Catat! Ini 7 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Usia Emas

Catat! Ini 7 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Usia Emas

Tak perlu diragukan lagi, omega-3 merupakan jenis nutrisi yang dapat mendatangkan banyak manfaat baik, terlebih lagi jika rutin dikonsumsi oleh individu yang memasuki usia 50 tahun ke atas – atau usia emas.

Jenis asam lemak sehat yang satu ini tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak, tetapi juga bisa mengurangi risiko kanker. Tapi, agar manfaatnya terasa, pastikan omega-3 tidak dikonsumsi secara berlebihan, ya.

Nutrisi yang satu ini bisa ditemui pada banyak makanan laut, seperti ikan tuna, salmon, tongkol, dan sarden. Selain itu, ada pula telur, minyak kanola, minyak zaitun, kacang kedelai, dan biji-bijian yang juga termasuk sumber makanan kaya asam lemak sehat.

Omega-3 memang dikenal sebagai asupan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk di usia emas. Berikut 7 manfaat yang bisa diperoleh dari rutin mengonsumsi nutrisi tersebut.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Catat! Ini 7 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Usia Emas

 Credit Image - joss.co.id

Omega-3 yang diperoleh dari makanan atau suplemen dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Efek ini membuat omega-3 baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol.

Omega-3 memang bisa sedikit meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), tetapi efek ini tidak terlalu signifikan terhadap kesehatan jantung, kok! Justru, dengan rutin mengonsumsi nutrisi ini, maka aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar – dan efek ini tentu baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, asupan lemak sehat yang cukup juga diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

 

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit, seperti flu, bahkan Covid-19, lho!

 

3. Menurunkan Risiko Kanker

Catat! Ini 7 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Usia Emas

Credit Image - timesindonesia.co.id

Manfaat omega-3 selanjutnya bagi usia emas adalah risiko kanker yang menurun. Nutrisi ini memiliki sifat antiradang dan antikanker. Beberapa riset menunjukkan bahwa omega-3 dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker pankreas, dan kanker payudara.

Meski demikian, manfaat yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Untuk mengurangi risiko terkena kanker, kamu tetap disarankan untuk menjalani hidup sehat, seperti berhenti merokok, menghindari konsumsi minuman beralkohol, rutin berolahraga, dan menjalani pola makan sehat, ya!

 

4. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Agar tetap sehat dan mampu berfungsi dengan baik, maka jaringan saraf dan otak membutuhkan asupan nutrisi yang memadai. Nah, salah satu nutrisi yang baik untuk menjaga kinerja otak, yaitu asam lemak sehat omega-3.

Asupan ini diketahui baik untuk membantu memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer yang rentan dialami ketika memasuki usia emas.

 

5. Memelihara Kesehatan Mata

Catat! Ini 7 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Usia Emas

Credit Image - hellosehat.com

DHA merupakan struktur lemak utama pada retina mata. Kurangnya asupan DHA dapat menyebabkan berbagai gangguan mata dan penyakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula. Oleh karena itu, usia emas perlu rutin mencukupi asupan omega-3 untuk memelihara fungsi dan kesehatan mata.

 

6. Menguatkan Tulang dan Sendi

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 dapat meningkatkan kekuatan tulang. Dengan demikian, omega-3 dapat mencegah risiko terjadinya osteoporosis. Selain itu, omega-3 yang memilik efek antiradang juga baik untuk mencegah dan mengatasi nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis.

 

7. Menjaga Kesehatan Mental

Catat! Ini 7 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Usia Emas

Credit Image - republika.co.id

Manfaat omega-3 diketahui baik untuk kesehatan otak. Tak hanya itu, nutrisi ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental, sehingga dapat memperbaiki suasana hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang cukup mendapatkan asupan omega-3 memiliki risiko lebih rendah terkena gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

 

8. Tips Memenuhi Kebutuhan Omega-3 Bagi Usia Emas

Kalau kamu sudah mengetahui deretan manfaat omega-3, maka jangan sampai lewatkan asupannya setiap hari, ya. Nutrisi yang satu ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Namun, jika dirasa asupan omega-3 masih kurang, usia emas pun direkomendasikan untuk mencukupinya dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung asam lemak sehat tersebut.

Tak perlu bingung, ya, dalam memilih multivitamin lengkap untuk usia emas, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung deretan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan di usia lanjut.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, sudah pasti Enervon Gold memiliki kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Nah, multivitamin andalan usia emas yang satu ini sudah dapat diperoleh di sini, ya!

 

Wah, ternyata omega-3 punya segudang manfaat baik untuk menjaga kesehatan usia emas, ya? Untuk mendapatkan keuntungan di atas, pastikan asupan nutrisi yang satu ini sudah terjaga dengan baik!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!