Penyebaran Covid-19 yang semakin meluas membuat pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing, termasuk tetap berada di rumah saja. Selama masa physical distancing, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Jika daya tahan tubuh sudah baik, maka risiko terserang virus penyebab penyakit pun akan menurun. Nah, untuk itu ada 5 cara yang bisa kamu lakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama di rumah aja. Apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Credit: thejakartapost.com

Konsumsi minimal 2 liter air atau setara 8 gelas setiap harinya. Air memiliki banyak manfaat, seperti menyalurkan kadar oksigen ke seluruh sel tubuh, sehingga sistem peredaran darah tetap lancar. Selain itu, air data membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan menjaga fungsi ginjal.

Selalu letakkan botol berisi air di dekatmu atau meja kerja saat di rumah. Atau kamu bisa memasang alarm di smartphone yang mengingatkanmu untuk memenuhi kebutuhan cairan.

2. Tidur yang Cukup

Credit: economictimes.com

Meskipun di rumah saja, tapi penting untuk tetap  memperhatikan pola istirahatmu sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga. Ketika tubuhmu kurang istirahat, maka hal ini dapat membuatmu lebih mudah terinfeksi virus.

Cukupi kebutuhan istirahatmu dengan membiasakan tidur selama 7-8 jam sehari agar kondisi tubuh tetap rpima. Selain itu, kamu juga bisa melakukan power nap selama 15-20 menit di sela- sela kerja.

3. Tetap Rutin Berolahraga

Credit: liputan6.com

Selama di rumah saja, sebagian dari kamu mungkin merasa malas untuk berolahraga. Namun, malas berolahraga justru dapat menyebabkan sirkulasi darah jadi tidak lancar, lho. Dan pada akhirnya ototmu akan terasa kaku dan oksigen tidak dapat mengalir lancar ke otak.

Disarankan untuk berolahraga tiga sampai empat kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit saja. Kamu bisa melakukan olahraga yoga, push up, sit up, maupun cardio dance selama di rumah saja.

4. Jaga Pola Makan

Credit: hellosehat.com

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus penyebab penyakit. Selain itu, terapkan pola makan yang teratur selama di rumah saja. Dan hindari melewati jadwal makan agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

5. Konsumsi Multivitamin

Credit: health.clevelandclinic.org

Selain keempat tips di atas, kamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B Kompleks. Kedua vitamin ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, menjaga energimu, dan memaksimalkan proses metabolisme tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B Kompleks untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan terhindar dari berbagai macam virus penyebab penyakit. Dan konsumsi Enervon-C dua kali sehari secara rutin untuk hasil yang optimal.

 

Featured Image - rimma.co