Memiliki badan yang fit dan sehat adalah impian semua orang. Lalu, apakah kamu sudah memiliki hal ini sekarang? Vitalitas tubuh yang baik tidak hanya ditandai dengan bebas penyakit, tapi juga kondisi kulit, mata, dan rambut yang sehat. Namun tak hanya itu saja lho! Yuk kenali apa saja ciri-cirinya dan berbagai tips untuk memiliki kondisi tubuh yang fit sepanjang hari dalam artikel berikut ini.

Ciri-Ciri Badan Fit

Lalu seperti apa ciri-ciri badan yang fit? Nah, untuk mengetahui apakah kamu sudah cukup fit atau belum, kenali berbagai indikatornya berikut ini.

1. Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Apa pun

Tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit apa pun merupakan ciri-ciri utama dari badan fit. Dengan kata lain, badan tidak menunjukkan adanya gangguan kesehatan atau kelainan apa pun meskipun sifatnya kecil.

2. Memiliki Berat Badan Ideal

Berat badan ideal adalah kunci penting dalam memelihara kesehatan tubuh. Dengan kata lain, berat tubuh normal dan sesuai dengan standar BB yang ada, tidak kurang atau justru lebih yang berujung pada obesitas.

Pasalnya, berat badan yang tidak normal akan meningkatkan potensi munculnya berbagai penyakit di tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mempertahankan berat badan agar tetap ideal.

3. Kondisi Kulit Sehat

Kebugaran seseorang juga bisa dilihat dari kondisi kulitnya. Seseorang yang memiliki badan fit biasanya juga punya kulit yang bersih, kencang, dan bebas noda. Kebalikannya, kulit yang penuh jerawat, terdapat banyak noda, terlalu berminyak atau kering, bengkak, ruam, hingga kemerahan, merupakan pertanda bahwa ada yang tidak beres pada organ dalam

4. Mata dan Rambut yang Sehat

Selain kulit, badan fit juga bisa terlihat dari mata dan rambut seseorang. Orang yang sehat jasmani dan rohani umumnya memiliki mata dan rambut yang sehat. Mata yang sehat digambarkan tampak jernih secara fisik, tidak kemerahan/kekuningan. 

Lalu seperti apa ciri-ciri rambut yang sehat? Rambut yang sehat ditunjukkan dengan tidak adanya ketombe yang berulang, rambut kuat, tidak mudah rontok, tidak bercabang, rambut tidak kering/berminyak.

5. Sistem Pernapasan Normal

Ciri-ciri badan fit berikutnya adalah memiliki sistem pernapasan yang normal. Perlu kamu pahami bahwa sistem respirasi yang normal ada di rentang hitungan 12 hingga 20 napas/menit. Hal tersebut sangat penting untuk memastikan paru-paru dan sistem pernapasan bekerja dengan efisien dan mengalirkan oksigen secara merata di dalam tubuh.

 

 

Tips Supaya Badan Tetap Fit Sepanjang Hari

1. Lakukan Latihan Pernapasan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa badan fit ditandai dengan sistem respirasi yang normal. Untuk menjaga hal ini, kamu bisa melakukan latihan pernapasan lewat olahraga yoga. Selain memastikan badan tetap fit, latihan pernapasan juga efektif untuk mengurangi tingkat stres dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

2. Perbanyak Buah dan Sayur

Jaga vitalitas tubuh dengan menerapkan pola makan sehat dan konsumsi lebih banyak buah dan sayur. Pasalnya, berbagai macam buah dan sayur menawarkan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, hal ini juga berperan penting dalam menjaga mood dan fungsi kekebalan tubuh.

3. Memastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

Memastikan tubuh tetap terhidrasi akan mempertahankan vitalis dan fungsi kognitif secara lebih baik. Oleh sebab itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan harian sesuai kebutuhan masing-masing. 

 

 

4. Tidur yang Cukup

Banyak orang yang menyepelekan waktu istirahat dan sering kali lupa diri untuk berhenti sejenak dari rutinitas yang padat. Padahal, memiliki waktu tidur yang cukup akan menunjang tubuh senantiasa fit dan kesehatan mental yang lebih baik.

Oleh sebab itu, upayakan untuk memiliki waktu tidur yang berkualitas demi kesehatan dan kesejahteraan diri. Mulailah dengan mengatur jadwal tidur secara teratur, menghindari kafein/alkohol di malam hari, tidak bermain ponsel menjelang waktu tidur, dan mengatur alarm.

5. Rutin Berolahraga

Untuk memastikan tubuh selalu fit, kamu bisa memulai aktivitas fisik atau rutin berolahraga. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan rajin berolahraga seperti meningkatkan energi, memperbaiki kinerja fisik, menjaga kesehatan mental, hingga menstabilkan gula darah. Pilih olahraga yang sesuai minat atau lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau mengikuti kelas yoga.

6. Mengelola Stres dengan Baik

Aktivitas harian yang padat sering kali membuat seseorang stres. Namun, kamu bisa mengatasi hal ini dengan cara meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal yang membuat hati bahagia. Dengan demikian, stres tidak akan mendominasi tubuh dan pikiran yang bisa berdampak negatif bagi kesehatan fisik maupun mental.

 

 

7. Konsumsi Multivitamin

Selain melakukan keenam cara di atas, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin tertentu untuk menjaga badan agar selalu fit setiap hari. Rekomendasi multivitamin terbaik yang wajib kamu pilih adalah Enervon-C Effervescent.

Berbeda dengan jenis vitamin pada umumnya, Enervon-C Effervescent hadir dalam bentuk tablet effervescent yang bisa dilarutkan dalam air. Rasanya juga lebih enak, segar, dan khasiatnya lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Multivitamin yang satu ini mengandung 1000mg vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Enervon-C Effervescent juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B-Kompleks yang berperan dalam pembentukan energi di tubuh.

Konsumsi Enervon-C Effervescent 1 kali sehari akan menjagamu supaya tidak gampang sakit dan memiliki badan fit serta aktif sepanjang hari. Ayo buktikan khasiatnya sekarang juga dengan membeli produk Enervon-C Effervescent secara online di halaman Shopee dan Tokopedia berikut!
 

Referensi:

1. Toheeb Olaide. Characteristics of a Physically Fit Person. https://classnotes.ng/lesson/characteristics-of-a-physically-fitperson-jss1/

2. Thrive Wellness Centre. 7 Simple Ways to Increase Energy and Vitality. https://www.thrivewellnesscentre.com.au/7-simple-ways-to-increase-energy-and-vitality/