Tidak terasa, sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba. Namun, sayangnya karena pandemi Covid-19, maka akan ada banyak keterbatasan dalam melaksanakan berbagai kegiatan dan ibadah di bulan suci ini.

Persiapan bulan Ramadhan di tengah pandemi tentu berbeda dengan biasanya. Ada hal- hal penting yang sebaiknya kamu persiapkan dengan baik. Nah, berikut ini 5 hal yang harus dipersiapkan menjelang Ramadhan di tengah wabah virus corona.

1. Cukupi Istirahat

Credit: klikdokter.com

Tidak hanya saat bulan puasa saja, tapi istirahat juga penting dibutuhkan sehari- hari untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Imun yang kuat tentu akan memiliki risiko yang lebih rendah terserang berbagai virus penyebab penyakit, termasuk virus corona. Untuk itu, cukupkan istirahatmu sebelum sahur, usahakan tidur lebih awal dan hindari begadang.

2. Lakukan Ibadah Di Rumah

Credit: dream.co.id

Bulan puasa memang identik dengan berbagai rangkaian ibadah yang bertujuan untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Sayangnya, melakukan ibadah berjamaah saat ini bukanlah ide yang baik. Dalam masa pandemi Covid-19, alangkah baiknya jika kita semua menghindari kerumunan agar penularan Covid-19 tidak semakin menyebar.

Menteri Agama Fachrul Razi pun sudah menerbitkan surat edarakan agar masyarakat melakukan ibadah, termasuk Tarawih di rumah saja.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Credit: everydayhealth.com

Menjaga asupan makanan untuk tubuh juga sangat penting untuk diperhatikan di bulan puasa. Usahakan untuk sahur dengan makanan yang kaya akan nutrisi, serta konsumsi banyak sayur dan buah- buahan yang kaya akan vitamin, ya. Dengan begitu, sistem imun tubuhmu jadi tidak mudah melemah dan ibadah puasa pun tetap lancar.

4. Stok Makanan Secukupnya

Credit: shapedbycharlotte.com

Berkeliling mencari makanan berbuka puasa alias ngabuburit, merupakan hal yang perlu kamu hindari pada bulan puasa di masa pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, stok bahan makanan untuk mengurangi terlalu sering berpergian keluar rumah.

Tapi kamu harus ingat, ya. Lakukan stok makanan secara bijaksana dan secukupnya saja. Hindari menimbun berlebih, karena ada orang lain di luar sana yang juga membutuhkannya.

5. Lakukan Aktivitas Di Rumah Saja

Credit: thejakartapost.com

Selain tidak beribadah di luar rumah, sebaiknya hindari pula aktivitas yang tidak terlalu penting di luar rumah. Seperti acara kumpul buka bersama, hingga bertemu dengan teman- temanmu. Di tengah wabah corona, kegiatan tersebut sebisa mungkin dihindari, ya.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa silaturahmi, lho. Kamu dapat memanfaatkan teknologi, misalnya mengadakan acara buka puasa bersama teman secara virtual melalui video call.

Nah, itulah kelima hal yang sebaiknya kamu persiapkan dan lakukan saat bulan puasa. Agar puasamu semakin lancar, selalu minum multivitamin Enervon-C dua kali sehari, saat sahur dan buka puasa ya!

Enervon-C mengandung vitamin C yang tentu saja bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuhmu dan vitamin B Kompleks yang berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat menjadi energi tahan lama untuk beraktivitas seharian.

 

Featured Image - genpi.co