Ketika hari raya Idul Fitri tiba, setiap orang pasti ingin menikmati santapan yang tersedia. Mulai dari ketupat, opor ayam, hingga makanan bersantan lainnya memang sulit untuk dihindari, ya. Tapi ingat, konsumsi hidangan Lebaran boleh saja, asal jangan berlebihan!

Selama satu bulan Ramadan, tubuh sudah menyesuaikan waktu makan – dan perubahan kembung maupun gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, mengonsumsi menu Lebaran berlebihan juga bisa menaikkan berat badan secara drastis. Jadi, jangan kaget kalau jarum timbangan tiba-tiba mengarah ke kanan, ya. Untuk menyiasatinya – dan tentunya membuat tubuh tetap sehat selama Lebaran, yuk, simak tips di bawah ini!

 

 

Prioritaskan Konsumsi Sayur

Credit Image - masakapahariini.com

Ini bukan berarti kamu dan keluarga diminta untuk memakan sayuran saja saat lebaran, lho. Hal tersebut tentu mustahil karena lebaran adalah waktu berkumpulnya makanan lezat yang membuat kita kalap makan. Padahal, kita tetap harus membatasinya agar pencernaan tetap bagus.

Cara terbaik untuk mengendalikan dan mengurangi nafsu makan adalah dengan konsumsi sayuran lebih dahulu. Awali asupan dengan semangkuk salad atau tumis sayuran. Makanan ini mengandung nutrisi penting dan serat yang membuat kamu merasa kenyang sehingga tidak masalah menikmati sedikit makanan berkalori tinggi.

 

Hindari Minuman Bersoda dan Tinggi Gula

Mungkin beberapa orang ingin minuman yang mengandung soda saat lebaran karena selama berpuasa jarang atau bahkan hampir tidak meminumnya.

Minuman bersoda dipenuhi dengan gula dan tidak bermanfaat bagi tubuh. Dan minuman dengan gula buatan tambahan cenderung meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini, akan membuat badan lebih cepat lemas karena kadar gula darah yang tidak stabil.

Tambahan lagi, kue-kue baik kering maupun basah, puding, dan permen yang biasanya tersedia juga mengandung gula. Jadi, bayangkan berapa banyak gula yang akan masuk ke tubuhmu? Untuk mengurangi minuman manis, selingi dengan air putih yang membantu tetap terhidrasi serta membuat kadar glikogen kembali normal setelah sebulan berpuasa.

 

Kontrol Porsi Makan

Credit Image - kompas.com

Mengontrol porsi sangat penting saat menyantap beragam hidangan lebaran, tentunya jika kamu ingin berat badan tetap terkendali. Jangan menumpuk makanan dalam satu piring.

Ketika terus menambahkan makanan ke piring, kamu ditekan untuk menghabiskannya agar tidak mubazir. Lalu, bagaimana dengan makanan kedua, makanan ketiga, dan seterusnya? Tidak mungkin semua masuk perut, kan?

Cara terbaik untuk mencicip semua hidangan adalah mengambil sedikit porsi setiap makanan. Mungkin bisa diselingi mengobrol dengan sanak saudara, sehingga lebih berkonsentrasi pada percakapan daripada makanan.

 

Berhenti Setelah Kenyang

Beragam masakan lebaran yang tersedia di atas meja makan membuat kita sulit beranjak dari sana. Kamu dan keluarga boleh makan hidangan yang tersedia asalkan tidak berlebihan. Kadang, kita hanya lapar mata sehingga ingin semua dicoba.

Ingat, ketika kamu sudah merasa kenyang, itu adalah tanda untuk berhenti. Perut yang tidak lagi siap menampung makanan akan mengirimkan sinyal ke otak sehingga kita tidak lagi menjejali diri dengan makanan tersebut.

Perhatikan sinyal yang diberikan tubuh – dan jangan diabaikan! Sinyal itu memberitahu bahwa kamu sudah benar-benar telah menikmati makanan yang merupakan bagian dari perayaan lebaran. Setelah itu, segera tinggalkan meja dan jauhi makanan. Jangan berlama-lama di dekat makanan karena hanya membuat kembali lapar mata.

 

Berjalan Santai

Credit Image - liputan6.com

Setelah melahap makanan dan minuman enak yang mengandung kalori tinggi, lemak jahat, dan penuh gula, sebaiknya kamu dan keluarga berjalan santai atau berolah raga ringan di sekitar rumah.

Pergi jalan-jalan atau berolahraga membuat tubuh merasa segar, rileks, dan bahagia. Jalan kaki dan berolahraga secara rutin dapat melepaskan hormon-hormon baik yang secara positif memengaruhi suasana hati dan membantu mengatur nafsu makan.

Selain itu, olahraga dapat mencegah penyakit dan membuatmu merasa lebih energik. Ini akan membantu mengurangi rasa bersalah setelah menghabiskan beberapa piring ketupat yang dibarengi sayur dan lauk bersantan.

 

Tetap Lengkapi Kebutuhan Vitamin dengan Konsumsi Suplemen

Ingin kesehatan makin optimal di momen Lebaran? Pastikan kamu juga sudah mencukupi kebutuhan vitamin harian yang dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen.

Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C tablet mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kemudian, kandungan Vitamin B Kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi – dapat diubah menjadi sumber energi. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lemas ya!

Nah, untukmu yang ingin perlindungan ekstra – direkomendasikan minum Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Dan, bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif disarankan mengonsumsi Enervon Active, yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk membantu jaga stamina agar tidak mudah lelah – serta menjaga daya tahan tubuh.

 

Biar tubuh tetap sehat selama Lebaran, pastikan kamu sudah menerapkan sejumlah tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – blog.jaco.co.id