Sejak awal pandemi Covid-19 berlangsung, mencuci tangan menjadi salah satu langkah pencegahan yang sangat disarankan. Tak hanya melindungi diri sendiri, tetapi cara tersebut juga dapat melindungi orang lain dari berbagai virus penyakit.

Seperti diketahui, tangan sering menjadi perantara penyebaran kuman dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh manusia. Jika dilakukan dengan benar, mencuci tangan efektif dalam mencegah penyebaran penyakit dan mengendalikan infeksi.

Tanpa disadari, hampir semua aktivitas melibatkan tangan, mulai dari memegang benda, pergi ke toilet, menyentuh wajah, hingga makan sekalipun menggunakan bagian tubuh tersebut. Dari sini, kuman bisa dengan mudah menyebar ke orang lain maupun masuk ke dalam tubuhmu, lho.

Lantas, sebenarnya kapan saja harus mencuci tangan? Dan apa saja langkah tepat dalam melakukannya? Simak informasinya berikut ini.

 

 

Waktu Tepat Mencuci Tangan

Credit Image - jovee.id

Mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin, terutama pada saat-saat tertentu dan aktivitas yang berisiko tertular dan menularkan kuman penyakit, merujuk laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit muntah atau diare
  • Sebelum dan sesudah merawat luka
  • Setelah buang air dari toilet
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang buang air di toilet
  • Setelah membuang ingus dan menutup hidung dan mulut usai batuk atau bersin
  • Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewan
  • Setelah menyentuh sampah

 

Langkah Mencuci Tangan yang Benar

Credit Image - tirto.id

Agar manfaat mencuci tangan bisa dirasakan secara maksimal, berikut ini sejumlah langkah tepat ketika melakukannya.

  • Basahi tangan dengan air mengalir, bisa menggunakan air dingin atau hangat suam-suam kuku
  • Tuangkan sabun khusus cuci tangan secukupnya di telapak tangan, lalu usapkan di seluruh bagian tangan sampai seluruhnya terkena sabun
  • Gosok-gosok telapak tangan
  • Lanjutkan dengan menggosok punggung tangan bagian kanan dan kiri
  • Kemudian gosokkan sabun di masing-masing jari, termasuk ke sela-sela jari. Sebab sela-sela jari merupakan salah satu tempat persembunyian kuman
  • Gosok bagian belakang jari dengan gerakan saling mengunci
  • Gosok ibu jari menggunakan tangan yang lain dengan gerakan memutar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari satunya.
  • Bersihkan bagian kuku dan ujung jari dengan gerakan menguncup
  • Bilas tangan dengan air mengalir selama 20 detik lalu keringkan dengan tisu atau handuk bersih sekali pakai

Jika sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan sabun dan air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan 60 persen alkohol untuk sementara waktu, sampai menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan dengan benar.

Akan tetapi, hand sanitizer tidak berarti menggantikan aktivitas mencuci tangan. Sebab hand sanitizer hanya membantu menghilangkan sebagian jenis kuman, kotoran, maupun minyak yang menempel pada tangan.

 

Maksimalkan Perlindungan dengan Langkah Lainnya

Credit Image - health.detik.com

Selain rutin mencuci tangan, selama pandemi perlindungan diri akan makin maksimal – ketika seluruh protokol kesehatan juga dilakukan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan juga ikut diterapkan.

Kemudian, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan tubuh, dengan menerapkan gaya hidup sehat – dimulai dari menjalani pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal.

Dan, tentunya kamu dianjurkan rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C – yang berfungsi mempertahankan imun tubuh, sehingga risiko terserang virus corona dapat diminimalisir.

Untuk suplemen Vitamin C, kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang punya kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Selain itu, direkomendasikan pula untuk minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

 Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, bagaimana, nih? Sekarang kamu sudah memahami waktu untuk mencuci tangan sekaligus langkah tepat melakukannya, ya. Mulai sekarang, yuk, rajin cuci tangan agar terhindar dari berbagai macam penyakit!
 


Featured Image – klikdokter.com

Source – cnnindonesia.com