Ketika sedang menurunkan berat badan, maka sayuran menjadi salah satu jenis asupan andalanmu. Benar, kan? Bukan hanya kandungan kalori yang rendah, tapi sayur memiliki kandungan nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tapi, biar makin maksimal, ternyata ada beragam jenis sayur yang bagus untuk diet yang dapat dikonsumsi rutin, lho. Ingat, diet bukan berarti pilihan makanan yang kamu konsumsi semakin dikit, melainkan memilih jenis makanan yang rendah kalori, kaya akan serat, serta tinggi vitamin dan mineral.

Nah, jenis makanan tersebut dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga kalori yang kamu konsumsi pun semakin dikit. Ini bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi sayur yang bagus untuk diet, ya. Apa saja sayuran yang dimaksud?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Bayam

Credit Image - health.kompas.com

Di dalam satu mangkuk atau sekitar 30 gram bayam mengandung 7 kalori dan mampu mencukupi 56 persen kebutuhan vitamin A harian kamu, lho.

Selain itu, sayur yang bagus untuk diet ini juga dilengkapi dengan kandungan vitamin lainnya, termasuk vitamin C, folat – atau vitamin B9, vitamin K, dan mineral berupa zat besi. Lalu, bayam pun dilengkapi beta karoten dan lutein, yaitu dua jenis antioksidan yang dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Untuk mengolahnya, kamu dapat menumis bayam bersama bawang putih dan cabe atau paprika merah, lalu beri sedikit perasan lemon untuk menikmati hidangan bayam ala Italia. Atau, bayam juga dapat ditambahkan sebagai campuran salad, pasta, atau sajian lainnya.

 

Brokoli

Nah, tahukah kamu bahwa brokoli juga termasuk dalam sayur yang bagus untuk diet? Ya, brokoli pun kerap menjadi menu pilihan ketika sedang menurunkan berat badan, lho. Dengan mengonsumsi 90 gram brokoli, kamu bisa memenuhi asupan harian vitamin C, vitamin K, folat, dan kalium. Brokoli juga tinggi kandungan serat dan kalsium yang penting untuk diet.

Sayur yang tampak seperti pohon ini dapat dikonsumsi dengan cara dikukus dan ditumis. Atau, kamu bisa menambahkan saus tiram atau saus ikan pada brokoli yang telah dimasak untuk mendapatkan cita rasa umami. Cara mengolahnya mudah, kan?

 

Selada

Credit Image - grid.id

Sudah tak diragukan, selain kedua jenis sayur yang bagus untuk diet di atas, selada juga kerap menjadi sayur andalan ketika sedang diet. Selada merupakan salah satu sayuran untuk diet yang rendah karbohidrat, lho.

Di dalam 47 gram selada mengandung 2 gram karbohidrat. Selain itu, selada juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta folat. Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, selada tidak hanya diketahui bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

 

Kol

Meski warnanya tampak lebih pucat dibandingkan sayur hijau lainnya, kol merupakan sumber nutrisi yang baik. Tidak percaya?

Sayur yang bagus untuk diet satu ini punya kandungan tinggi antioksidan, seperti vitamin C yang memiliki peran penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kol juga diketahui dapat menurunkan risiko terkena kanker seperti kanker lambung.

Dalam 90 gram kol terdapat 3 gram serat serta mampu memenuhi 54 persen kebutuhan vitamin C harian dan 85 persen kebutuhan vitamin K harian. Kol dapat disajikan sebagai salad atau ditumis – tinggal disesuaikan dengan seleramu saja, ya!

 

Kembang Kol

Credit Image - greengiant.com

Sekilas kembang kol hampir mirip dengan brokoli, hanya saja berbeda warna. Sayur yang bagus untuk diet ini punya kandungan karbohidrat rendah, sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti kentang atau nasi. Bahkan, studi menunjukkan bahwa konsumsi kembang kol dapat menurunkan berat badan.

Kembang kol mengandung serat, vitamin K, vitamin C, kalium, dan folat. Sayuran ini juga diketahui dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Nah, kamu dapat mengolah kembang kol dengan cara dikukus atau ditumis sebentar.

 

Selama Diet, Tetap Pastikan Kebutuhan Vitamin Sudah Terpenuhi!

Selain mengonsumsi deretan sayur yang bagus untuk diet di atas, yang tak kalah pentingnya dalam menurunkan berat badan, yakni pastikan kebutuhan vitamin dan mineral sudah terpenuhi, ya. Hal ini akan membantu tubuhmu tak gampang lemas ketika beraktivitas.

Selain dari asupan bernutrisi, maksimalkan kebutuhan vitamin dan mineral dengan rutin mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Jadi, apakah kamu sedang dalam program penurunan berat badan? Untuk membantumu, yuk, coba konsumsi sejumlah sayur yang bagus untuk diet di atas. Tak hanya rendah kalori saja, tapi pastinya deretan asupan tersebut kaya akan nutrisi baik!

 

 

Featured Image – eatthismuch.com