Momen libur sekolah menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Jika kamu masih bingung ingin menghabiskan waktu liburan di mana, maka datang saja ke berbagai kebun binatang yang ada di Jakarta. Di tengah hiruk pikuk kota metropolitan ini, ternyata ada banyak objek wisata kebun binatang yang menarik untuk dikunjungi. Pastinya, anak-anak akan senang dan antusias saat diajak menonton berbagai jenis spesies hewan di kala libur sekolah. Yuk cari tahu daftar rekomendasinya hanya di artikel berikut ini!

Kebun Binatang di Jakarta

Ada banyak kebun binatang di Jakarta yang memiliki berbagai macam spesies hewan mulai dari karnivora, reptil, unggas, serangga, hingga hewan air. Masing-masing kebun binatang juga memiliki daya tarik dan keunggulan masing-masing. Nah, supaya kamu punya sedikit gambaran, simak daftar kebun binatang populer mana saja yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Taman Margasatwa Ragunan

Sumber: wartakota.tribunnews

Bicara tentang kebun binatang di Jakarta, pastinya kamu tidak boleh melewatkan Taman Margasatwa Ragunan. Di Jakarta, tempat ini cukup populer dan selalu ramai dibanjiri wisatawan. 

Suasana di kebun binatang yang satu ini sangat teduh dan sejuk karena menyerupai hutan tropis. Koleksi satwa yang ada di dalamnya pun cukup beragam mulai dari mamalia, primata, burung, ikan, hingga reptil yang berasal dari nusantara dan mancanegara.

Secara khusus, Taman Margasatwa Ragunan juga memiliki Pusat Primata Schmutzer yang menjadi konservasi primata bertaraf Internasional. Menariknya, di sini anak-anak juga bisa merasakan keseruan menunggang kuda dan unta, serta menikmati wahana lain yang tak kalah mengasyikkan.

Jangan kaget dengan tiket masuknya ya, karena kamu hanya perlu membayar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3000 untuk anak-anak di atas 3 tahun. Setiap Senin, Taman Margasatwa Ragunan akan tutup dan beroperasi pada Selasa-Minggu pada jam 07.00-14.30 WIB.

 

2. Jakarta Bird Land Ancol

Sumber: pelago.co

Jika berkunjung ke Ancol, jangan lupa untuk mampir ke Jakarta Bird Land yang secara khusus menjadi tempat konversari burung dari dalam negeri dan luar negeri. Di sini, kamu dan anak-anak tidak hanya bisa menyaksikan berbagai koleksi burung saja, tapi juga menyentuh serta memberi makan burung secara langsung. 

Berbagai jenis burung yang bisa kamu lihat di sini antara lain burung Kakatua, burung Macaw, burung pemangsa, dan juga burung perairan. Setiap harinya, Jakarta Bird Land buka dari jam 09.30 hingga 16.30 WIB dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 80.000. 

 

 

3. Fauna Land Ancol

Sumber: tiket.com

Selain Ragunan, kebun binatang di Jakarta yang bisa jadi opsi berikutnya adalah Fauna Land Ancol. Koleksi satwa yang ada di sini cukup lengkap dan berasal dari daratan Asia dan juga Australia. 

Di sini, kamu bisa menyaksikan singa putih, kangguru, dan berbagai jenis spesies burung. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan pengalaman mengitari Fauna Land Ancol menggunakan perahu di wahana Safari River Cruise.

Tak hanya itu saja, kebun binatang yang satu ini juga menampilkan pertunjukan Bird Show pada jam 11 siang hingga 4 sore. Cukup dengan membayar Rp 65.000 pada weekdays, dan Rp 75.000 pada weekend, kamu bisa mengunjungi tempat ini dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

 

4. Sea World Ancol

Sumber: tiket.com

Sea World Ancol pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan diajak untuk berpetualang dan melihat berbagai hewan yang ada di dunia laut. Tak main-main, koleksi biota air tawar dan juga laut di dalamnya sangat banyak dan beragam lho!

Sea World Ancol memiliki 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan dan 1 jenis reptil. Untuk biota lautnya bahkan mencapai 11.500 ekor yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata, serta 3 jenis reptil. Luar biasa bukan!

Tak hanya menyaksikan berbagai biota laut di dalam akuarium saja, kamu juga bisa berinteraksi dengan ikan-ikan tersebut di area Feeding Show dan Kolam Sentuh. Setiap harinya, Sea World Ancol buka dari jam 9 pagi dan tutup pada jam 5 sore pada hari Senin sampai Jumat. Namun pada hari Sabtu dan Minggu, tempat ini tutup jam 6 sore.

Harga tiketnya dijual dengan nominal beragam mulai dari Rp 145.000 hingga Rp 195.000 sesuai dengan paket atau fasilitas yang dipilih. 

 

 

5. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sumber: travel.kompas

Nah, satu lagi tempat yang pastinya sangat familier saat berkunjung ke Jakarta, apa lagi kalau bukan Taman Mini Indonesia Indah. Ternyata, tempat ini tak hanya menyuguhkan wisata budaya dan edukasi saja lho, tapi juga kebun binatang.

Bahkan kebun binatang di dalam TMII dibagi menjadi 4 bagian, yaitu taman burung, museum dan taman reptil, museum dan taman kupu-kupu, serta dunia air tawar. Di dalam Taman Burung TMII tersimpan 175 jenis spesies dan 30 burung langka.

Kamu juga bisa mampir ke Museum dan Taman Reptil untuk melihat komodo, ular, dan berbagai jenis hewan reptil lainnya. Tak hanya itu saja, di sini kamu juga bisa singgah ke Taman Kupu-Kupu yang menyimpan diorama serangga seperti kumbang dan kupu-kupu serta koleksi kupu-kupu yang masih hidup dengan berbagai warna dan corak yang mengagumkan.

Tak ketinggalan, ada juga Dunia Air Tawar yang memiliki koleksi 6.000 ekor ikan yang terdiri dari 126 spesies dengan berbagai jenis dan ukuran.

 

6. Jakarta Aquarium

Sumber: traveloka

Selain Sea World Ancol, Jakarta juga punya akuarium indoor raksasa yang bernama Jakarta Aquarium. Di sini, kamu bisa melihat spesies hewan akuatik maupun non-akuatik yang jumlahnya mencapai 3.500 spesies. Menariknya, pengunjung juga diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan hewan-hewan laut yang ada di sana lho!

Jika kamu tertarik, langsung saja datang ke Neo Soho Mall dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 145.000-Rp 213.000. Pada hari Senin-Jumat, Jakarta Aquarium beroperasi dari jam 11 siang hingga 8 malam, sedangkan pada hari Sabtu-Minggu pada jam 10 pagi hingga 8 malam.

 

 

7. Scientia Square Park

Sumber: tripadvisor

Bergeser sedikit ke wilayah Tangerang yang tak jauh dari Jakarta, kamu bisa mengunjungi Scientia Square Park. Atraksi yang ada di sini juga tak kalah menarik karena kamu bisa memberi makan kelinci dan ikan koi, serta menunggang kuda.

Biaya masuknya juga cukup terjangkau yaitu Rp 45.000 untuk weekdays dan Rp 95.000 untuk weekend.

 

 

Selama berlibur ke berbagai kebun binatang di Jakarta, kamu juga wajib menjaga kesehatan supaya tidak mudah lelah atau jatuh sakit dengan rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet. Di dalam multivitamin ini terdapat kandungan vitamin C dan juga B-Kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas dan vitamin B-Kompleks membantu pembentukan energi sehingga kamu senantiasa fit dan aktif sepanjang hari. Enervon juga memiliki produk multivitamin berkhasiat lainnya yang bisa kamu konsumsi sesuai kebutuhan seperti Enervon Gold.

Dapatkan semua produk Enervon tersebut secara online sekarang juga melalui tautan Shopee dan Tokopedia berikut ya!