Beberapa waktu terakhir, kasus positif Covid-19, termasuk Indonesia sudah mulai melandai. Sehubungan dengan kondisi tersebut, pemerintah pun mulai melonggarkan berbagai kebijakan mobilitas, seperti aturan bepergian.

Namun, penggunaan masker masih wajib dilakukan. Diketahui, sejak pandemi, menggunakan masker menjadi salah satu syarat wajib bagi siapapun yang melakukan aktivitas di luar rumah.

Meski kasus sudah menurun, bahkan di beberapa negara sudah ada yang menerapkan kebijakan bebas masker, namun masyarakat Indonesia masih direkomendasikan memakai masker. Tapi, mengapa demikian?

Berikut ini alasannya!

 

 

Masker Masih Harus Digunakan

Credit Image - tribunnews.com

Sejak pandemi Covid-19, menggunakan masker jadi salah satu syarat wajib bagi siapapun yang akan melakukan aktivitas di luar rumah. Penggunaan masker bertujuan untuk menyelamatkan diri sendiri dan juga orang lain, dari penyebaran virus Covid-19 termasuk varian barunya yakni Omicron.

Meski kini tren kasus sedang menurun, namun penggunaan masker masih sangat diwajibkan. Dilansir dari Detik, Ketua Satgas IDI Prof Zubairi Djoerban menegaskan walau pandemi sudah berjalan dua tahun – dan kasus terus menurun, tetapi masker tetap menjadi langkah penting dalam pencegahan penularan virus.

Penting diingat bahwa tetap ada kelengahan yang sering terjadi yang membuat risiko terpapar Covid-19 masih tinggi. Masih banyak yang memakai masker dengan cara yang salah, dengan membiarkan adanya celah dan tak pas di wajah.

Selain percepatan vaksinasi lengkap dan booster, masyarakat juga diharapkan tetap memperketat memperketat protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 meluas.
 

Cara Memakai Masker yang Tepat

Credit Image - tirto.id

Hingga kini, aturan bebas masker masih belum akan diterapkan di Indonesia. Untuk itu, pastikan kamu tetap memakai masker secara tepat.

Ingat, efektivitas penggunaan masker tentunya tidak terlepas dari bagaimana caramu menggunakannya. Untuk itu selain menggunakan masker sesuai dengan yang direkomendasikan, dirimu dan keluarga juga harus memastikan masker digunakan dengan baik dan benar.

Berikut ini cara menggunakan masker yang baik dan benar menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO):

  • Pastikan kamu membersihkan tangan sebelum menggunakan masker, sesudah melepaskannya, dan setelah menyentuhnya setiap saat.
  • Pastikan masker menutupi hidung, mulut dan dagu.
  • Setelah menggunakan masker medis, lepaskan dan simpan masker bekas ke dalam kantong plastik bersih kemudian buang ke tempat sampah.
  • Setelah menggunakan masker kain, pastikan masker dicuci setiap hari.
  • Hindari penggunaan masker dengan katup.

 

Terapkan Prokes Secara Lengkap dan Jaga Kekebalan Tubuh Untuk Hindari Penularan Virus

Credit Image - halodoc.com

Selain menggunakan masker, beragam upaya lainnya juga perlu turut diterapkan untuk menghindari penyebaran virus corona. Bagaimana caranya? Pastikan kamu rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan kurangi bepergian – kecuali karena hal penting.

Lalu, jaga terus kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini bisa dioptimalkan dengan minum multivitamin dari Enervon setiap hari yang dapat bantu tingkatkan imun tubuh.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi yang menginginkan perlindungan ekstra, bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi masyarakat yang sudah sering beraktivitas di luar rumah!

Selain itu, direkomendasikan pula untuk minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Jadi, itulah alasan mengapa penggunaan masker masih dianjurkan, yakni untuk melindungi diri dan orang di sekitar dari paparan Covid-19. Yuk, terus patuhi protokol kesehatan dan jaga kekebalan tubuh untuk menghindari risiko penularan virus!

 

 

Featured Image – cnbc.com

Source – detik.com