Bulan Ramadhan kali ini memang berbeda. Jika tahun lalu kamu mesti menjalani puasa sembari bekerja di kantor, untuk tahun sekarang – kamu berpuasa sembari bekerja dari rumah. Mesti kamu mengerti, konsep bekerja dari rumah untuk sekarang jadi salah satu langkah efektif untuk mengurangi angka yang terinfeksi Covid-19.

Mungkin sudah ada yang hampir satu bulan menjalani work from home. Di luar sana, larangan mudik semakin ketat. Banyak dari mereka yang masih berkeliaran di luar sana, disarankan putar arah dan kembali ke rumah.

Jika kamu tidak ada hal yang mendesak, sebaiknya juga tetap berada di rumah saja, ya. Tidak perlu keluar untuk terhindar dari paparan virus corona yang sekarang statusnya masih jadi pandemi di Indonesia. Semoga, hal ini cepat berakhir.

 

 

Nah, terkait berpuasa dari rumah saat WFH – salah satu tantangan besar saat menjalankannya adalah rasa kantuk. Maklum, yang biasanya kamu mesti ke kantor dan mendapatkan suasana baru, sekarang kamu masih terus harus berada di rumah sehingga kesan ‘libur’ semakin kental.

Padahal masih aktif bekerja, ya. Tetap semangat nih buat yang terus mengerjakan pekerjaan kantor. Buat kamu yang non-aktif, jangan patah semangat ya! Semoga kondisi ini akan membuat kamu mendapatkan tempat yang lebih baik.

Terlepas dari hal tersebut – apakah kamu ada kiat khusus untuk terhindar dari rasa kantuk yang melanda saat mesti WFH dan berpuasa? Jika belum, tenang saja – sila simak bahasan kali ini sampai habis yang punya 6 cara cerdas untuk atasi rasa kantuk saat puasa dan WFH!

 

6 Cara Cerdas Atasi Rasa Kantuk Saat Puasa dan WFH!

credit: cekindo.com

 

Miliki Tidur yang Berkualitas!

Berpuasa tentu membuat pola hidup mu menjadi sedikit berbeda daripada sebelumnya. Perbedaan itu terdapat pada momen sahur yang mesti kamu jalankan. Maklum untuk bangun di jam 3-4 pagi memang tidak semua orang terbiasa.

Hal ini membuat jam tidur kamu jelas mempunyai perbedaan. Oleh karena itu, sebelum bangun sahur, usahakan kamu punya tidur yang berkualitas. Jika memang tidak ada urgensi untuk begadang, kamu bisa langsung beristirahat setelah ibadah solat tarawih ya.

 

Tidur Sebentar Saat Waktu Istirahat

Saat siang hari, kamu bisa lho untuk istirahat tidur sejenak. Tidur sejenak yang dimaksud adalah tidur siang yang hanya berdurasi 5-20 menit saja, lho. Percaya atau tidak, hal ini bisa membuat mu lebih segar dan lebih produktif.

 

Tidak Terpaku ke Layar Laptop

Supaya rasa kantuk tidak semakin berat – ada baiknya jika kamu tidak terlalu berfokus pada layar laptop saja. Selingi dengan memandang sekitar setiap 20-30 menit sekali. Berkeliling rumah sejenak untuk membuat badan dan pikiran tetap segar.

 

Mencuci Muka

Tidak apa kok jika memang benar diniatkan untuk mencuci muka agar lebih segar ya. Hal ini adalah cara yang dinilai cukup ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk mu. Usahakan air dingin saja ya untuk membasuh mukanya.

Hal ini terkait dengan efek yang diberikan oleh air dingin, lho. Air dingin bisa membuat mu merasa lebih rileks dan segar sehingga bisa bantu tubuh kamu untuk tetap bisa berkonsentrasi.

 

Pemanasan atau Peregangan Sederhana

Tidak perlu seperti pemanasan saat ingin berolahraga ya. Peregangan sederhana ini bisa kamu lakukan seperti menarik tangan, menggoyangkan pinggang dan pinggul dan lainnya. Duduk berjam-jam di depan layar laptop saat WFH tentu bisa membuat tubuh terasa kaku. Oleh karena itu, pastikan kamu lakukan peregangan setiap satu jam sekali ya!

Peregangan ini juga bisa kok berbentuk keliling rumah sejenak, melakukan hal lain sebentar sampai fokus kamu kembali lagi dan siap untuk melanjutkan pekerjaan kantor.

 

Ngobrol Dengan Teman Kantor!

Menggunakan aplikasi Zoom atau telfon dengan fitur video call adalah beberapa cara untuk kamu tetap bisa mengobrol dengan teman. Hal ini dipercaya bisa mengusir kantuk, lho. Terlebih kamu bisa tetap menjalin silaturahmi dengan mereka.

 

 

Wah bagaimana nih? Untuk bisa tetap fokus, selain melakukan 6 cara cerdas di atas, kamu bisa lho mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active agar terus aktif sepanjang hari! Mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks serta dilengkapi dengan Zinc, Enervon Active siap bantu kamu untuk tetap fokus dengan pekerjaan saat mesti WFH dalam kondisi berpuasa!

Sila konsumsi Enervon Active saat sahur, ya!

 

Feature Image – glints.com