengeluaran? Kalau belum, ini artinya financial freedom masih tak dapat diterapkan.

Di sisi lainnya, kamu harus bisa menghitung berapa besar yang masih harus terpenuhi dalam sebulan agar pendapatan bisa lebih besar jumlahnya dibanding pengeluaran. Dengan begitu, kamu bisa fokus dalam menentukan tujuan keuangan ke depannya.

 

#2 – Tentukan Tujuan Finansial

Tentukan tujuan keuangan terlebih dahulu agar untuk ke depannya kamu bisa lebih mudah dalam menyusun strategi untuk mencapainya. Hal ini juga penting dalam mencapai aspek financial freedom, lho.

Misalnya, di bulan ini kamu harus bisa menghemat sekitar 20% dari total pengeluaran di bulan sebelumnya. Kemudian, dalam beberapa bulan ke depan, kamu juga harus bisa menambah sebesar 40% pendapatan dari pendapatan saat ini.

Nah, kamu dapat menyusun strategi apa yang tepat – dan cocok untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut. Metode ini hampir mirip ketika sedang traveling, kok. Kalau sudah menyusun itinerary, tentu saja akan lebih mudah, kan?

 

#3 – Mencari Sumber Penghasilan Lainnya

Ingin Capai Financial Freedom? Yuk, Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

Credit Image - ekrut.com

Selanjutnya, kamu juga dapat menciptakan aset yang mampu menghasilkan pendapatkan guna mencapai financial freedom. Setelahnya, biarlah pendapatan dari aset tersebut yang menutupi segala pengeluaran – atau kebutuhanmu.

Sementara, pendapatan pokok digunakan untuk menciptakan aset lain atau memenuhi kepentingan lain di luar pengeluaran pokok. Aset yang dimaksud tersebut juga dapat berupa berbagai bentuk, misalnya membuat bisnis, serta membangun passive income dengan media internet – seperti membuat blog yang berisi informasi penting.

 

#4 – Berinvestasi

Uang yang kamu miliki saat ini tidak akan pernah sama nilainya dengan lima tahun ke depan, lho. Hal ini disebabkan karena adanya inflasi. Misalnya, ketika menyimpan uang di bank, maka nilainya akan terus tergerus, entah akibat potongan pajak, biaya administrasi, maupun inflasi.

Untuk itu, demi mencapai financial freedom, disarankan pula melakukan investasi – yang bisa meningkatkan jumlah yang seiring berjalannya waktu. Namun, pastikan kamu sudah memilih instrumen investasi yang cocok dan tepat, seperti investasi emas, saham, properti, hingga investasi online P2P Lending.

Dan yang pasti, setiap instrumen investasi punya risikonya masing-masing, ya. Jadi, pelajarilah cara kerja – dan risiko masing-masing jenis investasi sebelum kamu memulainya.

 

#5 – Lunasi Segala Hutang

Ingin Capai Financial Freedom? Yuk, Mulai Lakukan 5 Hal Ini!

Credit Image - ocbcnisp.com

Yang terakhir, kalau kamu masih memiliki tagihan maupun hutang yang masih berjalan, segera upayakan untuk melunasinya kapan saja ketika kamu memiliki uang yang cukup nominalnya. Hal ini juga penting dalam mencapai financial freedom, lho.

Pendapatan dari aset yang kamu miliki sekarang, paling tidak harus bisa menutupi segala hutang yang masih ada, sehingga financial freedom bisa terwujud. Jadi, sudahkah kamu melunasi segala tagihan maupun hutang?

Agar proses mencapai financial freedom semakin optimal, pastikan juga kamu sudah memiliki energi – dan stamina yang cukup, sehingga kegiatan bekerja, sekaligus produktivitas tidak terganggu, ya. Dalam hal ini, kamu direkomendasikan multivitamin dengan kandungan vitamin dan mineral lengkap, seperti Enervon Active – suplemen tepat untuk menemani berbagai rutinitas harianmu yang pastinya aman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, sudahkah kamu mencapai financial freedom – kondisi keuangan yang diimpikan oleh banyak orang sekarang ini? Kalau belum, yuk segera lakukan 5 tips di atas untuk memudahkanmu, ya!

 

 

Featured Image – completecontroller.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!