Catat! Ini 5 Cara Agar Tidak Sakit Selama Pancaroba, Bikin Imun Makin Kuat

Catat! Ini 5 Cara Agar Tidak Sakit Selama Pancaroba, Bikin Imun Makin Kuat

Selama musim peralihan, biasanya sistem kekebalan tubuh cenderung menurun, sehingga risiko terserang penyakit pun semakin besar. Lalu, apa yang dapat dilakukan? Tenang, ada beragam cara agar tidak sakit di musim pancaroba yang bisa kamu terapkan, kok.

Pancaroba merupakan momen peralihan antara musim penghujan dan kemarau – sepertinya, kini, kita tengah berada di musim tersebut. Selama kondisi tersebut, cuaca terkadang mendung, hujan, berangin, atau bisa sangat panas.

Cuaca tidak menentu bisa mengundang bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh. Nah, agar kamu tetap sehat, berikut ini 5 cara agar tidak sakit yang direkomenasikan untuk dilakukan.

Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Tingkatkan Asupan Makanan Bergizi

Catat! Ini 5 Cara Agar Tidak Sakit Selama Pancaroba, Bikin Imun Makin Kuat

Credit Image - halodoc.com

Cara agar tidak sakit di musim pancaroba yang pertama, yakni meningkatkan asupan makanan bergizi. Makanan menjadi sumber energi dan nutrisi tubuh – yang bakal turut memengaruhi sistem kekebalan.

Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, nutrisi dari makanan, seperti vitamin C, zat besi, dan protein ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

 

#2 – Cukupi Kebutuhan Cairan

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan agar tidak sakit di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air setiap di musim pancaroba penting untuk mencegah sakit.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari, antara lain 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

 

#3 – Istirahat yang Cukup

Catat! Ini 5 Cara Agar Tidak Sakit Selama Pancaroba, Bikin Imun Makin Kuat

Credit Image - potensibisnis.pikiran-rakyat.com

Selanjutnya, cara agar tidak sakit di musim peralihan yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan, lho. Jika nutrisi dan air sudah tercukupi, maka kamu harus sempurnakan dengan tidur cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh untuk beristirahat.

Jika kamu sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuatmu jatuh sakit di musim pancaroba. Cobalah untuk mengatur kembali jam tidur dan bangun. Hindari aktivitas yang bisa mengganggu tidur, seperti main ponsel.

 

#4 – Rutin Berolahraga

Cuaca tidak menentu selama musim pancaroba mungkin membuat kamu malas untuk berolahraga. Apakah benar? Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan. Pasalnya, olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuh. Apalagi, jika kamu tidak ingin jatuh sakit di musim pancaroba.

Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan menjadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Tidak perlu memilih jenis latihan yang sulit, kamu bisa mencoba untuk lari, jogging, berjalan santai, maupun bersepeda.

 

#5 – Mencukupi Kebutuhan Vitamin C

Catat! Ini 5 Cara Agar Tidak Sakit Selama Pancaroba, Bikin Imun Makin Kuat

Credit Image - thespruceeats.com

Cara agar tidak sakit yang terakhir, yakni mencukupi kebutuhan vitamin C. Nutrisi yang satu ini penting untuk menjaga kekebalan, sehingga penyakit tidak mudah menyerang tubuh, lho. Nah, imunitas tubuh bisa didongkrak dengan rutin mendapatkan asupan vitamin C – yang bisa diperoleh dari buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, buah berries, dan nanas.

Tak hanya itu, vitamin C juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active, lho.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk perlindungan ekstra.

Dan, bagi yang memiliki lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, bagaimana? Sudahkah kamu rutin melakukan beragam cara agar tidak sakit selama musim peralihan di atas? Jika belum, yuk, terapkan mulai sekarang, ya!

 

 

Featured Image – jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!