Saat ini, penyakit Hepatitis Akut tengah melanda dunia. Bahkan, masalah kesehatan yang satu ini pun sudah berhasil masuk ke Indonesia. Hepatitis Akut misterius umumnya menyerang anak-anak, untuk itu, orangtua mesti semakin waspada.

Untuk mengetahui asal mula penyakit Hepatitis ini, Kementerian Kesehatan masih terus melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap – dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab Hepatitis Akut.

Guna menghindari risiko penyakit yang menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan satu ini, berikut cara mencegahnya.

 

 

Cara Mencegah Tertular Hepatitis Akut

Credit Image - popmama.com

Untuk mencegah risiko infeksi Hepatitis Akut, orangtua disarankan agar meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pencegahan. Adapun langkah awal yang bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Mencegah penularan Hepatitis Akut dari saluran pencernaan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak dari orang yang sakit.

Sementara itu, untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernapasan, hal ini bisa dilakukan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Dan, upaya lainnya yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan Hepatitis Akut adalah memastikan orangtua memiliki pemahaman mengenai gejala awal penyakit misterius yang satu ini.

 

Gejala Awal Hepatitis Akut

Secara umum gejala awal penyakit Hepatitis Akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, dan kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna gelap.

Orangtua pun diimbau agar segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, untuk mendapatkan diagnosis awal jika anak mengalami gejala-gejala tersebut.

Jadi, jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi Hepatitis sudah sangat berat. Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, maka momentum dokter untuk menolong pasien sangat kecil.

 

Hingga Kini, Penyebabnya Masih Belum Diketahui

Credit Image - suara.com

Hepatitis Akut ini dibilang misterius sebab penyebab dari penyakit tersebut masih belum diketahui. Pemeriksaan laboratorium diluar negeri telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Meski belum diketahui pasti penyebab penyakit Hepatitis Akut pada Anak, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI Hanifah Oswari menyebutkan dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV.

 

Cegah Hepatitis Akut, Kuatkan Imunitas Anak

Yang tidak kalah pentingnya dalam mencegah Hepatitis Akut misterius, selain menjaga kebersihan diri, pastikan anak sudah menerapkan hidup sehat yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuhnya. Jika imunitas sudah kuat, maka risiko terkena penyakit bisa diminimalisir.

Ajari anak untuk mendapat asupan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, dan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral – misalnya, dengan memberi asupan multivitamin.

Berikan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan kandungan vitamin tersebut mampu menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya, memelihara kesehatan tulang dan gigi, sekaligus meningkatkan nafsu makan Si Kecil.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Penyakit Hepatitis Akut misterius memang bisa berdampak fatal apalagi jika anak tidak segera mendapat pertolongan pertama. Terus jaga kebersihan diri dan kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit berbahaya.

 

 

Featured Image – skanaa.com

Source – idntimes.com