Percaya atau tidak kalau tidak selamanya lho kepintaran jadi hal yang utama untuk menentukan kesuksesan pekerjaan kamu di kantor. Hal ini tentu terkait dengan beberapa hal yang mesti kamu punya juga.

Beberapa hal yang dimaksud adalah sifat-sifat kamu dalam menghadapi pekerjaan dan soft skills yang memang mesti kamu punya. Sifat-sifat ini bisa mendukung kepintaran kamu, atau jika memang kamu tidak begitu cermerlang secara teori, deretan sifat-sifat ini tetap bisa bantu kamu.

 

 

Nah penasaran dengan sifat-sifat atau soft skills apa saja yang dimaksud? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

5 Soft Skills yang Kamu Butuhkan!

credit: liputan6.com

 

Fleksibel dengan Semua Orang

Sifat atau soft skill pertama yang mesti kamu ketahui dan kamu terapkan di dunia pekerjaan adalah fleksibilitas untuk semua orang. Ini artinya kamu bisa bekerja secara tim dengan baik. Kamu tidak masalah dengan orang lain sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan terkait dengan mereka.

 

Bisa Terima Kritik dan Saran

Kemudian, sifat atau soft skill yang kedua adalah bisa terima kritik dan saran dari semua orang tanpa mesti menyimpan dendam ya. Ingat, kritik dan saran jika kamu bisa pilah dengan baik, bisa jadi bahan evaluasi kamu dan kamu bisa lebih berkembang lagi.

Jika sedang menerima kritik atau saran, kamu bisa pilah mana yang bisa kamu ambil dan tidak. Setelah itu, kamu pikirkan jika memang itu jadi kekurangan mu, kamu bisa latihan untuk mengimprovisasi hal tersebut.

 

Berpikir Dingin Tanpa Emosi

Untuk bisa menerima kritik dengan mulus – tentu kamu tidak perlu sampai emosi atau bahkan membuat masalah serta konflik baru di kantor. Oleh karena itu, kamu mesti bisa berpikir dingin tanpa emosi. Jika kamu terbiasa dengan tenang, masalah apapun tidak perlu kamu takutkan.

Kamu bisa bekerja dengan tenang, tidak terganggu oleh ucapan atau tindakan toxic karena kamu tahu semua itu adalah godaan saja. Jadi pastikan kamu bisa berpikir dingin tanpa emosi ya!

 

Menyelesaikan Pekerjaan Dengan Efektif dan Benar

Pekerjaan kantor tentu mempunyai tenggat waktu atau deadline. Oleh karena itu, sifat atau soft skill yang mesti kamu miliki dan terapkan adalah terbiasa menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan benar. Hal ini akan menghindarkan kamu dari berbagai revisi terkait pekerjaan tersebut.

 

Tidak Banyak Mengeluh

Terakhir, ada satu sifat yang mesti kamu miliki dan kamu terapkan nih – yaitu tidak mudah mengeluh. Memang sih pekerjaan akan seperti air laut yang tidak akan ada habisnya. Pasti bertambah terus. Tapi jika kamu mau sukses dalam pekerjaan, tidak perlu banyak mengeluh dan tinggal kamu kerjakan saja.

 

 

Kalau memang overload – kamu bisa minta tolong dengan bagian HRD untuk menanyakan apakah ada orang lain yang bisa bantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jika memang tidak kuat sendiri, sila minta bantuan ya!

 

Feature Image – soloposfm.com