Kenapa badan selalu hangat untuk beberapa orang? Padahal tidak sakit, demam atau tidak fit. Kondisi seperti ini pada beberapa orang bisa dikatakan normal selama tidak ada gejala gangguan kesehatan lain yang nampak. Dan, tahukah kamu, suhu tubuh masing-masing orang bisa berbeda? Beberapa orang bisa memiliki suhu tubuh normal pada kisaran 37 derajat namun ada juga yang 36 derajat. Ada juga untuk beberapa orang memiliki suhu yang lebih panas pada bagian tertentu di tubuhnya. Unik ya? 

Journal of American Medical Association (JAMA) menerbitkan studi tentang suhu tubuh pada rata-rata manusia dewasa yang kondisinya sehat adalah 36,7 derajat Celcius. Sedangkan dalam dunia kedokteran, suhu tubuh orang normal berkisar pada 36,1 - 37,2 derajat Celsius. Kondisi ini akan berbeda pada orang yang sudah lanjut usia, dimana mereka cenderung memiliki suhu tubuh yang terus menurun seiring dengan tambahnya umur.

Penyebab Suhu Badan Selalu Hangat

Tubuh memiliki mekanisme yang sangat unik untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan. Termasuk perubahan suhu yang menyesuaikan lingkungan sekitarnya. Contohnya kamu akan berkeringat pada situasi yang panas dan menghangat pada kondisi yang dingin. Tubuh juga memiliki mekanisme respon yang membuat kamu bisa merasakan sehingga bisa berbuat sesuatu untuk menjaga kondisimu tetap baik. Berikut ini beberapa sebab, kenapa badan selalu hangat padahal kamu tidak sakit!

1. Gaya Hidup

  • Stres

Tubuh meningkatkan suhu dan berkeringat ketika seseorang mengalami stres atau kecemasan berlebih. Hal ini karena saraf simpatik tubuh merespon kondisi emosi yang kamu alami. Kecemasan yang muncul membuat jantung berdetak lebih cepat untuk memompa darah yang akibatnya tubuh bekerja lebih ekstra sehingga mudah berkeringat karena suhu tubuh meningkat.

  • Makanan dan Minuman

Pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi berpengaruh pada suhu tubuh. Beberapa jenis bahan makanan, jika dikonsumsi akan memicu peningkatan temperatur suhu tubuh menjadi lebih hangat. Contoh bahan makanan yang membuat suhu tubuh meningkat seperti makanan pedas, kafein dan alkohol. Konsumsi bahan makanan ini memicu tubuh untuk meningkatkan ritme detak jantung sehingga berdampak pada kulit yang nampak memerah, panas hingga berkeringat.

  • Pakaian

Pakaian yang kamu gunakan bisa mempengaruhi tubuh untuk menghasilkan panas yang akhirnya membuat badan selalu hangat. Bahan pakaian jenis tertentu bisa merangkap panas tubuh dan mencegah keringat menguap. Jenis pakaian ketat dan berwarna gelap berpotensi meningkatkan panas tubuh dan menghambat sirkulasi udara di kulit.

2. Masalah Medis

  • Tiroid

Tubuh memiliki kelenjar yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh yang letaknya ada di bagian leher. Kelenjar ini disebut kelenjar tiroid yang perannya cukup sentral karena berpengaruh pada tubuh untuk mengontrol dan menggunakan energi. Kondisi kenapa badan selalu hangat bisa jadi indikasi kamu mengalami hipertiroid yang membuat tubuh mengalami intoleransi panas. Segera hubungi tenaga kesehatan jika gejala yang muncul disertai dengan gemetar, detak jantung tidak teratur, kesulitan tidur, kelelahan yang berlanjut untuk menjalani tes fungsi tiroid.

  • Efek Obat

Beberapa jenis obat memiliki efek pada peningkatan suhu tubuh kamu. Salah satu cirinya adalah berkeringat berlebih dan merasakan panas tubuh setelah mengonsumsi obat. Beberapa contoh efek obat yang bisa memicu peningkatan suhu tubuh diantaranya obat suplemen yang mengandung seng, obat jenis antidepresan seperti desipramine (norpramin) dan nortriptyline (pamelor), obat untuk hormon, konsumsi antibiotik, obat pereda nyeri, obat untuk penderita jantung dan tekanan darah.

  • Diabetes

Kondisi kesehatan pada seseorang dengan penyakit diabetes lebih sensitif pada cuaca panas daripada orang yang tidak mengidap. Orang dengan diabetes tipe 1 dan 2 memiliki suhu tubuh lebih panas karena berhubungan dengan kondisi pengontrolan gula darah yang buruk dan adanya komplikasi. Maka, kamu akan lebih sering melihat orang dengan diabetes mudah mengalami dehidrasi karena sensitivitas tubuh terhadap panas meningkat.

  • Anhidrosis

Seseorang yang secara konsisten merasa kepanasan dan tidak berkeringat dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Penderita anhidrosis tidak memiliki kemampuan untuk mendinginkan suhu tubuh sehingga selalu merasa kepanasan. Selain itu juga mudah kram otot dan mengeluhkan pusing. Segera hubungi pertolongan medis untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

3. Sebab Lain

  • Kehamilan

Perempuan yang sedang hamil, biasanya memiliki keluhan mudah berkeringat dan selalu merasa gerah. Perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil memicu darah untuk memberikan suplai oksigen hingga permukaan kulit yang membuat tubuh melakukan pekerjaan ekstra.

  • Menopause

Siapa sangka orang yang menuju proses menopause mengalami kondisi badan selalu hangat atau biasa disebut hot flashes. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita yang menuju menopause karena adanya perubahan kadar estrogen dalam tubuhnya. Beberapa gejala lain yang menyertai seperti kulit yang memerah pada area leher dan wajah dan lebih banyak berkeringat terutama pada malam hari.


Alasan kenapa badan selalu hangat pada setiap orang berbeda-beda. Badan yang terasa lebih hangat daripada badan yang lain bisa menjadi indikasi kondisi tertentu pada tubuh. Jaga tubuh kamu setiap saat dengan mengatur pola hidup dan juga pola makan. Konsumsi multivitamin yang berkualitas dan terpercaya untuk mendukung performa tubuh tetap prima. biar tidak gampang sakit. Enervon-C Tablet mengandung vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, dan vitamin B Kompleks ( B1, B2, B3, B5, B6, B12) untuk proses metabolisme dalam menghasilkan energi dan aman dikonsumsi setiap hari! Dapatkan sekarang di e-commerce Tokopedia atau Shopee kesayangan kamu!