Agar tubuh kuat berpuasa seharian, kamu membutuhkan asupan nutrisi yang tepat ketika sahur. Nah, menu sahur simple pengganti nasi cocok dijadikan sebagai alternatif, lho. Nasi memang menjadi makanan sehari-hari, tapi tak sedikit orang yang bosan dengan menu tersebut.

Lantas, apa saja sih menu sahur simple yang dapat digantikan sebagai pengganti nasi? Berikut ini deretan sumber karbohidrat yang dapat kamu coba. Yuk, segera simak informasi selengkapnya sampai habis!

 

 

Ubi Jalar

Credit Image - alodokter.com

Sama halnya dengan nasi, ubi jalar termasuk makanan yang relatif mengenyangkan.Jenis umbi-umbian satu ini disinyalir lebih menyehatkan ketimbang kentang karena mengandung kalori lebih sedikit. Bahkan ubi jalar disebut tak mengandung lemak sama sekali.

Kamu dapat menjadikan ubi jalar sebagai pengganti nasi saat sahur. Untuk mengola menu sahur simple yang satu ini, kamu pun bisa memasak ubi jalar dengan cara dikukus atau pun direbus – tergantung keinginanmu, ya.

 

Jagung

Menu sahur simple berikutnya yang bisa dijadikan pengganti nasi, yakni jagung. Sumber karbohidrat yang satu ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang mulai bosan sahur dengan menu utama nasi. Pasalnya jagung lebih bernutrisi dibanding nasi. 

Untuk mengolahnya, kamu bisa merebus jagung untuk dinikmati saat sahur, namun kalau belum terbiasa, maka cobalah bisa mencampurkan beberapa genggam jagung yang telah digiling kasar lalu masak bersamaan dengan beras.

 

Oatmeal

Credit Image - cnnindonesia.com

Diketahui, oatmeal adalah menu yang kerap dikonsumsi kala diet namun menu ini juga bisa kamu nikmati saat sahur jika sudah bosan dengan nasi. Meski kerap dikonsumsi saat diet oatmeal sesungguhnya memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin, antioksidan serta mineral, lho.

Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan beta-glutan yang dipercaya dapat memberikan efek kenyang ketika dikonsumsi. Jadi menu sahur simple yang satu ini bisa membantumu kenyang lebih lama saat berpuasa.

 

Nasi Merah

Pengganti nasi putih lainnya adalah nasi berwarna. Nasi berwarna adalah nasi yang dibuat dari jenis beras yang berwarna seperti beras merah, beras coklat atau beras hitam.

Menurut berbagai sumber, nasi merah atau nasi berwarna lainnya lebih sehat bila dibandingkan dengan beras putih. Pasalnya beras berwarna memiliki lebih banyak serat dan lebih sedikit bahan kimia. Untuk sahur, kamu cukup mengonsumsi beras merah bersama lauk pauk favorit.

 

Singkong

Credit Image - popbela.com

Mungkin kamu sudah sering menikmati keripik singkong, tapi tahukah kamu bahwa singkong pun dapat menjadi pengganti nasi? Tidak hanya itu, lho, bahkan singkong disebut memiliki karbohidrat yang tinggi bahkan kompleks. Hal ini membuat singkong lebih sehat daripada nasi.

Sama halnya dengan ubi jalar, kamu bisa menikmati singkong dengan cara direbus atau dikukus. Ini bisa menjadi menu sahur simple yang mengenyangkan – dan membuatku kuat berpuasa seharian penuh sembari melakukan aktivitas.

 

Roti Gandum

Jika menikmati ubi di saat sahur terlalu berat untukmu, maka pilihan lain jatuh pada roti gandum. Selain mengenyangkan, roti gandum juga kaya akan serat dan karbohidrat sehingga tubuh akan tetap bertenaga saat puasa seharian.

Kamu dapat mengolah roti gandum sebagai sandwich yang ditambahkan dengan isian sayuran dan daging.

 

Jaga Energi Selama Puasa, Konsumsi Pula Vitamin B Kompleks

Credit Image - jovee.id

Ketika berpuasa, selain mengonsumsi menu sahur simple pengganti nasi di atas agar tubuh tidak gampang terasa lemas – kamu juga penting untuk mengonsumsi vitamin dan mineral, termasuk vitamin B kompleks, lho.

Perlu diketahui, vitamin B berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C atau Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit. Biar maksimal, konsumsi Enervon-C maupun Enervon Active dua kali sehari ketika sahur dan berbuka jika diperlukan.

 

Jadi, itulah deretan menu sahur simple pengganti nasi yang dapat kamu konsumsi di bulan Ramadan ini. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image – ceklist.id