Ini Manfaat Vitamin C Bagi Usia Emas dan Tanda Kekurangannya

Ini Manfaat Vitamin C Bagi Usia Emas dan Tanda Kekurangannya

Sudah bukan rahasia kalau mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tidak memandang usia. Ini berlaku bagi kamu – maupun anggota keluarga yang memasuki usia emas, atau 50 tahun ke atas. Pasalnya, kedua mikronutrien tersebut dapat membantu tubuh tetap sehat, lho.

Dari sekian banyaknya jenis vitamin dan mineral, vitamin C menjadi yang utama untuk dipenuhi asupan hariannya. Bagaimana kalau gagal memenuhi kebutuhan nutrisi ini? Maka, jangan heran kalau di usia emas kamu malah mudah terserang penyakit!

Berikut ini deretan manfaat vitamin C untuk menjaga kesehatan usia emas, tanda kekurangannya, serta tips tepat untuk mengonsumsinya. Simak informasinya sampai habis, yuk, jangan sampai ada yang terlewat!

 

 

Pentingnya Vitamin untuk Usia Emas

Ini Manfaat Vitamin C Bagi Usia Emas dan Tanda Kekurangannya

Credit Image - hellosehat.com

Vitamin merupakan komponen nutrisi yang perlu dipenuhi setiap orang. Tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk menjalani fungsinya dengan baik dan bekerja sebagaimana mestinya.

Sama seperti manusia pada umumnya, kebutuhan dan manfaat vitamin juga berlaku bagi usia emas, lho. Jangan salah, meski umur semakin bertambah, lantas kamu malah acuh dengan kebutuhan nutrisi harian. Tapi ingat, jangan sampai asal konsumsi vitamin – atau memasukkan semua vitamin ke dalam tubuh, ya!

Biasanya, usia emas direkomendasikan untuk memperbanyak konsumsi vitamin C – berperan menjaga kekebalan, vitamin B kompleks – yang mendukung metabolisme, lutein untuk menjaga kesehatan mata, asam folat – untuk menjaga kesehatan jantung, serta omega-3 yang dapat mempertahankan fungsi kognitif dan mengurangi risiko kehilangan memori.

 

Peran Vitamin C dalam Menjaga Kesehatan Usia Emas

Sebagaimana orang dewasa muda dan anak-anak, usia emas juga tentu saja membutuhkan vitamin C. Jenis nutrisi satu ini memiliki sifat antioksidan yang berperan untuk memperbaiki jaringan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Untuk mendapatkan kebutuhan vitamin C harian, usia emas dapat mengonsumsi banyak buah dan sayur, seperti kelompok buah sitrus – jeruk dan kawan-kawannya, nanas, strawberry, mangga, paprika, tomat, dan sayur berdaun hijau.

Selain itu, asupan vitamin C usia emas juga bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin tersebut!

 

Tanda Kekurangan Vitamin C

Ini Manfaat Vitamin C Bagi Usia Emas dan Tanda Kekurangannya

Credit Image - halodoc.com

Kurang vitamin C dapat mendatangkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, bahkan sampai berisiko fatal, lho. Ini akan menyebabkan kondisi, seperti lemah, letih, dan lesu, serta pembuluh darah yang menjadi rapih.

Akan tetapi, sebelum berdampak fatal, tubuh seseorang biasanya memberikan berbagai gejala kekurangan vitamin C, seperti:

  • Gusi berdarah dan bengkak
  • Sering mimisan
  • Rambut kering dan pecah-pecah
  • Luka sulit sembuh
  • Kekurangan zat besi
  • Kulit merah, kering, dan kusam
  • Gampang memar
  • Sering mengalami infeksi
  • Kelelahan dan murung
  • Berat badan mudah bertambah
  • Sendi bengkak dan nyeri

Nah, jika anggota keluargamu yang tengah memasuki usia emas dan mengalami sejumlah tanda di atas, ada baiknya segera cukupi kebutuhan vitamin C, baik dari makanan bergizi maupun mengonsumsi suplemen secara rutin, ya!

 

Tips Konsumsi Vitamin C yang Tepat

Kalau kamu sudah mengetahui peranan penting vitamin C untuk usia emas, kini saatnya mengetahui cara tepat untuk mengonsumsi vitamin tersebut, terlebih dalam bentuk suplemen, ya!

Ada yang beranggapan bahwa mengonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung vitamin C baiknya di pagi hari. Mengapa? Karena, ada yang mengatakan bahwa vitamin C dapat menyebabkan susah tidur. Namun, hal tersebut tidaklah benar, karena belum ada bukti medis yang menunjang kesimpulan tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, suplemen vitamin C tablet dapat diminum sepanjang hari. Misal, di pagi hari – atau sebelum makan, dan keadaan perut masih kosong. Hal ini tidak semenakutkan itu, kok. Ada banyak sekali suplemen vitamin C yang aman diminum sebelum makan.

Vitamin C atau disebut juga sebagai L-absorbic Acid merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan. Bisa dikatakan, cara minum vitamin C yang benar, yaitu di pagi hari, seperti 30 menit sebelum sarapan. Atau, 2 jam sesudah makan ketika asupannya sudah dicerna.

Selain itu, mengombinasikan vitamin C dengan zinc juga termasuk cara minum vitamin C yang benar bagi usia emas, lho. Diketahui, baik vitamin C maupun zinc merupakan ‘pasangan terbaik’. Jadi, ketika keduanya diminum secara bersamaan, manfaatnya akan lebih terasa!

Sayangnya, sebagian orang lebih cenderung mengutamakan sumber asupan vitamin C saja, tanpa memerhatikan kebutuhan zinc. Padahal, zinc justru dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Usia Emas, Yuk, Konsumsi Multivitamin Ini!

Ini Manfaat Vitamin C Bagi Usia Emas dan Tanda Kekurangannya

Credit Image – enervon.co.id

Kalau kamu sudah mengetahui cara minum vitamin C yang benar bagi usia emas, nah, yang tak kalah pentingnya, pastikan kamu juga telah memilih jenis suplemen yang tepat. Ingat, jangan sembarangan memilih suplemen, ya!

Tenang, kamu tak perlu lagi bingung, kok, usia emas direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon Gold yang mengandung sejumlah nutrisi vitamin untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan di usia emas.

Enervon Gold mengandung vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, vitamin B kompleks untuk membantu proses metabolisme yang berperan penting untuk pembentukan energi sehingga usia emas dapat tetap aktif, dan vitamin B9 – atau asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, Enervon Gold juga punya kandungan Omega-3 yang dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, serta mengurangi risiko kehilangan memori. Dan tak ketinggalan kandungan lutein yang baik untuk mendukung kesehatan mata.

Nah, multivitamin andalan usia emas yang satu ini sudah dapat diperoleh di sini, ya.

 

Seperti penjelasan di atas, vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan usia emas. Pastikan kamu – maupun anggota keluargamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin yang satu ini agar tubuh tetap bugar!

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!