Daya tahan tubuh yang baik membuat stamina kita selalu terjaga. Oleh sebab itu, penting untuk memelihara sistem imunitas demi kesehatan dan vitalitas tubuh. Salah satu cara tepat dalam menjaga stamina dan daya tahan tubuh yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian terutama vitamin yang menunjang aktivitas sehari-hari. Lalu, apa saja jenis vitamin stamina tubuh yang wajib kamu perhatikan? Simak jawabannya hanya di artikel ini!

Macam-Macam Vitamin Stamina Tubuh

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Selain mendukung aktivitas harian, vitamin juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, menguatkan tulang, serta mempercepat pemulihan luka. 

Kekurangan vitamin biasanya akan menimbulkan tanda-tanda tertentu seperti gusi berdarah, rambut mudah rontok, serta kuku yang rapuh. Selain itu, tubuh juga rentan sakit jika mengalami defisiensi vitamin. Jadi, kamu wajib memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengonsumsi sumber pangan alami yang mengandung vitamin stamina tubuh. 

1. Vitamin C

Vitamin C adalah primadonanya nutrisi untuk tubuh. Bagaimana tidak, ada banyak manfaat yang ditawarkan vitamin C terutama untuk kesehatan. Vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh serta melindungi kamu dari ancaman berbagai penyakit. 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan seperti jeruk, jambu merah, stroberi, bayam, paprika kuning, sawi, bayam, brokoli, dan lain-lain.

 

 

2. Vitamin D

Jaga stamina dan imunitas tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin D. Temukan nutrisi ini dengan menyantap sumber makanan alami seperti telur, keju, salmon, tuna, dan hati sapi. Kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari pagi. Waktu terbaik untuk mengoptimalkan nutrisi vitamin D di tubuh yaitu dengan berjemur selama 15 hingga 20 menit di antara jam 7 hingga 9 pagi. 

3. Vitamin A

Selama ini vitamin A dikenal sebagai nutrisi terbaik untuk kesehatan mata. Padahal, vitamin ini juga berperan penting dalam memperkuat daya tahan tubuh lho! Lalu apa saja sumber makanan yang mengandung vitamin A? Jawabannya adalah wortel, labu kuning, ubi, hati sapi, susu, paprika merah, dan melon.

 

 

4. Vitamin E

Vitamin stamina tubuh yang wajib kamu perhatikan berikutnya adalah vitamin E. Selain berperan dalam menjaga sistem imunitas, vitamin ini juga bisa diandalkan untuk melawan penyakit infeksi karena bersifat antioksidan. Temukan sumber pangan vitamin E yang tepat dari sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli, berbagai jenis biji-bijian, juga kacang-kacangan.

5. Vitamin K

Vitamin memiliki segudang manfaat bagi tubuh, yang di antaranya adalah mengoptimalkan proses pembekuan darah, mempercepat penyembuhan luka, hingga menjaga kesehatan tulang. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tadi, kamu bisa mengonsumsi brokoli, selada, kale, bayam, lobak hijau, asparagus, kiwi, blueberry, alpukat, tomat, dan anggur.

6. Vitamin B6 dan B12

Tingkatkan stamina dan daya tahan tubuh dengan memenuhi kebutuhan vitamin B6 dan B12 ke dalam tubuh. Vitamin B6 berfungsi untuk memproduksi sel darah putih yang berperan sebagai antibodi dalam melawan partikel penyebab penyakit bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi ikan, hati sapi, kentang, ayam, kacang-kacangan, alpukat, pisang, dan sayuran hijau.

Di sisi lain, vitamin B12 bermanfaat untuk pembentukan protein, sel darah, dan jaringan tubuh, yang menunjang sistem imunitas. Sumber pangan yang kaya akan jenis vitamin ini adalah susu, keju, hati sapi, telur, sereal, pisang, mangga, apel, dan juga blueberry.

7. Zinc (Zn)

Zinc merupakan sumber mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, nutrisi ini mampu memelihara kinerja antibodi dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah sakit. 

Bahkan, kebutuhan Zinc yang terpenuhi juga bisa mengatasi peradangan, mempercepat proses penyembuhan luka, mengatasi jerawat, dan mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Rasakan manfaat dari Zinc dengan mengonsumsi daging sapi, ayam, telur, keju, kacang-kacangan, bayam, jamur, dan bawang putih.

 

 

8. Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk membantu distribusi oksigen ke dalam tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga berperan dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi, mengurangi iritabilitas, serta meningkatkan stamina tubuh. Makanan seperti kacang-kacangan, brokoli, ayam, dan seafood merupakan sumber zat besi terbaik yang sebaiknya kamu konsumsi.

Enervon-C Effervescent sebagai Vitamin Stamina Tubuh Terbaik

Selain mendapatkan asupan vitamin dari sumber makanan alami, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Enervon-C Effervescent adalah pilihan multivitamin stamina terbaik yang wajib kamu pilih.

Di dalam multivitamin ini tersimpan 1000 mg vitamin C yang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu saja, Enervon-C Effervescent juga diperkaya dengan vitamin B-Kompleks yang memaksimalkan fungsi metabolisme dalam pembentukan energi.

Kombinasi keduanya mendukung terpeliharanya kesehatan tubuh, sistem imunitas, serta memastikan tubuh selalu fit dan berenergi. Konsumsi 1 tablet per hari akan membuatmu selalu aktif dan gak gampang sakit!

Ayo buktikan sendiri khasiat dari Enervon-C Effervescent dengan berbelanja sekarang juga melalui tautan Tokopedia dan Shopee berikut!

Referensi:

1. Beth Sissons. The best vitamins and supplements for energy. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326756#summary 

2. Gavin Van De Walle, MS, RD. 11 Vitamins and Supplements That Boost Energy. https://www.healthline.com/nutrition/best-supplements-for-energy