Setiap manusia pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, kan? Yap, apa yang masuk ke dalam mulut, kemudian akan dicerna dan diserap nutrisinya menjadi sumber energi. Tanpa adanya asupan makanan yang cukup, maka tubuh akan lebih mudah lelah.

Tak hanya itu, bukan menyangkut soal energi saja, namun pola makan yang diterapkan sehari-hari juga akan memengaruhi kesehatan tubuhmu. Jika kamu masih suka makan sembarangan, yuk, mulai perbaiki pola makan dengan hal-hal kecil!

Berikut ini 5 hal sederhana yang dapat dilakukan untuk perubahan yang lebih baik lagi. Simak informasinya secara lengkap, ya.

 

 

1. Konsumsi Telur Saat Sarapan

Credit Image - seriouseats.com

Sering bingung untuk menu sarapan sehat? Jawabannya gampang banget, lho, makan telur! Kenapa? Karena telur kaya akan protein berkualitas tinggi dan banyak nutrisi penting seperti kolin. Terlebih jika kamu ingin menurunkan berat badan, makan telur di pagi hari meningkatkan perasaan kenyang. 

Jadi, mengganti sarapan kamu dengan telur memberikan manfaat besar bagi kesehatan. 
Mengolah telur sangat simpel, untuk yang tidak mau repot, kamu tinggal merebusnya saja, kok. Praktis, kan?

 

2. Makan Buah Asli Dibanding Jus

Dilansir dari healthline.com, makan buah dapat menurunkan risiko beberapa kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Karena buah-buahan mengandung serat dan berbagai senyawa tumbuhan. 

Saat makan buah, pemecahan gula akan terjadi pertama di mulut, lalu di lambung, dan berakhir pada penyerapan di usus kecil. Hal ini membuat gula lebih lama diserap dan tidak begitu cepat meningkatkan gula darah. Berbeda dengan jus buah, yang sering ditambahi pemanis dan kandungan lainnya. Jus buah lebih cepat dicerna oleh sistem pencernaan daripada makan sepotong buah segar utuh.

Jus buah memiliki tekstur cairan, kandungan zat gizi dalam jus buah lebih cepat dipecah dan diserap oleh tubuh. Hal ini membuat gula darah cepat naik sehingga tidak baik untuk pasien diabetes tipe 2 ataupun diabetes tipe 1.

 

3. Perbanyak Konsumsi Ikan

Credit Image - eatthis.com

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Rencanakan makan ikan minimal 2 kali dalam seminggu, termasuk ikan berminyak seperti ikan sarden, ikan kembung, atau ikan salem. Ikan berminyak tinggi lemak omega-3, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. 

 

4. Mengurangi Asupan Garam

Dilansir dari nhs.uk, makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah. Terlebih lagi untuk orang dengan tekanan darah tinggi, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke. Untuk orang dewasa, batas konsumsi garam per hari tidak lebih dari 6 g. 

Jika konsumsi garam kamu terasa berlebih dalam sehari, minumlah air lebih sering, serta makan makanan mengandung banyak kalium seperti pisang atau perbanyak gerak. Hal ini membatu membuang kelebihan garam dalam tubuh.

 

5. Makan Sayur Lebih Banyak

Credit Image - mooringspark.org

Sudah bukan rahasia lagi, sayuran merupakan salah satu sumber serat terbaik. Nutrisi di dalam sayur juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu terutama kesehatan usus dan bisa mengurangi risiko terkena kanker tertentu. Selain itu, serat juga merupakan nutrisi yang berperan untuk menguatkan kekebalan tubuh.

Jika selama ini kamu kesulitan makan sayur, karena rasanya yang hambar atau tekstur yang tidak disukai, coba olah dengan memotong lebih kecil-kecil atau mencampurkan dengan lauk, misalnya sayuran capcay dicampur dengan ayam atau seafood.

Selain itu, mengonsumsi sayur juga akan membantu memberi asupan vitamin dan mineral yang penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh, termasuk menguatkan imunitas.

Namun, untuk menguatkan imunitas tubuh, tak hanya dengan perbanyak makan sayur saja, tapi kamu juga dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, yaitu Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, sudahkah kamu menerapkan pola makan yang lebih sehat? Sebagai permulaan, kamu bisa melakukan tips di atas, lho!

 

 

Featured Image – menshealth.com

Source – idntimes.com