Akibat pandemi Covid-19, saat ini sebagian besar perusahaan memberlakukan kebijakan work form home atau WFH, untuk mengurangi penyebaran virus corona. Namun, tidak sedikit pekerja yang memilih untuk menggunakan laptop sambil duduk di atas tempat tidur dalam waktu yang cukup lama.

Ternyata, kebiasaan bekerja di atas tempat tidur ini dapat menimbulkan dampak negatif, lho! Menurut pakar tidur, Sophie Bostock, kebiasaan ini sangat tidak disarankan.

Mengapa demikian? Yuk, simak alasan mengapa sebaiknya kamu menghindari bekerja di atas tempat tidur!

1. Mengurangi Waktu Istirahat

Credit: timesindonesia.co.id

Mungkin kamu menganggap bahwa bekerja beberapa saat di atas tempat tidur sambil menunggu rasa ngantuk datang di malam hari bukanlah masalah. Namun, hal ini justru dapat membuatmu semakin segar, ditambah dengan pekerjaan yang harus diselesaikan, maka rasa ngantuk pun menghilang.

Keadaan ini justru dapat menggangu waktu istirahatmu. Efeknya, tubuh akan terasa tidak enak saat bangun keesokan harinya, badan terasa lemas, dan kamu pun jadi sulit fokus bekerja.

2. Punggung Sakit

Credit: klikdokter.com

Saat bekerja di atas tempat tidur, biasanya kamu cenderung duduk dalam posisi membungkuk. Hal ini dapat menyebabkan tulang punggung jadi melengkung, dan menimbulkan rasa sakit jika terus dilakukan dalam waktu yang lama. Bahkan, rasa sakit punggung ini dapat mengganggu istirahatmu di malam hari.

3. Menurunkan Produktivitas Kerja

Credit: freepik.com

Bekerja di tempat tidur pada dasarnya bersifat kontraproduktif. Karena, selama ini yang ada dipikiranmu kasur adalah tempat untuk beristirahat. Oleh karena itu, ketika kamu bekerja di tempat tidur, kamu akan merasa lebih malas, dan berujung kamu jadi tidur bukan bekerja. Pekerjaan jadi terbengkalai dan produktivitas kamu dapat menurun, lho!

4. Tidak Higienis

Credit: mediaindonesia.com

Ketika bekerja di atas tempat tidur, kamu pasti sembari membawa laptop, buku catatan, smarthone, dan dokumen- dokumen penting lainnya. Mungkin hal ini terlihat wajar, tapi tahukah kamu bahwa benda- benda tersebut menyimpan kuman atau bakteri?

Tumpukan barang yang kamu bawa ke atas tempat tidur tersebut mungkin saja menyimpan bakteri atau kuman, yang kemudian dapat menempel pada kasurmu. Belum lagi laptop atau smartphone yang sudah kamu pegang berkali- kali dalam sehari.

Jadi, ketika kamu bekerja di atas tempat tidur, sama saja kamu sedang memindahkan banyak debu, kotoran, dan juga bakteri ke seprei kasur. Tentu saja, hal ini dapat mengganggu kamu, karena tempat tidur jadi tidak bersih.

5. Cahaya yang Tidak Kondusif

Credit: hipwee.com

Lingkungan kerja yang baik sebenarnya tidak boleh minim cahaya matahari, yang berfungsi sebagai booster alami untuk meningkatkan mood sehingga kamu dapat lebih bersemangat dalam bekerja.  Sebaliknya, kalau kamu tidur harus terhindar dari sinar ultraviolet karena kulit yang terkena sinar biru enggak akan bisa beristirahat. Nah, itulah penyebabnya ruang kerja dan ruang tidur enggak boleh disamakan!

Nah, sudah tahukan alasan mengapa sebaiknya kamu tidak bekerja di atas tempat tidur? Mulai, sekarang yuk coba hindari hal ini, agar kesehatan tubuh serta produktivitasmu tetap terjaga dengan baik.

Untuk membantu produktivitas kerjamu tetap baik, yuk konsumsi Enervon Active yang mengandung vitamin C, B Kompleks, dan Zinc untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu, agar tidak mudah lelah selama beraktivitas seharian.

 

Featured Image - goalcast.com