Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, salah satunya dengan berolahraga. Bagi orang yang sudah lanjut usia, tentunya harus selektif dalam memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan karena keterbatasan diri dalam bergerak. Oleh karena itu banyak yang memilih golf sebagai opsinya. Meski kelihatannya hanya melakukan gerakan sederhana dan minim energi, ternyata ada banyak manfaat olahraga golf untuk tubuh lho!

Kamu penasaran? Yuk langsung saja simak apa saja manfaat dari olahraga yang satu ini beserta persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulainya dalam artikel berikut.

Manfaat Olahraga Golf

Banyak yang menganggap remeh manfaat olahraga golf karena aktivitas fisik yang dilakukan tidak terlalu menguras tenaga. Padahal, saat melakukannya, kamu dituntut untuk berjalan, mengayunkan tongkat permainan, serta berputar yang membuat otot-otot tubuh aktif bergerak.

Umumnya, olahraga golf memang banyak dilakoni oleh para lansia, tapi saat ini kalangan muda juga cukup antusias untuk mengikutinya. Hal ini tak lepas dari manfaat yang ditawarkannya bagi kesehatan tubuh. Berikut telah terangkum berbagai manfaat golf yang sebaiknya kamu tahu.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat olahraga golf yang pertama adalah menjaga kesehatan tulang. Golf merupakan aktivitas outdoor yang membuatmu terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari yang masuk ke dalam tubuh menambah asupan vitamin D, sehingga hal ini akan memudahkan proses penyerapan kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk tulang.

Saat kebutuhan kalsium dan fosfor di tubuh tercukupi, maka kamu akan terhindar dari risiko penyakit tulang, seperti misalnya osteoporosis. Namun, hal ini hanya berlaku jika kamu melakukan aktivitas golf pada jam 8 hingga 10 pagi. Pasalnya, paparan matahari memancarkan vitamin D hanya pada jam-jam tersebut.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain mencegah risiko penyakit tulang, paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D juga menjaga seseorang dari kemungkinan terkena hipertensi dan penyakit jantung. Di sisi lain, olahraga golf juga akan meningkatkan detak jantung seseorang.

Dengan demikian, aliran darah akan terpompa dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Apabila dilakukan secara rutin, maka kesehatan organ jantung senantiasa selalu terjaga.

3. Mengoptimalkan Fungsi Otak  

Tak hanya baik untuk tulang dan jantung saja, olahraga golf juga efektif untuk mengoptimalkan fungsi otak. Hal ini juga tak luput dari faktor vitamin D yang ada di dalam paparan sinar matahari. Pasalnya, asupan vitamin D akan meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, kanker, alzheimer, hingga demensia.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Permainan golf melibatkan banyak bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan mata. Kamu harus bisa memasukkan bola putih kecil ke dalam lubang dari jarak yang cukup jauh. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki penglihatan yang bagus untuk bisa menargetkan bola ke lubang yang tepat.

Jika dilakukan secara rutin, maka akomodasi lensa mata, ketajaman indera penglihatan, dan koordinasi mata serta tangan akan semakin meningkat.

5. Mengurangi Tingkat Stres

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga golf ternyata juga baik bagi kesehatan mental lho! Rutin melakukan aktivitas fisik yang satu ini akan meredakan stres yang kamu rasakan. Pasalnya, saat kamu bermain golf di luar ruangan, tak hanya asupan matahari saja yang akan didapat, tapi juga udara segar dan pemandangan lapangan hijau nan luas yang menentramkan hati.

Kamu juga akan bertemu dengan rekan sepermainan sehingga tak terasa waktu berlalu begitu saja. Dengan demikian, kamu pun tidak berkutat untuk memikirkan masalah pribadi dan suasana hati pun ikut membaik.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Rajin berolahraga akan membantumu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Meskipun hanya melakukan gerakan-gerakan yang sederhana, tapi olah tubuh selama golf juga akan meningkatkan aktivitas enzim serta fungsi otot. Hal ini pun akan membantumu untuk bisa tidur nyenyak di malam hari.

 

 

Persiapan Sebelum Melakukan Olahraga Golf

Meski bukan jenis olahraga berat, tapi risiko cedera tetap bisa mengintai setiap saat. Umumnya, cedera terjadi di bagian pergelangan tangan, siku, punggung bagian bawah, kepala, dan juga mata. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan beberapa persiapan untuk mencegah hal itu terjadi. Apalagi jika masih pemula, maka beberapa tips di bawah ini wajib untuk diperhatikan.

1. Lakukan Pemanasan

Sebelum bermain golf, kamu sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dulu. Hal ini penting karena akan meminimalisir terjadinya cedera pada bagian tubuh tertentu. 

2. Melatih Teknik Bermain dengan Baik

Salah satu penyebab seseorang mengalami cedera saat bermain golf adalah melakukan teknik yang salah. Oleh sebab itu, kamu harus memahami teknik-teknik bermain golf secara benar supaya tidak melakukan kesalahan yang mengakibatkan bagian tubuh kesakitan.

Selain itu, hindari untuk memaksakan diri atau memakai tenaga di luar kapasitas atau kamu akan mengalami cedera. Sebagai pemula, ada baiknya jika kamu mengambil kelas khusus agar bisa menguasai gerakan dasar dan teknik secara tepat.

3. Perhatikan Jarak dengan Stik Golf

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat bermain golf adalah memperhatikan jarak tubuh dengan stik golf yang dipegang. Jika menyepelekannya, maka bersiaplah untuk terkena ayunan yang cukup menyakitkan.

4. Pakai Peralatan Golf yang Aman

Selain mempelajari teknik dan gerakan dasar, kamu juga harus memperhatikan peralatan golf yang akan dipakai. Pastikan untuk memakai peralatan yang aman agar terhindar dari potensi cedera. Berbagai peralatan golf yang harus kamu siapkan antara lain kaos kaki, sepatu, pakaian yang nyaman, dan sarung tangan.

 

 

Untuk menunjang aktivitas dan merasakan manfaat olahraga golf secara maksimal, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin dengan rutin mengonsumsi Enervon Gold. Enervon Gold adalah multivitamin yang dibuat secara khusus untuk lansia usia 50 tahun ke atas dengan berbagai khasiat di dalamnya seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Asam Folat, Omega 3 dan juga Lutein.

Perpaduan vitamin C dan B kompleks di dalamnya bantu meningkatkan sistem imunitas dan pembentukan energi, sehingga tubuh tidak gampang sakit dan tetap bertenaga. Asam folatnya bantu tubuh memelihara kesehatan jantung, dan kandungan Omega 3 di dalamnya juga efektif menjaga kesehatan otak lho!

Bahkan, kandungan Lutein yang ada di dalam Enervon Gold juga akan mendukung kesehatan mata. Ayo pelihara kesehatan tubuh supaya senantiasa fit serta tetap aktif di usia 50+ dengan rutin minum Enervon Gold. Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produk aslinya secara online.