Dampak virus corona COVID-19 sudah terasa. Mulai dari harus benar- benar berjaga jarak dengan orang lain, sampai harus tetap #dirumahaja. Tentu saja hal ini membuat kamu bosan ya.

Agar tidak bosan, banyak lho kegiatan seru yang bisa kamu lakukan meskipun harus tetap berdiam di rumah. Salah satunya denan berwisata ke museum di seluruh dunia secara virtual. Ini bisa kamu lakukan dengan mengakses https://artsandculture.google.com/, kemudian pilih museum yang kamu ingin kunjungi.

Biar kamu nggak bingung harus mengunjungi museum mana, ini dia 5 rekomendasi museum terbaik yang bisa kamu akses melalui fasilitas museum virtual.

1. Musee d’Orsay, Paris, Prancis

Credit: tourorsay.fr

Meskipun prancis sudah melakukan lockdown di negaranya. Tetapi, Musee d’Orsay tetap memiliki cara sendiri untuk mengedukasi tamunya, meskipun tidak datang secara langsung. Museum ini merupakan salah satu museum yang bisa kamu kunjungi secara virtual.

Museum ini merupakan rumah bagi seniman asal Prancis pada tahun 2848 dan 1914. Beberapa di antaranya, seperti karya Monet, Cézanne, Gauguin, dan masih banyak lagi.

2. Museum Van Gogh, Amsterdam, Belanda

Credit: myguideamsterdam.com

Selain Prancis, Belanda juga memiliki museum fenomenal yang menyuguhkan berbagai hal mengenai Vincent Van Gogh. Terdapat sekitar 200 lukisan, 500 gambar, dan lebih dari 750 surat milik Van Gogh di dalamnya. Seru ya?

3. Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer, Seoul, Korea Selatan

Credit: divisare.com

Selain K-Pop, Korea Selatan juga memiliki museum seni kontemporer yang sangat indah, lho. Museum ini akan menyuguhkan napak tilas perjalanan Korea Selatan dalam memadukan seni dan budayanya.

Di dalam museum tersebut ada beberapa ruangan tematik yang memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya, Gwacheon yang menawarkan berbagai pemandangan yang memukai. Selain itu, ada pula genre seni visual seperti arsitektur, desain, dan kerajinan.

4. Museum Nasional, Jakarta, Indonesia

Credit: jakartatraveller.com

Tidak hanya di luar negeri saja, beragam museum di Indonesia juga bisa kamu akses secara virtual lho. Salah satunya Museum Nasional Jakarta. Museum ini menyimpan lebih dari 100 ribu koleksi peninggalan bersejarah. Meliputi arca, batik, patung, karya seni, prasasti, dan lain sebagainya.

Museum ini merupakan tempat terbaik untuk mempelajari peradaban, sistem sosial, seni, budaya, agama, dan pemerintahan Indonesia di zaman dahulu.

5. Uffizi Gallery, Florence, Italia

Credit: getyourguide.com

Rekomendasi terakhir museum virtual yang bisa kamu kunjungi adalah Uffizi Gallery yang dirancang oleh Giogio Vasari pada tahun 1560. Pada awalnya, bangunan ini didirikan untuk tempat tinggal Cosimo I de’Medici dari Tuscany, yang merupakan keluarga terkaya di Florence.

Namun, seiring berjalannya waktu, tempat ini dijadikan sebagai rumah pameran yang menyimpan peninggalan keluarga tersebut. Di dalamnya terdapat karya seni, artefak, dan patung kuno yang bisa kamu nikmati.

Nah, itulah kelima rekomendasi museum yang bisa kamu kunjungi secara virtual di saat kamu harus #dirumahaja saat ini! Seru ya, kamu tetap bisa berjalan- jalan, meskipun di dalam rumah.

 

Featured Image -  hypebeast.com