Ketika sedang dalam penerbangan jarak jauh, tentu saja kamu harus mengonsumsi makanan yang disediakan di pesawat. Dari menu yang ada, sebaiknya kamu pintar- pintar dalam memilih makanannya, karena ragam menunya pun terbatas. Selain itu, ternyata saat di darat dan di udara rasa makanan pun berbeda, lho.

Nah, supaya kamu tidak bingung, ini dia tipe makanan yang sebaiknya kamu pilih saat di pesawat.

1. Hindari pesan makanan manis ketika di pesawat

Credit: wral.com

Dilansir dari BBC, soal rasa manis yang berkurang saat berada di ketinggian itu benar adanya. Sebenarnya tidak berkurang atau hilang, melainkan kalah dengan sensor rasanya yang gurih. Dan hal ini disebabkan karena getaran yang membuat saraf pengecap lebih hiperaktif merasakan rasa yang gurih.

2. Pilih menu olahan daging

Credit: boxgumgrazing.com.au

Makanan yang disajikan di pesawat memang tidak bisa ditebak. Kalau bisa memilih, kamu sebaiknya pilih makanan olahan daging semacam steak atau sate. Karena, daging memiliki rasa gurih alami serta mengamdung glutamate yang membuat daging semakin terasa lezat saat di pesawat.

3. Selain daging, kamu bisa memilih menu olahan ikan

Credit: nausetfarms.com

Olahan menu ikan sarden atau ikan asap akan semakin terasa nikmat ketika berada di ketinggian pesawat. Rasa umami pada daging sarden sendiri memang sudah diketahui sejak lama di Jepang. Jadi, jangan ragukan rasa gurih dari olahan ikan ya.

4. Spaghetti dengan saus Bolognese juga bisa jadi pilihanmu

Credit: hipwee.com

Spaghetti bisa jadi pilihan agar kamu terhindar dari rasa hambar saat mengonsumsi makanan di pesawat. Pilihlah spaghetti dengan saus tomat, seperti Bolognese. Tomat, terutama tomat yang matang mengandung rasa lezat yang alami karena ada kandungan glutamate di dalamnya.

5. Junk food, seperti pizza dengan topping bisa jadi pilihan lainnya

Credit: economictimes.indiatimes.com

Kalau kamu ingin menyantap junk food di pesawat, kamu bisa memilih pizza atau apapun jenis makanan junk food yang memiliki rasa gurih di dalamnya. Misalnya, kamu bisa memesan pizza dengan topping keju atau jamur.

6. Kamu bisa memilih menu ringan seperti crispy mushroom atau onion rings

Credit: pbs.org

Buat kamu yang tidak ingin makan makanan berat di pesawat, kamu bisa memesan makanan ringan seperti onion rings atau crispy mushroom untuk kamu yang vegetarian.

Jamur dan sayuran seperti bawang mengandung glutamate yang dapat menambah rasa gurih setelah diolah. Jadi, jangan takut rasa makananmu jadi hambar ya!

7. Hindari memilih minuman bersoda

Credit: jawapos.com

Hindari mengonsumsi minuman bersoda selama di pesawat, karena selain rasanya jadi hambar, minuman ini juga dapat membuat perutmu jadi tidak enak.

Kamu bisa memilih minuman seperti teh hijau, atau makanan dengan varian rasa matcha karena dijamin akan terasa semakin nikmat ketika dikonsumsi di pesawat.

 

Nah, itu dia jenis- jenis makanan yang sebaiknya kamu pilih saat berada di dalam pesawat. Tapi, kalau kamu tetap ingin menikmati makanan selain menu- menu di atas, kamu bisa memakai penyumbat telinga agar rasa makanannya jadi tidak hambar.

Penyumbat telinga dapat mengurangi kebisingan dan getaran di telinga sehingga saraf yang bertugas mengecap rasa tidak terganggu. Jika kerja saraf tersebut normal, maka semua rasa makanan pun akan kembali normal.

 

 

Featured Image - independent.co.uk