Saat ini dunia sedang mengalami pandemic virus corona COVID-19. Berbagai informasi dan berita mengenai virus corona terus muncul setiap harinya. Ini tentu bisa saja membuat anak- anak bertanya apakah itu virus corona.

Ketika mendengar berita- berita yang kurang menakutkan, anak- anak bisa saja merasa cemas, sedih, dan bahkan stress. Oleh karena itu, kamu perlu menjelaskan dengan baik pada anak mengenai virus corona.

Bagaimana cara yang tepat untuk menjelaskan virus corona pada anak? Berikut ini cara- cara yang bisa kamu terapkan.

Bersikap Terbuka dan Ajak Anak Berdiskusi

Credit: /lifestyle.okezone.com

Ketika anak bertanya mengenai virus corona, sebagai orangtua kamu tidak boleh menyepelekan hal ini. Karena, bisa saja anak mencari- cari informasi sendiri, dan justru mendapat informasi yang tidak benar.

Memberikan informasi pada anak memang gampang- gampang susah, apalagi mengenai hal yang sensitif seperti ini. Coba, berusaha untuk mengerti apa yang anak khawatirkan, dengarkan anak, kemudian ajak mereka berdiskusi ringan. Dan, selalu buat anak- anakmu merasa mereka dipahami.

Hindari Menakut- Nakuti Anak

Credit: uniquemindcare.com

Hindari memberikan penjelasan anak dengan cara menakuti- nakutinya. Justru, orangtua seharusnya mengajarkan anak untuk melawan virus corona dengan baik dan sesuai dengan langkah- langkah pencegahan yang dianjurkan. Hindari kata- kata yang justru dapat membuat anak takut. Karena, hal ini bisa membuat ia merasa cemas dan stress.

Selain itu, jelaskan pada anak dengan tenang untuk tidak perlu khawatir karena virus corona dapat dicegah dan bisa sembuh.

Lakukan Aktivitas Seperti Biasa

Credit: verywellfamily.com

Agar anak- anak tidak takut adalah dengan menciptakan sitasi seperti biasanya. Ajak anak bermain di rumah, makan malam bersama, atau kumpul keluarga agar ia merasa terhibur. Hindari membiasakan anak menonton televisi atau melihat informasi buruk mengenai virus corona.

Ajari Cara Anak Untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Credit: qns.com

Cara terbaik untuk mencegah anak tertular virus corona adalah dengan tetap menjaga kebersihan serta kesehatannya. Ajarkan pada anak bahwa virus corona dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan benutrisi, perbanyak makan buah dan sayur, tidur yang cukup, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Ajak anak untuk rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bermain. Ajarkan anak mencuci tangan yang baik dan benar dengan cara yang menyenangkan seperti mengikut alunan lagu.

Selain menerapkan pola hidup sehat, berikan anak mulvitiamin Enervon-C Plus Syrup yang mengandung vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin C, dan Vitamin D agar kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga.

Perhatikan Gestur Anak Saat Diskusi Berakhir

Credit: tribunnews.com

Kamu mungkin sudah berusaha sebaik mungkin untuk menjelaskan apa itu virus corona pada anak. Namun, tidak berhenti sampai disini saja.

Setelah berdiskusi, perhatikan gestur atau tingkah anak, apakah ia menunjukkan adanya kegelisahan atau tidak. Usahakan agar anak rileks dan mengikuti langkah- lengkah pencegahan virus corona.

 

Featured Image - nakita.grid.id