Virus corona varian Omicron memang telah menjadi perhatian dunia selama beberapa waktu terakhir. Pasalnya, jenis varian tersebut paling mudah menular akibat memiliki jumlah mutasi yang lebih tinggi dibanding varian lainnya.

Selain itu, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, dikhawatirkan Delta yang pernah mendominasi kasus Covid-19.

Lantas, apakah kamu masih berniat untuk bepergian? Jika tidak mendesak, ada baiknya urungkan terlebih dahulu niat tersebut. Namun, kalau masih ingin melakukan perjalanan, yuk perhatikan berbagai hal penting berikut ini.

 

 

Batasi Mobilitas Selama Libur Akhir Tahun

Credit Image - idxchannel.com

Walaupun kasus infeksi varian baru B.11.529 – alias varian Omicron belum masuk ke Indonesia, tapi masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan tidak menganggap sepele peringatan dini penularan infeksi dari varian ini. 

Masyarakat diharapkan bisa membatasi pergerakan selama liburan akhir tahun ataupun tahun baru. Jika tidak benar-benar mendesak, kamu diminta untuk tidak banyak melakukan banyak aktivitas di luar rumah seperti berlibur, berwisata. 

 

Pengaturan Ketat Ketika Melakukan Perjalanan

Perjalanan non domestik dan domestik juga menjadi perhatian untuk bisa tetap waspada terhadap varian ini. Selain itu, masyarakat – dan juga pihak-pihak terkait disarankan untuk bisa memaksimalkan peraturan ketika perjalanan.

Seperti halnya sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap sebelum berangkat dan tidak lebih dari 7 bulan dari suntikan dosis kedua vaksin tersebut. Lalu, bagi orang dewasa berusia di atas 50 tahun – dan anak di bawah 12 tahun, sebaiknya tidak melakukan perjalanan terlebih dahulu, baik domestik maupun non-domestik selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Hal ini dikarenakan orang dengan usia lanjut memiliki faktor risiko keparahan jika terinfeksi, apalagi jika sebelumnya memiliki penyakit komorbid. Anak di bawah 12 tahun juga termasuk kelompok yang rentan terkena virus.

 

Memperketat Prokes di Tempat Publik

Credit Image - megapolitan.kompas.com

Tidak hanya masyarakat yang diminta untuk selalu waspada dalam menghindari varian Omicron. Kalau tempat-tempat umum yang sekiranya masih buka saat perayaan dua momen tersebut harus diperketat protokol kesehatannya. Untuk hal ini diperlukan pengawasan dari pemerintah. 

Di bawah ini hal-hal yang sekiranya harus dijaga oleh pemilik kawasan wisata, yaitu:

  • Memastikan bahwa seluruh staff dan karyawannya harus sudah divaksin
  • Kawasan ataupun tempat penginapan dan sejenisnya harus dalam keadaan yang bersih serta higienis
  • Seluruh pegawai harus menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan 5M

 

Penerapan Protokol Kesehatan di Transportasi

Saat menggunakan transportasi apapun itu, setiap orang harus sudah divaksin lengkap dan menjaga protokol kesehatan yang benar. Tidak hanya itu, pemilik jasa penyedia transportasi harus memastikan kendaraannya bersih. 

Untuk transportasi yang menggunakan sistem AC, maka harus menggunakan penyaring. Protokol kesehatan yang dilakukan meliputi memastikan seluruh penumpang sudah mendapatkan keterangan negatif dari Covid-19 dengan menggunakan Rapid Test Antigen atupun RT PCR. 

 

Hindari Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Credit Image - cnbc.com

Bagi yang sedang mengalami kondisi tidak enak badan maupun sakit, tidak disarankan untuk melakukan perjalanan jarak jauh terlebih dahulu. Ini juga termasuk pergi menggunakan transportasi pribadi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tubuh yang sedang rentan dari tertular virus corona.

Selain itu, perjalanan ke luar negeri juga sebaiknya ditunda dahulu. Pasalnya, varian Omicron sudah ditemukan di beberapa negara luar Indonesia. Misalnya, hindari bepergian ke Afrika, karena saat ini negara tersebut masih bergejolak dengan varian Omicron.

 

Patuhi Langkah Pencegahan, Kuatkan Pula Imunitas

Selain menjalani protokol kesehatan, agar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat membantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama, lho!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon-C, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah berbagai hal yang harus dijalani – dan juga diwaspadai selama musim libur Natal dan Tahun Baru. Bagi kamu yang tak memiliki urusan mendesak, ada baiknya tunda dahulu agenda bepergiannya, ya!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – popmama.com