Salah satu persiapan penting yang wajib kamu perhatikan selama bulan Ramadan adalah mengonsumsi makanan sahur agar kuat puasa seharian. Pasalnya, kamu harus menahan lapar dan haus sejak subuh hingga tiba waktunya maghrib. Tentu waktu tersebut tidak sebentar sehingga kamu membutuhkan asupan makanan yang tepat supaya ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar. Yuk simak makanan apa saja yang sebaiknya kamu utamakan saat sahur dengan membaca artikel berikut.

Makanan Sahur agar Kuat Puasa

Dalam menyiapkan makanan sahur agar kuat puasa, ada 4 nutrisi penting yang wajib kamu perhatikan yaitu karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan juga serat. Kenapa hal ini penting? Simak jawabannya dalam ulasan di bawah ini.

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Karena itu, mereka memberikan energi yang bertahan lebih lama, menjaga kamu merasa kenyang dan berenergi lebih lama.

Contoh makanan yang mengandung sumber nutrisi ini antara lain beras merah, quinoa, kentang, biji-bijian (gandum, barley, oatmeal), kacang-kacangan, sayuran hijau (bayam, brokoli), dan sayuran akar (wortel, labu).

2. Protein

Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Selama puasa, ketika asupan makanan terbatas dalam jangka waktu tertentu, konsumsi protein yang cukup, penting untuk memastikan bahwa tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Temukan sumber makanan alami yang kaya akan protein pada daging ayam, daging merah, telur, ikan, tahu, tempe, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Vitamin

Selama bulan puasa, penting untuk memperhatikan asupan vitamin yang cukup agar tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Beberapa vitamin yang diperlukan selama puasa adalah vitamin C, D, B, A, E, dan K.

Vitamin C: jeruk, stroberi, tomat, paprika, dan brokoli.

Vitamin D: ikan berlemak, kuning telur, dan produk susu.

Vitamin B: daging, ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan produk susu.

Vitamin A: wortel, bayam, ubi jalar, mangga, dan hati sapi.

Vitamin E: kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, dan sayuran hijau.

Vitamin K: sayuran hijau, brokoli, kubis, dan hati.

4. Serat

Serat berfungsi untuk membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat dari biasanya. Hal ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Contoh makanan yang kaya akan serat adalah sayuran hijau, buah-buahan, roti gandum, sereal gandum, sayuran akar, serta alpukat.

 

 

Menu Makanan Sahur agar Puasa Kuat Seharian

Berikut adalah beberapa contoh menu makanan sahur agar kuat puasa seharian yang bisa kamu coba ya!

1. Oatmeal dengan Buah-buahan Segar

Oatmeal kaya akan serat dan dapat memberikan energi tahan lama. Tambahkan potongan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry untuk nutrisi tambahan.

2. Telur Rebus/Panggang dengan Roti Gandum

Telur merupakan sumber protein yang baik dan dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Sajikan dengan roti gandum untuk tambahan serat.

3. Sup Sayuran

Sup sayuran ringan dapat memberikan hidrasi dan nutrisi yang diperlukan. Kamu bisa menambahkan protein seperti potongan daging ayam tanpa kulit atau tahu untuk kandungan protein tambahan.

4. Smoothie Protein

Buat smoothie dengan campuran buah-buahan, sayuran hijau (seperti bayam), yogurt rendah lemak, dan protein tambahan seperti bubuk protein kacang-kacangan atau whey protein.

 

 

5. Roti Gandum Utuh dengan Alpukat dan Telur

Roti gandum utuh mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Tambahkan irisan alpukat untuk lemak sehat dan telur untuk protein.

6. Bubur Quinoa

Quinoa merupakan sumber protein nabati yang kaya akan nutrisi. Masak quinoa dengan susu almond atau susu rendah lemak, tambahkan potongan buah-buahan atau kacang-kacangan untuk rasa dan nutrisi tambahan.

7. Salad Sayuran dengan Protein

Buat salad yang berisi campuran sayuran hijau, tomat, mentimun, dan tambahkan protein seperti potongan daging ayam panggang, keju rendah lemak, atau kacang-kacangan.

Pastikan kamu juga memenuhi asupan cairan dengan minum air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Selamat mencoba!

 

 

Minum Enervon-C Effervescent agar Daya Tahan Tubuh Makin Kuat

Selain menerapkan pola makan yang seimbang dan memadai selama sahur dan berbuka, kamu juga wajib memenuhi asupan cairan agar tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah-buahan dan sayuran yang kaya serat dapat membantu menjaga energi dan kesehatan selama puasa.

Untuk hidrasi tubuh, kamu sebaiknya minum air putih yang banyak dan mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Effervescent. Pasalnya, multivitamin yang satu ini berbentuk tablet effervescent yang larut dalam air sehingga bisa menambah asupan cairan bagi tubuh selama puasa.

Selain itu, Enervon-C Effervescent adalah suplemen vitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, serta mineral seperti zinc. Suplemen ini dapat membantu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin dan mineral bagi seseorang yang mungkin kekurangan nutrisi tertentu.

Tunggu apalagi, segera dapatkan produk Enervon-C Effervescent sekarang juga dengan mengunjungi tautan Tokopedia dan Shopee berikut!

 

Referensi:

1. Hellosehat. 9 Pilihan Makanan Sahur yang Tepat agar Kuat Berpuasa. https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/makanan-sahur/

2. Kemenkes RI. Tips Makan Sahur Agar Tetap Sehat dan Bugar. https://upk.kemkes.go.id/new/tips-makan-sahur-agar-tetap-sehat-dan-bugar