Hingga kini, angka penularan virus corona masih naik turun. Terkadang meningkat, terkadang melandai. Penyebab utamanya adalah subvarian virus yang masih terus ditemukan – yang terbaru, yaitu subvarian Omicron XBB yang tengah mewabah di negara tetangga, Singapura.

Untuk berjaga-jaga, kamu wajib mengetahui vitamin untuk Covid isolasi mandiri, nih. Selama penyembuhan, pasien harus memerhatikan asupan bernutrisi – dan juga asupan vitamin untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Nah, penasaran, apa saja sih vitamin untuk Covid isolasi mandiri yang baiknya dikonsumsi rutin? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Vitamin C

Credit Image - klikdokter.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Baik ketika sedang sakit maupun dalam keadaan sehat, kamu dianjurkan rutin mendapat asupan vitamin yang satu ini.

Dengan perannya untuk menguatkan imun, maka nutrisi ini menjadi salah satu vitamin untuk Covid isolasi mandiri yang penting dikonsumsi pasien.

Selain meningkatkan kekebalan, seperti yang diketahui, salah satu gejala khas dari penyakit Covid-19 adalah peradangan paru-paru yang membuat penderitanya sesak napas. Konsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan berkat sifat antioksidannya.

Biasanya, vitamin C sering diminum untuk membantu meredakan gejala pilek, lho!

 

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin untuk Covid isolasi mandiri yang berikutnya, yaitu vitamin B kompleks. Sama seperti vitamin C, vitamin B berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, kombinasi keduanya dikenal ampuh mendongkrak imunitas, termasuk ketika sakit, lho.

Secara spesifik, vitamin B kompleks yang wajib dikonsumsi selama isolasi mandiri adalah vitamin B6.

Vitamin B6 sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuhmu agar tetap dalam kondisi prima, yang mana hal ini sangat dibutuhkan untuk membantu melawan penyakit infeksi seperti Covid-19. Pastikan kamu mengonsumsi vitamin B kompleks yang cukup, baik dari suplemen maupun makanan.

 

3. Zinc

Credit Image - cnet.com

Vitamin untuk Covid isolasi mandiri berikutnya, yakni berupa zinc. Mineral yang satu ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan vitamin C. Kekurangan nutrisi ini secara signifikan memengaruhi kemampuan sistem kekebalan. Akibatnya, risiko infeksi termasuk pneumonia bisa meningkat.

Kondisi kekurangan zinc masih cukup umum ditemui. Biasanya, hal ini terjadi pada orang dewasa. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Nutrients, 30 persen orang dewasa tua kekurangan zinc. Jadi, sebelum jatuh sakit pun kamu mesti rutin mendapat asupan zinc, ya, sehingga risiko terserang penyakit berbahaya dapat dihindari!

 

4. Rekomendasi Vitamin untuk Pasien Isolasi Mandiri

Untuk pasien tanpa gejala diperlukan karantina mandiri, setidaknya selama 14 hari – terhitung sejak kontak terakhir dengan kasus probable, atau konfirmasi positif Covid-19. Selama isolasi, pasien perlu mengonsumsi sejumlah vitamin. Dengan rincian:

  • Tablet vitamin C non acidic 500mg/6-8 jam oral. Selama 14 hari.
  • Tablet isap vitamin C 500 mg/12 jam oral. Selama 30 hari.
  • Multivitamin yang mengandung Vitamin C 1-2 tablet/24 jam. Selama 30 hari.
  • Dianjurkan multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E, dan Zinc

Sementara itu, pasien dengan gejala ringan memiliki rekomendasi yang berbeda. Perlu diketahui, maksud dari gejala ringan yang dialami, yaitu pasien hanya mengalami demam, pilek, sedikit batuk, maupun anosmia. Adapun vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, yaitu:

  • Tablet vitamin C non acidic 500mg/6-8 jam oral, untuk 14 hari.
  • Tablet isap vitamin C 500 mg/12 jam oral, selama 30 hari.
  • Multivitamin yang mengandung Vitamin C 1-2 tablet/24 jam, selama 30 hari.
  • Dianjurkan multivitamin yang mengandung vitamin C, B, E, dan Zinc.

Untuk memperoleh deretan rekomendasi vitamin untuk Covid isolasi mandiri di atas, kamu dapat mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Untuk menghindari membeli vitamin yang palsu, kamu bisa langsung membeli multivitamin Enervon Active dengan mengunjungi official store-nya, ya!

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh tetap mendapat energi untuk membantu proses pemulihan ketika sakit.

Yang tak kalah pentingnya selama penyembuhan infeksi Covid-19, pasien diwajibkan mendapat makanan bergizi seimbang, sebisa mungkin tetap berolahraga – bisa lakukan aktivitas ringan saja, rutin berjemur, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Bagi pasien tanpa gejala dan mengalami gejala ringan, bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Tetapi pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat – ada baiknya dirawat d rumah sakit agar berada dalam pemantauan ahlinya.

 

Jadi, itulah deretan vitamin untuk Covid isolasi mandiri yang baiknya didapatkan oleh pasien. Sejumlah vitamin tersebut dapat membantu menguatkan imunitas sehingga pemulihan berjalan secara optimal.

 

 

Featured Image – scitechdaily.com

Source – hellosehat.com