Saat ini pandemi Covid-19 memang masih belum berakhir, ya. Bahkan, subvarian terbarunya terus ditemukan, terakhir Omicron XBB yang tengah menjadi penyebab lonjakan kasus di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Mengutip dari PopMama yang melansir dari Prevention, Covid-19 varian XBB adalah versi hibrida dari dua jenis, yaitu BA.2 bentuk Omicron. Varian ini pun sudah terdeteksi sejak bulan Agustus 2022 silam di India. Kemudian, dengan cepatnya subvarian XBB menyebar ke berbagai negara.

Lonjakan tersebut paling signifikan terjadi di Singapura. Omicron XBB menyebabkan peningkatan kasus Covid-19 yang berujung adanya peningkatan pasien di beberapa rumah sakit.

Untuk menghindari risiko penularan subvarian Omicron XBB, berikut langkah yang perlu diketahui dan diterapkan.

 

 

Cara Mencegah Tubuh dari Paparan Omicron XBB

Credit Image - tribuneindia.com

Masih mengutip sumber yang sama, PopMama, Juru Bicara Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, dr M. Syahril mengatakan bahwa subvarian Omicron XBB lebih cepat menular. Namun, risiko kematiannya tidak lebih parah dari Omicron aslinya.

Meski disebut memiliki risiko rendah, namun ingatlah bahwa negara belum dapat dikatakan aman dari pandemi Covid-19.

Untuk itu, masyarakat harus tetap waspada agar terhindar dari virus corona dan variannya. Nah, ada beberapa cara pencegahan infeksi subvarian XBB yang tidak berbeda jauh dengan pencegahan Covid-19 varian lainnya, yaitu:

  • Memakai masker dengan benar
  • Menghindari kerumunan
  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  • Melakukan testing jika mengalami tanda dan gejala Covid-19 
  • Segera melakukan vaksinasi Covid-19 untuk meningkatkan proteksi terhadap virusnya

 

Pihak Kemenkes Masih Melakukan Pengetatan Pengawasan WNI dan WNA

Tidak hanya menghimbau masyarakat untuk kembali mengedepankan penerapan protokol kesehatan saja. Tetapi, pihak Kemenkes pun turut melakukan langkah pencegahan – untuk semakin meminimalisir terjadinya gelombang lanjutan akibat subvarian baru ini.

Salah satu dari upaya yang dilakukan, yaitu dengan meningkatkan pengawasan kedatangan Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing di pintu-pintu masuk negara. Karena, penularan subvarian XBB bisa saja terjadi akibat transmisi dari warga yang habis bepergian.

 

Untuk Meningkatkan Proteksi Segera Dapatkan Vaksinasi

Credit Image - bbc.com

Seperti yang sudah disebutkan, selain protokol kesehatan, masyarakat juga diharapkan segera mendapat vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dan booster. Ini merupakan upaya untuk merangsang kekebalan tubuh. Jadi, kamu dan keluarga bisa segera melakukan vaksinasi untuk meningkatkan proteksi tubuh terhadap virus dan variannya yang sedang marak ini. 

Menurut Kementerian Kesehatan, vaksin mengandung berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan, disuntikkan ke dalam manusia untuk merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

 

Jangan Lupa untuk Tetap Menguatkan Kekebalan Tubuh!

Selain menerapkan cara di atas, masyarakat juga perlu untuk menguatkan kekebalan tubuh, sehingga risiko infeksi Covid-19 berserta subvariannya dapat dihindari. Ingat, imunitas merupakan senjata utama dalam menghalau penyakit, lho!

Optimalkan kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Serta, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C sekaligus zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Penularan subvarian Omicron XBB sedang marak-maraknya terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk menghindari risiko paparan virus – dan meminimalisir risiko bahayanya, dapatkan vaksinasi, lakukan prokes, dan jaga kekebalan tubuhmu.

 

 

Featured Image – edition.cnn.com

Source – popmama.com