Buah merupakan salah satu jenis makanan yang digemari, karena bukan hanya rasanya yang nikmat, namun buah juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Kamu memang direkomendasikan mengonsumsi buah-buahan setiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh.

Nah, setiap buah pun punya kandungan gizi dan manfaat yang berbeda-beda, lho. Berikut ini daftar buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi, termasuk buah-buahan yang paling sehat. Apa saja jenis buah yang dimaksud?

Berikut ulasannya.

 

 

Apel

Credit Image - agro-market24.eu

Apel termasuk buah sehat yang bisa dikonsumsi saat diet ketat. Buah ini mengandung banyak serat sehingga bisa membuat kamu kenyang tahan lama. Selain itu, apel rendah kalori jadi tidak usah khawatir asupan kalori akan melonjak. Makan buah apel juga baik untuk otak serta jantung Anda.

Studi terbitan Critical Reviews in Food Science and Nutrition (2020) menemukan bahwa mengonsumsi 100–150 gram apel per hari berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi, peradangan, serta kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, apel membantu meningktakan kadar kolesterol baik sekaligus menjaga fungsi selaput jantung. Manfaat ini didapatkan dari senyawa flavonoid dan serat apel. Kandungan flavonoid juga bantu cegah penyakit demensia yang kerap kali menyerang orang yang lanjut usia.

 

Nanas

Rasanya yang asam manis membuat nanas cocok untuk hidangan penutup setelah makan. Atau juga bisa dijadikan camilan sehat pada siang hari. Tak hanya rasanya yang enak, buah ini ternyata mengandung zat yang bersifat antiradang. Ini membantu kamu untuk menurunkan risiko penyakit infeksi.

Nanas juga mengandung enzim bromelain. Enzim ini berpotensi membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Bromelain juga merupakan agen antiradang yang bisa mengurangi bengkak serta memperbaiki lapisan organ yang rusak dengan lapisan yang baru.

 

Jambu Biji

Credit Image - awani.com

Jambu biji sudah terkenal jadi salah satu buah sehat untuk pasien demam berdarah. Hal ini dikarenakan buah sehat ini bantu menaikkan kadar trombosit. Beberapa penelitian ternyata sudah membuktikan hal ini.

Jambu biji mengandung polisakarida sulfat, flavonoid, quercetin dan senyawa chalcone alami. Senyawa ini bisa merangsang produksi trombosit sehingga baik bagi Anda yang sedang mengalami demam berdarah.

Selain itu, kandungan vitamin C jambu biji sangat tinggi, yaitu sekitar 90 mg per 100 gram buah. Jadi, konsumsi 2 buah (kurang lebih 100 gram) jambu biji bisa memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C harian kamu.

 

Pisang

Kamu bisa mengandalkan buah pisang yang sehat sebagai salah satu sumber karbohidrat. Ya, si buah kuning ini punya kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Selain itu, pisang punya mineral kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Kalium akan membantu mengeluarkan kadar natrium berlebih di tubuh melalui urine. Jika kamu mengonsumsi asupan tinggi natrium, kamu rentan mengalami hipertensi yang bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit jantung.

Pisang juga baik untuk meredakan diare. Pasalnya, buah sehat yang menjadi sumber serat ini baik untuk memadatkan feses. Jadi, tekstur feses tidak lagi cair seperti saat diare.

 

Semangka

Credit Image -thepioneerwoman.com

Semangka adalah buah sehat yang kaya air. Dalam 100 gram semangka, kandungan airnya sebesar 91,4 gram. Artinya, sebanyak lebih dari 91% kandungan semangka terdiri dari air. Kandungan air tentunya diperlukan untuk mengatasi kekurangan cairan yang bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

Ketika dehidrasi, kamu pun rentan mengalami ketidakseimbangan elektrolit. Nah, semangka pun membantu mengembalikan kadar elektrolit di dalam tubuh. Elektrolit adalah mineral yang memiliki muatan listrik dan berperan penting untuk menjaga kinerja tubuh agar tetap optimal.

Beberapa jenis elektrolit yang terkandung di dalam semangka, yakni:

  • Natrium
  • Kalsium
  • Kalium
  • Klorida
  • Fosfat
  • Magnesium

Ya, bisa dikatakan bahwa sejumlah buah-buahan di atas punya kandungan vitamin yang bisa berperan sebagai antioksidan serta anti-inflamasi untuk menghindari terjadinya peradangan di dalam tubuh. Agar kebutuhan vitamin bisa terpenuhi secara maksimal, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap.

Rutin konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Itulah deretan buah paling sehat yang dapat dikonsumsi tubuh – dan tentunya kaya akan nutrisi. Yuk, dikonsumsi secara rutin!

 

 

Featured Image – euronews.com

Source – hellosehat.com