Salah satu kelemahan dari orang yang banyak beraktivitas di belakang layar laptop atau komputer adalah mata lelah. Beberapa tanda atau gejala untuk mata yang lelah adalah mata kering atau terlalu berair, nyeri, perih, gatal, dan sensitif terhadap cahaya. Pada tahap yang lebih parah, kamu bisa mendapatkan pandangan kabur atau berbayang. Jika dibiarkan berlarut, risiko mengalami gangguan pengelihatan dapat meningkat. Untuk itu, perhatikan cara mengatasi mata lelah berikut ini.

Mata Lelah dan Penyebabnya

Sebelum masuk dalam langkah efektif mengatasi mata lelah, kenali dahulu beberapa penyebabnya. Selain paparan radiasi layar komputer atau laptop, mata lelah juga bisa dialami karena mata bekerja terlalu lama dan terlalu berat. Waktu yang disarankan untuk menatap layar adalah maksimal 2 jam. Jika kamu memaksa mata bekerja lebih dari waktu tersebut dengan intensitas tinggi, mata menjadi lelah.

Bisa juga karena mata bekerja terlalu berat yang biasanya disebabkan oleh pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup. Ketika dibiarkan berlarut, seseorang dengan mata yang lelah akan cenderung memiliki posisi duduk yang kurang sesuai. Jadi tidak hanya mata, leher dan punggung bisa terkena dampaknya. Ikuti langkah efektif dan alami agar mata tidak lelah di bawah ini.

Penyebab lain yang mungkin memengaruhi kondisi mata adalah terpaan angin langsung dari kipas, AC, atau pemanas ruangan. Sifat udara yang terlalu sering menerpa dan tidak bisa dipastikan kebersihannya membuat mata rentan mengalami iritasi dan kelelahan.

 

 

Cara Efektif Mengatasinya

1. Lebih Banyak Berkedip dengan Lambat

Untuk membasahi mata yang kering, berkediplah setidaknya 10 kali dengan lambat. Ulangi hal yang sama setiap 20-30 menit sekali agar mata tetap terjaga kelembapannya. Orang yang bekerja di depan layar cenderung lebih jarang berkedip secara otomatis. Jadi kamu harus mulai berkedip dengan sengaja secara berkala. Kamu bisa sambil melihat objek dengan jarak kurang lebih 6 meter dari tempat kamu duduk. Hal ini akan meringankan kerja otot mata yang mengendur selama beberapa saat.

2. Memejamkan Mata Beberapa Menit

Langkah berikutnya dengan efek yang lebih terasa adalah memejamkan mata selama beberapa menit. Cara ini dapat dikombinasikan dengan gerakan sederhana untuk relaksasi otot. Jika memungkinkan, kamu bisa mencoba untuk tidur siang selama kurang lebih 20 menit. Tidak hanya otak tapi mata juga akan beristirahat secara maksimal.

3. Mengatur Pencahayaan Sekitar

Bila masalah atau penyebab mata lelah kamu adalah pencahayaan, segeralah memperbaikinya. Baik cahaya ruangan kerja kamu maupun tingkat kontras pada layar monitor. Untuk ruang kerja, sebaiknya menggunakan lampu berwarna putih terang. Jika menggunakan lampu pada meja kerja, arahkan cahayanya ke arah selain arah wajah dan monitor. Termasuk memanfaatkan tirai jendela untuk cahaya alami yang terlalu banyak.

Sedangkan untuk pengaturan kontras monitor, sesuaikan dengan cahaya di sekitar kamu agar tidak terlalu terang atau terlalu redup. Jika terlalu redup, mata akan lebih sering menyipit dan memfokuskan penglihatan. Hal ini bisa meningkatkan beban kerja otot mata dalam waktu singkat.

 

4. Ubah Posisi Duduk dengan Benar

Cara berikutnya adalah mengubah posisi duduk dengan benar. Selain lebih menyehatkan dan memperbaiki postur tubuh, posisi duduk yang sesuai memungkinkan kamu menjaga jarak antara mata dengan monitor. Jarak yang ideal antara mata dengan layar adalah 50-100 cm, tergantung dari jarak pandang kamu membaca tulisan. Jarak yang terlalu dekat atau terlalu jauh bisa memengaruhi kerja otot mata. Lalu antara mata dengan layar bagian tengah harus memiliki kemiringan kurang lebih 15-20 derajat. Posisi kepala dan layar juga harus sejajar agar otot leher kamu tidak cepat pegal.

5. Tindakan Lanjut

Jika keempat cara di atas belum berhasil mengatasi mata lelah atau mata cenderung semakin lemah, harus ada tindakan lanjut yang diambil. Pertama, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab lain dari kelelahan mata berlebih tersebut. Termasuk saat ingin menggunakan obat tetes mata, pastikan kamu telah mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan mata lelah.

Kemudian sikap paling bijak berikutnya adalah menjaga kesehatan mata. Mulailah beberapa kebiasaan baik yang bisa membantu kamu meningkatkan kesehatan mata. Di antaranya adalah melakukan aturan 20-20-20 dengan disiplin, membiasakan posisi duduk yang benar, mengubah posisi meja kerja dan arah lampu atau jendela, hingga memeriksakan mata berkala meski tidak muncul gejala mata lelah.

Selain itu, dukung juga dengan penggunaan kacamata khusus untuk di depan layar komputer. Lensa kacamata AR (Anti Reflective) akan melindungi mata dari cahaya berlebih dan menyilaukan. Termasuk untuk kamu yang menggunakan lensa kontak namun membuat mata cepat kering, maka kacamata khusus untuk bekerja lebih disarankan.

Selain cara mengatasi mata lelah di atas, menjaga kesehatan stamina tubuh secara keseluruhan juga sangat penting. Meskipun aktivitas sehari-hari lebih banyak duduk di balik meja kerja, tubuh tetap berhak mendapatkan asupan makan seimbang. Penuhi kebutuhan energi harian kamu dengan Enervon Active. Dengan kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap, kamu dapat memastikan kebutuhan tubuh tercukupi dengan baik. Untuk produk yang asli, kamu dapat mengaksesnya di Tokopedia atau Shopee Enervon.