Di pasaran, kamu bisa menemukan berbagai jenis multivitamin/suplemen yang dikemas dalam bermacam-macam bentuk seperti tablet, cair, dan bubuk. Namun, terdapat inovasi lain yang memberikan pengalaman minum multivitamin yang lebih menyenangkan dalam wujud tablet effervescent yang bisa dilarutkan dalam air. Apa itu? Meskipun memiliki banyak keunggulan, banyak sekali mitos yang beredar terkait jenis tablet yang satu ini. Yuk cek fakta-faktanya dalam artikel berikut ini!

Mitos dan Fakta tentang Tablet Effervescent

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan jenis suplemen/multivitamin yang dikemas dalam tablet effervescent. Meskipun rasanya lebih enak, tapi sayangnya banyak kabar burung dan mitos yang berseliweran, sehingga membuat beberapa orang ragu dan urung untuk mengonsumsi jenis multivitamin yang satu ini. 

Apakah kamu adalah salah satunya? Daripada termakan hoax, yuk cek kebenarannya dalam ulasan di bawah ini.

1. Bikin Pipis jadi Kuning

Saat mengonsumsi tablet effervescent, air kencing cenderung berwarna kuning pekat. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Umumnya, pipis menjadi lebih kuning karena kandungan vitamin C di dalam suplemen/multivitamin yang dikonsumsi.

2. Memicu Asam Lambung dan Sakit Maag

Mitos lain yang beredar di masyarakat adalah konsumsi tablet effervescent bisa memicu asam lambung dan sakit maag. Pada dasarnya, jenis vitamin larut air tersebut memang terbuat dari berbagai macam asam organik. 

Namun, asam organik yang dipakai masih bisa diterima lambung dan saluran pencernaan sehingga kamu akan terhindar dari kemungkinan terkena maag atau perut kembung.

3. Dianggap sebagai Minuman Bersoda

Banyak yang mengira bahwa tablet effervescent adalah minuman bersoda saat dilarutkan. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah tablet yang larut dalam air bereaksi dengan mengeluarkan karbondioksida dan gelembung gas yang rasanya mirip dengan air soda. Varian rasa yang dihasilkan obat/multivitamin effervescent bergantung dari komposisi yang dipakai.

4. Membuat Kinerja Ginjal Lebih Berat

Sebagian orang juga takut mengonsumsi jenis vitamin ini karena khawatir kinerja ginjal menjadi lebih berat. Padahal, kandungan potassium sitrat di dalamnya justru bisa menurunkan risiko munculnya batu ginjal karena tablet effervescent mudah diserap dalam saluran cerna.

Jadi, perbanyak wawasan dan cek kebenarannya terlebih dulu sebelum memercayai suatu informasi yang belum tentu benar.

 

 

Cara Kerja Tablet Effervescent

Tablet effervescent banyak disukai karena bisa larut dalam air, mudah dikonsumsi, dan aman bagi lambung. Selain itu, jenis tablet ini juga menjadi solusi yang sangat berguna terutama pada pasien yang susah menelan obat dalam bentuk pil/tablet biasa. 

Umumnya, jenis tablet ini kerap diaplikasikan pada pembuatan obat gangguan pencernaan, multivitamin, dan suplemen kesehatan. Lalu sebenarnya, bagaimana cara kerjanya?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tablet effervescent terbuat dari asam organik yang bisa larut dengan cepat dan menimbulkan gelembung gas saat dimasukkan ke air. Pada saat tablet masuk ke dalam air, terjadilah reaksi kimia yang menghasilkan gelembung gas karbondioksida/sparkling water, sehingga air menjadi berbuih sesaat.

 

 

Kelebihan Tablet Effervescent

Selain mengecek fakta-fakta di balik mitos tentang tablet effervescent, kamu juga sebaiknya mengetahui apa saja keunggulan dari jenis tablet tersebut dalam ringkasan berikut.

1. Mudah Dikonsumsi

Berbeda dengan tablet biasa yang harus ditelan atau dikunyah, jenis tablet yang satu ini bisa dilarutkan dalam air sehingga konsumsinya lebih mudah layaknya sedang meminum sesuatu dari gelas. Bagi seseorang yang punya kendala dalam menelan obat, tablet effervescent bisa menjadi solusi yang tepat.

2. Efek Obat Cepat Terasa

Konsumsi tablet ini juga membuatmu bisa merasakan efek obat secara lebih cepat karena bentuknya yang cair membuatnya cepat terserap di dalam tubuh.

3. Varian Rasa Banyak dan Lebih Enak

Banyak yang gemar mengonsumsi tablet ini karena menawarkan varian rasa yang banyak seperti jeruk, lemon, anggur, rasberi, dan lain-lain. Selain itu rasanya juga cenderung manis sehingga lebih nikmat saat dikonsumsi.

4. Tablet Lebih Tahan Lama

Tablet effervescent diproduksi dengan inovasi dan teknologi khusus, sehingga membuatnya lebih awet dan tahan terhadap kelembapan/suhu tinggi. 

5. Aman bagi Lambung

Tablet biasa cenderung larut lebih lambat di perut, sehingga kerap menimbulkan maag atau perut kembung. Hal ini berbeda dengan jenis effervescent yang sudah larut saat dikonsumsi, sehingga mengurangi risiko iritasi pada lambung.

 

 

6. Meningkatkan Cairan di Tubuh

Konsumsi suplemen/multivitamin effervescent juga bisa meningkatkan cairan di dalam tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari kemungkinan dehidrasi. Pasalnya, tablet larut dalam air dan masuk ke dalam tubuh dalam bentuk cairan.

7. Dosis Dijamin Tepat

Dosis obat atau multivitamin effervescent dijamin tepat karena lebih mudah diukur jika dibandingkan dengan tablet biasa atau obat bubuk. Hal ini penting karena dosis tersaji secara konsisten sehingga efeknya lebih optimal di tubuh.

8. Mengatasi Kendala pada Pasien dengan Gangguan Medis Tertentu

Jenis tablet ini juga menjadi solusi yang cukup efektif terutama pada pasien yang kesulitan menelan obat atau memiliki kondisi lambung yang sensitif. Pasalnya, tablet effervescent mudah terserap oleh tubuh secara cepat, sehingga tidak akan membebani sistem pencernaan.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi multivitamin effervescent terbaik, maka wajib memilih Enervon-C Effervescent. Hadir dalam rasa jeruk yang menyegarkan, multivitamin yang satu ini mengandung 1000mg vitamin C yang bantu tingkatkan sistem imun dan melindungi tubuh supaya gak gampang sakit.

Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan vitamin B-Kompleks yang berperan penting dalam pembentukan energi di tubuh sehingga kamu akan senantiasa fit dan aktif sepanjang hari. Cukup minum 1 tablet per hari dan rasakan manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh. Ayo buktikan sekarang juga dengan membeli produknya pada tautan Tokopedia dan Shopee berikut ini ya!

 

Referensi:

1. Vineeta Devi Lodhi, Arvind Singh Jadon, Jyoti Sen, Prateek Kumar Jain, Bhupendra Singh Thakur, Basant Khare, Anushree Jain. Effervescent Tablets: Everything You Need To Know. researchgate.net

2. Ekky Juninka Sandi. Makalah Tablet Effervescent. academia.edu