Cegukan biasanya hilang dengan cara minum air putih yang banyak, tapi bagaimana cara mengatasinya jika terjadi saat puasa? Apakah ada cara untuk menghilangkan cegukan saat puasa tanpa harus membatalkan puasa? Tenang, ternyata ada lho cara mengatasi masalah cegukan yang tidak mengganggu kelancaran ibadah puasa. Penasaran? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa Penyebab Cegukan saat Puasa?

Cegukan adalah kontraksi refleks yang tiba-tiba dan tidak terkendali dari otot diafragma, yang terletak di antara dada dan perut serta berperan dalam proses pernapasan. Kontraksi ini diikuti oleh penutupan tiba-tiba dari katup pita suara di tenggorokan, yang menghasilkan bunyi "hik" khas yang terdengar saat seseorang mengalami cegukan.

Cegukan biasanya terjadi secara spontan dan bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit. Meskipun cegukan pada dasarnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, terkadang kondisi ini bisa berlangsung dalam waktu yang lebih lama serta mengganggu.

Umumnya, cegukan disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk konsumsi makanan atau minuman dalam jumlah besar, perubahan suhu yang tiba-tiba, stres, kecemasan, atau iritasi pada diafragma. Lalu apa penyebab cegukan saat puasa? Beberapa faktor di bawah ini disinyalir menjadi pemicunya.

  • Konsumsi makanan atau minuman secara cepat saat berbuka atau sahur.
  • Makan berlebihan/terlalu banyak saat sahur.
  • Mengonsumsi minuman bersoda saat santap sahur.
  • Dehidrasi yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan dan menyebabkan cegukan.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang pedas.
  • Merasa stres atau cemas saat menjalankan ibadah puasa.
  • Perubahan pola makan yang memengaruhi sistem pencernaan dan mengakibatkan cegukan.
  • Perubahan kadar gula darah selama berpuasa.
  • Kondisi naiknya asam lambung.
  • Tubuh menelan udara terlalu banyak.
  • Reaksi otak terhadap emosi tertentu, seperti rasa gugup, terlalu semangat, dan cemas juga bisa menjadi salah satu penyebab cegukan saat puasa

 

 

Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kini saatnya kamu tahu bagaimana cara menghilangkan cegukan saat puasa. Berikut beberapa langkah tepat meredakan cegukan tanpa harus membatalkan puasa.

1. Bernapas Perlahan

Bernapas perlahan dan dalam dapat membantu merelaksasi otot-otot di diafragma dan mengurangi kejang yang menyebabkan cegukan. Cobalah untuk melakukan beberapa tarikan napas dalam dan perlahan melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.

2. Bernapas di Kantong Kertas

Cara menghilangkan cegukan saat puasa juga bisa kamu upayakan dengan bernapas menggunakan kantong kertas. Hal ini akan meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh yang menyebabkan diafragma berkontraksi lebih untuk meningkatkan kadar oksigen sehingga frekuensi cegukan perlahan-lahan berkurang.

Mulailah dengan menghirup udara, kemudian keluarkan dalam kantong kertas tersebut secara berulang hingga cegukan hilang.

3. Teknik Distraction

Terkadang, mengalihkan perhatian dari cegukan bisa membantu menghentikannya. Cobalah untuk fokus pada sesuatu yang menarik atau mengalihkan perhatian dengan berbicara dengan orang lain.

4. Menekan Area di Atas Lengan

Beberapa orang merasa bahwa menekan atau mengurut bagian di atas lengan, khususnya di bagian bawah bahu, dapat membantu menghentikan cegukan.

Jika cegukan berlanjut dalam waktu yang lama dan tidak dapat diatasi dengan cara-cara di atas, konsultasikan dengan tenaga medis untuk penanganan lebih lanjut.

 

 

5. Menekan Hidung dengan Gerakan Menelan

Cara menghentikan cegukan lainnya yaitu dengan menekan hidung sambil melakukan gerakan menelan. Langkah ini dapat membantu otot-otot diafragma menjadi lebih rileks, sehingga cegukan bisa berhenti tanpa harus membatalkan puasa.

6. Memijat Area Ulu Hati dengan Lembut

Otot-otot diafragma terletak tepat di bawah ulu hati atau perut bagian atas. Memijat area ulu hati secara lembut dapat membantumu untuk mengatasi masalah cegukan saat puasa. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal memijat lembut area ulu hati menggunakan ujung jari selama 20-30 detik.

7. Menarik Lidah

Cobalah untuk menarik lidahmu. Menarik lidah dapat merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Pegang ujung lidah dan tarik perlahan ke depan satu atau dua kali.

 

 

Puasa Lancar dengan Konsumsi Enervon-C Tablet

Demikian informasi penting terkait cara menghilangkan cegukan saat puasa yang bisa kamu simak. Nah, agar puasa lancar, kamu sebaiknya juga mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet supaya tubuh selalu fit dan tidak mudah sakit.

Enervon-C Tablet adalah suplemen/multivitamin yang mengandung kombinasi vitamin C dan B-Kompleks. Vitamin C atau asam askorbat adalah zat/nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan vitamin B-Kompleks membantu dalam konversi karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh sel-sel tubuh.

Jadi, konsumsi 1 tablet Enervon-C Tablet sekarang juga ya!

 

Referensi:

1. Siloam Hospitals. Ini 9 Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa yang Efektif. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-menghilangkan-cegukan-saat-puasa

2. NHS. Hiccups. https://www.nhs.uk/conditions/hiccups/