Anemia merupakan kondisi seseorang memiliki jumlah sel darah merah atau haemoglobin dibawah normal. Selain itu, kekurangan sel darah merah dapat menghambat proses sirkulasi oksigen yang terjadi di dalam tubuh. Akhirnya, kamu akan mengalami kelelahan serta pusing di bagian kepala.

Namun jangan khawatir, kamu bisa mengobati keadaan ini dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat membantu menambah sel darah merah dalam tubuhmu.

Apa saja makanan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Jambu biji

Credit: hipwee.com

Buah yang satu ini memng terbukti memiliki kandungan yang dapat menambah sel darah merah. Kandungan zat besi di dalamnya menjadikan sebagai buah yang wajib dikonsumsi bagi penderita demam berdarah.

Meski begitu, sebaiknya kamu konnsumsi buah jambu biji yang berwarna merah, karena lebih banyak mengandung vitamin C.

2. Pisang

Credit: mashed.com

Pisang juga merupakan buah yang kaya zat besi dan mengandung kalium, vitamin, serta mineral penting bagi tubuh, yang dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin, masalah anemia dapat segera teratasi.

3. Daging

Credit: trainright.com

Daging juga ternyata ampun untuk menambah sel darah. Makanan yang sering dikonsumsi banyak orang ini mengandung zat besi dan protein yang tinggi. Jadi, cocok deh untuk penderita anemia.

4. Kismis

Credit: thespruceeats.com

Buah kering yang satu ini ternyata mengandung zat besi. Dalam 2/3 gelas kismis mengandung zat besi sekitar 2 gram. Kamu bisa mengonsumsi kismis dengan ditambahkan ke dalam kue, sereal, oatmeal, atau dikonsumsi langsung.

5. Bayam

Credit: pbs.org

Bayam sangat identik dengan sebutan sayur bening. Meski begitu, kandungan gizi di dalamnya cukup lengkap untuk menunjang kesehatan tubuhmu. mulai dari serat, protein nabati, hingga vitamin A dan E. Semua kandungan ini dapat membantu proses kerja pembentukan haemoglobin.

6. Buah naga merah

Credit: pacrimpuree.com

Dari warnanya saja sudah terlihat bahwa buah naga merah merupakan salah satu makanan untuk menambah sel darah merah. Hal ini dibuktikan dengan kandungan zat besi, fosfor, kalium, dan berbagai vitamin yang terdapat dalam buah ini.

7. Daun singkong

Credit: hellosehat.com

Bagi orang Indonesia, sayur yang satu ini pasti sudah sering ditemui. Daun singkong memiliki manfaat untuk mengatasi kondisi kekurangan sel darah merah. Beberapa kandungan dalam daun singkong, yaitu vitamin B1, vitamin C, fosfor, zat besi, karbohidrat, lemak, dan protein.

8. Kacang hijau

Credit: 

Kacang hijau merupakan makanan yang dikenal sebagai antioksidan, yang dapat mencegah radikal bebas dan membantu pembentukan sel. Selain itu, berkat kandungan zat besi di dalamnya, kacang hijau juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

 

Tidak hanya enak, makanan- makanan penambah sel darah ini sangat bermanfaat untuk tubuh. Bahkan tidak hanya anemia saja, makanan- makanan tersebut dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain mengonsumsi makanan- makanan tersebut, konsumsi vitamin C dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Atau Enervon Active yang mengandung non acidic vitamin C sehingga aman di lambung dan Zinc yang bikin kamu nggak gampang lelah dan tetap aktif.

 

 

Featured Image - fitoru.com