Yuk, Latih Motorik Halus Si Kecil, Deretan Kegiatan Ini Bisa Membantu, Lho!

Yuk, Latih Motorik Halus Si Kecil, Deretan Kegiatan Ini Bisa Membantu, Lho!

Moms dan dads, memaksimalkan kemampuan motorik halus adalah hal yang dapat mendukung kesuksesan tumbuh kembang Si Kecil. Untuk itu, diperlukan berbagai aktivitas yang dapat merangsang kemampuan tersebut, termasuk melakukan permainan, lho.

Beragam aktivitas tepat dapat membantu merangsang motorik halus agar otot kecil, mata, dan tangan Si Kecil dapat berkoordinasi dengan baik. Lantas, apa saja sejumlah aktivitas yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak?

Berikut informasi yang patut untuk moms dan dads simak, ya!

 

 

Menyobek Kertas

Yuk, Latih Motorik Halus Si Kecil, Deretan Kegiatan Ini Bisa Membantu, Lho!

Credit Image - dream.co.id

Kegiatan pertama yang dapat membantu memaksimalkan perkembangan motorik halus Si Kecil adalah menyobek kertas. Kumpulkan semua kertas bekas yang ada di rumah. Ajak menyobek kertas satu persatu. Mulailah dengan sobekan besar dan lanjutkan dengan menyobeknya menjadi bagian-bagian kecil.

Kumpulkan sobekan dalam sebuah wadah yang sudah diberi air. Ajak Si Kecil untuk meremasnya dengan kuat. Nah, moms dan dads, aktivitas merangsang motorik halus ini sangat baik untuk menguatkan otot jari-jari anak, lho.

 

Menggunting

Aktivitas merangsang motorik halus dengan gunting dapat melatih otot tangan Si Kecil. Selain itu, aktivitas ini meningkatkan keterampilan motorik visual, membantu dirinya mengenal arah, membantu jari anak bergerak secara mandiri, serta dapat melatih fokus dan konsentrasinya.

Tak perlu khawatir untuk menggunakan gunting yang tajam, ingatkan padanya bahwa ia dapat menggunakan gunting saat bersama orang dewasa dan gunting hanya digunakan untuk memotong kertas.

 

Finger Painting

Yuk, Latih Motorik Halus Si Kecil, Deretan Kegiatan Ini Bisa Membantu, Lho!

Credit Image - kumparan.com

Kegiatan berikutnya yang dapat membantu mengoptimalkan motorik halus Si Kecil adalah aktivitas finger painting. Dikutip dari Nourishing Our Children, dokter Elsie Calitz mengatakan bahwa terdapat banyak sekali keuntungan dari aktivitas merangsang motorik halus yang satu ini.

Misalnya seperti Si Kecil belajar secara informal tentang mencampur dan mengeksplorasi warna, koordinasi mata dan tangan, serta memperkuat otot jari dan tangannya. Aktivitas yang satu ini terdengar menyenangkan, ya, moms dan dads?

 

Kegiatan Mengutip

Motorik halus anak bisa dikembangkan dengan kegiatan mengutip – atau memungut benda kecil satu demi satu juga merupakan aktivitas merangsang motorik halus yang baik. Khususnya untuk membantu memperhalus gerakan menjepit dengan kedua jarinya.

Menurut Christina Johns, M.D., seorang dokter anak dan penasihat medis senior di PM Pediatrics Urgent Care mengatakan bahwa bekerja dengan tangan anak – dan mempraktikkan gerakan serta aktivitas berulang dapat membantu anak untuk fokus dan disiplin.

 

Mewarnai

Yuk, Latih Motorik Halus Si Kecil, Deretan Kegiatan Ini Bisa Membantu, Lho!

Credit Image - femina.co.id

Saat mewarnai, Si Kecil harus menggenggam spidol, krayon, atau pensil warna yang ia gunakan. Kemudian ia menggerakan pergelangan tangan serta memperkuat genggamannya agar alat mewarnainya tidak lepas.

Jika dilakukan secara rutin, maka kekuatan motorik Si Kecil akan semakin kuat. Selain itu, mewarnai juga dapat melatih imajinasi serta koordinasi yang baik antara mata dan tangannya.

 

Jangan Lupa, Tetap Penuhi Kebutuhan Nutrisi untuk Dukung Pertumbuhan Anak!

Melakukan berbagai langkah untuk mendukung kemampuan motorik halus Si Kecil – memang perlu dilakukan. Selain itu, moms dan dads juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, agar pertumbuhannya semakin optimal.

Moms dan dads disarankan melakukan sejumlah hal berikut ini:

  • Penuhi kebutuhan nutrisi anak sehari- hari. Pastikan ia mendapat makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Perhatikan asupan cairan anak. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah – kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup yang memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

Moms dan dads, itulah deretan aktivitas yang dapat membantu mengoptimalkan motorik halus Si Kecil. Yuk, mulai diterapkan!

 

 

Featured Image – mediaindonesia.com

Source – orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!