Makassar adalah ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki segudang spot wisata menarik untuk dikunjungi. Ada banyak tempat wisata di Makassar yang bisa jadi opsi saat berlibur ke sini, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, hiburan, dan lain sebagainya. Nah, bagi kamu yang masih bingung ingin menghabiskan waktu di mana saja, maka berbagai spot wisata populer di bawah ini wajib masuk ke dalam itinerary ya!

Tempat Wisata di Makassar

1. Pantai Losari

Bicara tentang Makassar, kamu pasti langsung teringat dengan ikon kota ini yaitu Pantai Losari. Tak hanya jadi destinasi wisata favorit bagi turis lokal, banyak juga wisatawan asing yang mengidolakan tempat yang satu ini. Menariknya, lokasinya pun juga cukup strategis karena bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

Tempat ini juga menjadi lokasi yang sangat ideal untuk menikmati sunset di sore hari. Nah, jika kamu berencana ke sini, sebaiknya datang pada jam 3 sore hingga 9 malam WITA ya! Selain menikmati pemandangan pantai dan sekitar, kamu juga bisa membeli oleh-oleh untuk diberikan kepada orang-orang tersayang.

2. Puncak Kebun Teh Malino

Sumber: kemenparekraf

Tempat wisata di Makassar yang tak kalah populer berikutnya adalah Kebun Teh Malino atau yang juga disapa dengan nama Malino Highland. Sesampainya di sini, kamu akan disambut oleh hamparan kebun teh hijau yang menyegarkan mata. Tak hanya itu saja, lokasinya yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl membuat udara sekitar terasa sejuk.

Berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan membosankan karena ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Selain menikmati pemandangan kebun teh, kamu juga bisa bersepeda, menaiki kuda, bermain paralayang, outbond, dan bersantai di Green Cafe Pekoe sambil minum teh.

 

 

3. Celebes Canyon

Sumber: sulsel

Sekarang kamu gak perlu jauh-jauh datang ke Grand Canyon Amerika Serikat, karena di Makassar juga terdapat wisata alam yang menyerupainya yaitu Celebes Canyon. Meski membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai ke sana, kamu tidak akan menyesal karena pemandangan tebing-tebingnya yang luar biasa indah.

Berlokasi di Libureng, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Celebes Canyon semakin tampak indah karena terdapat sungai yang mengalir di sekitarnya. Jadi tidak perlu ragu untuk datang ke sini karena perjuanganmu akan terbayar dengan keindahan tebing dan aliran sungai yang dimilikinya.

4. Air Terjun Lengang

Sumber: travelingyuk

Wisata alam di Makassar memang tak ada habisnya. Jika kamu berjiwa petualang dan ingin mengeksplor wisata tersembunyi yang ada di kota ini, maka wajib datang ke Air Terjun Lengang yang ada di  Dusun Bontomanai, Maros. 

Air Terjun Lengang memiliki ketinggian 20 meter dengan tingkatan tebing yang megah. Di sekitarnya banyak pepohonan dan kamu harus menyusuri hutan pohon pinus sebelum tiba di lokasi. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama, kamu juga bisa bermalam di area camping yang ada di sini.

 

 

5. Lappa Laona

Sumber: localguidesconnect

Selain pantai, kebun teh, tebing, dan air terjun, kamu juga bisa mengunjungi hamparan padang rumput di Lappa Laona yang ada di Dusun Waruwue. Berlokasi 1.000 meter di atas permukaan laut, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan indah dari ketinggian. 

Menariknya, ada berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat datang ke sini seperti bermain flying fox atau berfoto di banyak spot instagramable. Selain itu, terdapat gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai. Jika berencana datang ke sini, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan bahan bakar mencukupi karena kondisi jalanan yang terjal.

6. Benteng Rotterdam

Tak hanya wisata alam, Makassar juga punya wisata sejarah yang sangat populer yaitu Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam. Bangunan ini dulunya didirikan oleh Kerajaan Gowa pada abad ke 17. 

Sayangnya, benteng ini kemudian diambil alih oleh penjajah dan selama kurun waktu 200 tahun berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi bagi kolonial Belanda. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang sejarah yang terjadi di kota Makassar, maka wajib datang ke tempat ini ya!

 

 

7. Masjid 99 Kubah

Wah ternyata tempat ibadah juga cukup menarik perhatian banyak wisatawan yang datang ke Makassar lho, seperti salah satunya adalah Masjid 99 Kubah. Sesuai dengan namanya, masjid ini memang memiliki 99 kubah yang merepresentasikan 99 Asmaul Husna.

Desainnya yang menawan adalah hasil karya dari Ridwan Kamil yang merupakan arsitek sekaligus mantan Gubernur Jawa Barat. Jika kamu mengunjungi tempat ini pada sore hari, maka jangan lupa untuk ibadah sholat maghrib berjamaah dan menyaksikan atraksi air mancur di area depan masjid yang berlangsung selama 30 menit setelahnya. 

Hebatnya, masjid megah yang diresmikan pada tahun 2019 ini memiliki kapasitas jamaah yang mencapai 13.075 orang.
 

8. Pulau Samalona

Sumber: twitter

Tak jauh dari Pantai Losari terdapat Pulau Samalona yang menjadi primadona bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jaraknya sekitar 2 km dari Pantai Losari dan kamu harus menumpang perahu motor untuk sampai ke pulau yang indah ini.

Bagi kamu yang menyukai aktivitas menyelam, maka tempat ini tidak boleh untuk dilewatkan. Tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi terdapat pelaku wisata yang menyewakan alat-alat untuk menyelam. 

Tak hanya itu saja, kamu juga wajib mencicipi hidangan seafood di warung makan yang ada di sana. Bahkan, terdapat penginapan yang bisa kamu sewa jika ingin bermalam atau menghabiskan waktu lebih lama.

 

 

Tetap Sehat Selama Liburan dengan Enervon Effervescent

Pastikan kamu melakukan persiapan fisik dan menjaga kesehatan saat berkunjung ke tempat wisata di Makassar. Supaya tidak mudah sakit, maka jangan lupa untuk rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon Effervescent.

Enervon Effervescent adalah multivitamin dalam bentuk tablet larut air yang memberikan sensasi kesegaran di mulut dan tenggorokan. Diperkaya dengan vitamin C 1000 mg, multivitamin yang satu ini akan memperkuat daya tahan tubuh supaya selalu fit dan tidak mudah lelah.

Tak hanya itu saja, Enervon Effervescent juga mengandung vitamin B-Kompleks yang bantu tubuh dalam pembentukan energi. Klik tautan Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produknya secara online sekarang juga ya!